Mengenal Menu Buka Puasa di Berbagai Negara

Ramadan sebagai bulan yang penuh berkah bagi seluruh umat Muslim, dan juga merupakan saat-saat di mana orang yang menjalankan ibadah puasa dapat menikmati menu buka puasa yang khas, yang mudah dijumpai saat bulan Ramadan.

Menjelang bedug maghrib, biasanya sudah banyak sajian menu buka puasa yang telah disiapkan untuk disantap bersama keluarga. Mulai dari yang menyegarkan sampai yang mengenyangkan.

Di Indonesia, makanan dan minuman khas ramadan banyak jenisnya seperti kolak, es campur, gorengan, cendol, cincau, dan masih banyak lagi, bahkan di setiap daerah memiliki makanan khas takjil atau buka puasa.

bubur-kampiun-Minangkabau
Bubur Kampiun, Minangkabau, Sumbar (tribunnews.com)

Bubur Kampiun, makanan khas Minangkabau ini juga selalu hadir di menu buka puasa selama Ramadhan. Bubur kampiun atau biasa juga disebut bubur campur ini memang mempunyai isian yang lengkap. Bubur bercita rasa manis ini terdiri dari bubur sumsum, kolak ubi, pisang, candil, bubur delima dan ketan hitam. Rasa manisnya yang khas membuat bubur kampiun disukai banyak orang bukan hanya orang Minangkabau saja.

jongkong
Jojongkong (Jongkong), Lampung (vitdaily.com)

Jojongkong, makanan khas Lampung ini juga selalu hadir selama bulan Ramadhan. Menu takjil jojongkong ini sebenarnya mirip dengan bubur sumsum. Jojongkong ini punya rasa manis dan gurih campuran antara rasa santan plus gula merah. Bubur jojongkong ini juga kuliner warisan Tionghoa yang jadi menu favorit selama bulan puasa.

kicak-Jogja
Kicak, makanan khas Jogjakarta

Kicak, menu berbuka puasa yang khas dari kota Yogyakarta adalah kicak. Makanan khas ini populer selama bulan Ramadhan dan biasa dijajakan di daerah Kauman. Kicak terbuat dari beras ketan yang dibentuk mirip gemblong. Rasa manis dan wanginya memang bisa menggugah selera setelah berpuasa satu hari penuh.

Lalu bagaimana dengan makanan-makanan khas berbuka puasa di negara lain?

Berikut ini adalah menu buka puasa dari berbagai negara di dunia.

1. Bolani – Afghanistan

Bolani-menu-buka-puasa-dari-afghanistan
Bolani – khas Afganistan

Menu buka puasa khas Afghanistan ini namanya bolani, yaitu semacam flatbread digoreng atau dipanggang yang diisi dengan sayuran. Bagian pinggir bolani sangat renyah dan biasa disajikan dengan yogurt mint.

2. Borek – Turki

Borek-menu-buka-puasa-dari-turkey
Borek – khas Turki

Borek merupakan salah satu makanan khas Turki yang paling terkenal, makanan ini terbuat dari sejenis kue kering yang biasa dikenal dengan nama “yufka”. Namun banyak orang Turki yang menggunakan “phyllo” untuk membuat borek.

Makanan ini di dalamnya bisa berisi keju, daging sapi, tomat, sosis dan bayam. Cocok sebagai makanan berbuka puasa atau bisa juga kamu jadikan sebagai menu sahur sehat yang lezat.

3. Malfouf – Palestina

Malfouf-menu-buka-puasa-dari-palestine
Malfouf, khas Palestina

Malfof adalah makanan yang terbuat dari kol gulung yang diisi dengan daging cincang dan nasi. Salah satu hidangan tradisional Palestina, Makanan ini memiliki aroma lemon dan bawang putih. Untuk penyajiannya bisa dengan yoghurt dan roti Arab.

4. Daun Anggur Gulung – Mesir

Daun-Anggur-gulung-menu-buka-puasa-dari-mesir
Daun Anggur Gulung, khas Mesir

Menu ini disebut dengan Dolma, merupakan makanan tradisional Mesir dari zaman Kerajaan Ottoman. Dolma adalah daun anggur dan kol gulung yang diisi dengan sayuran seperti paprika, zucchini, tomat dan terong.

Dolma bisa disajikan dingin maupun panas dengan perasan air lemon, pas untuk menu berbuka puasa bersama keluarga.

5. Lamb Mansaf – Yordania

Lamp-manfas-menu-buka-puasa-dari-jordania
Lamp Mansaf, khas Jordania

Lamb Mansaf merupakan menu tradisonal berbuka puasa dari negara Yordania. Makanan ini terbuat dari daging ayam atau domba yang disajikan di piring besar bersama dengan nasi dan flatbread yang dikenal dengan nama “khubz”.

Tradisi untuk menyantap lamb mansaf yaitu dengan menggunakan tangan kanan, sementara tangan kiri diletakkan di belakang pinggang atau punggung.

6. Shakshouka – Algeria

shakshouka-menu-buka-puasa-dari-algeria
Shakshouka khas Algeria

Shakshouka merupakan salah satu menu yang paling populer di Afrika. Sebenarnya, Shakshouka adalah sup yang terbuat dari tomat, bawang bombay, lada, telur dan campuran bumbu dapur lainnya.

Hidangan berbuka puasa ini awalnya berasal dari zaman Kerajaan Ottoman, yang dikenal sebagai makanan sehat pada saat itu dan disajikan bersama dengan flatbread.

7. Kanji – Sri Lanka

kanji-menu-buka-puasa-dari-srilanka
Kanji, makanan khas Sri Lanka

Kanji merupakan salah satu makanan terlezat yang ada di Sri Lanka. Selain sudah menjadi makanan pokok bagi masyarakat di sini, Kanji bisa disajikan dengan berbagai campuran. Mulai dari daging kanji, nasi kanji, dan ayam kanji.

Makanan khas ramadhan ini khusus dibuat selama bulan puasa sebagai menu makanan sehat untuk berbuka puasa masyarakat Sri Lanka.

Dengan mengenal menu makanan berbuka puasa dari berbagai negara, setidaknya menambah wawasan kita untuk aneka kuliner disekitar kita, karena kami yakin bahwa menu itu juga bisa juga dijumpai diluar bulan ramadan, hanya mungkin kuantitas atau jumlahnya yang berbeda.

Sumber : decodeko.co.id/blog/menu-buka-puasa/
Ilustrasi (lain): Google
Editor: EswedeWea

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s