Oktober Bulan Imunisasi Kaki Gajah (Filariasis Limfatik)

Bulan Oktober merupakan Bulan Imunisasi Kaki Gajah, beberapa daerah sudah terjangkit Kaki Gajah,  Kabupaten Musi Banyuasin giat melaksanakan pembagian pil pencagahan kaki gajah melalui sekolah-sekolah dan Puskesmas-Puskesmas. 

Mencegah akan lebih baik,  kunjungi Puskesmas terdekat untuk mendapatkan Pil Pencegahan Kaki Gajah.

Kaki gajah disebabkan oleh masuknnya cacing filaria yang berukuran sangat kecil seperti benang. Tiga spesies Filaria yang dapat menginfeksi adalah Wucheraria brancofti, Brugia Malayi, dan Burgia timori.

Setelah masuk ke dalam tubuh melalui gigitan nyamuk, mikrofilaria menjadi larva dalam waktu 1-2 minggu. Larva akan menuju saluran getah bening dan berkembang biak. Untuk menjadi penyakit yang serius, pembesaran kaki atau bagian tubuh lain butuh waktu bertahun-tahun.

Terkadang tak ada gejala yang dirasakan oleh pasien. Namun, ciri umumnya adalah demam yang berulang sekitar 3-5 hari. Demam itu dapat sembuh hanya dengan istirahat tanpa minum obat dan bisa muncul kembali.

Lipatan paha akan membengkak atau kemerahan dan terasa panas. Rasa sakit juga akan muncul pada ketiak. Selain itu, kemerahan dan rasa panas juga dapat terjadi di daerah tungkai, lengan, payudara, dan buah zakar.

Obat pencegahan kaki gajah terdiri dari kombinasi tablet Diethylcarbamazine (DEC)100 mg dan tablet Albendazole 400 mg.

Dosisnya dibedakan berdasarkan umur. Pada anak usia 2-5 tahun, dosisnya berupa satu tablet DEC dan satu tablet Albendazole. 6-14 tahun mendapat dua tablet DEC dan satu Albendazole. Lebih dari 14 tahun, resepnya tiga tablet DEC dan satu tablet Albendazole.

Selain mematikan atau memandulkan cacing filaria dewasa, (obat) juga dapat mematikan cacing perut lainnya seperti cacing gelang, cacing tambang, cacing cambuk, dan cacing kremi.

Diolah dari berbagai sumber.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s