Beberapa Hal Serderhana (Penting) Mulai Bersin Hingga Berdoa

Pertanyaan berikut “tahukah Anda” baru saja KissParry membaca kiriman dari Medsos (WhatsApp) kiriman salah satu anggota tentunya. Sekilas membaca pertanyaan itu langsung tertarik untuk mempublikasikannya. Oleh sebab itu pemilik artikel asli kami sampaikan terima kasih.

Penjelasan ringan dari suatu persoalan atau pengertian yang mudah Anda mengerti dengan diawali pertanyaan tahukah Anda. Bila ingin tahu lebih dalam tentang isi dan makna dipersilakan mengadakan kajian sendiri, mengingat satu pokok permasalahan bisa diuraikan secara panjang lebar.

Untuk itu sebaiknya di akhir artikel kiriman ini, kita kaji sekilas saja, agar hal yang sederhana itu kita juga lebih jelas dan memahaminya, sehingga mana yang sebaiknya dengan sikap kita. Bila ada sedikit kontroversi atau perbedaan sebaiknya kita mengambil hal yang positif sebagai jalan tengahnya.

Berikut pertanyaan dan jawaban dari ‘tahukan Anda?’

Tahukah Anda?

Bersin

Di saat kita bersin, seluruh anggota tubuh kita terhenti berfungsi, seolah-olah kita mati, Ini terjadi dalam hitungan yang sangat pantas. Setelah itu baru berfungsi seperti semula. Inilah kenapa dalam Islam disunnahkan kita membaca “Alhamdulillah” setelah bersin sebagai ungkapan kesyukuran atas berfungsinya kembali seluruh anggota badan kita.

Tahukah Anda?

Menguap (Jawa: Angop)

Menguap itu bukan tanda bahwa kita mengantuk, tapi itu adalah pertanda bahwa tubuh kita perlu tambahan oksigen.

Tahukah Anda?

Makan Kurma Ganjil

Bahwa memakan buah kurma dalam jumlah yang genap itu akan menghasilkan gula dalam darah.
Kerana itu Rasulullah SAW telah menganjurkan kita untuk makan kurma dalam jumlah ganjil, agar hanya berubah menjadi karbohidrat.

Tahukah Anda?

Antara Azan dan Iqamah

Bahwa tepat setelah dikumandangkan azan, itu adalah waktu yang paling mustajab untuk berdoa.

Tahukah Anda?

Saat Rukuk dan Sujud Ketika Shalat

Di mana dosa-dosa kita diletakkan ketika kita sedang bershalat?
Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sesungguhnya seorang hamba ketika menunaikan shalat, dia akan membawa bersama semua dosa-dosanya. Kemudian dosa-dosa itu diletakkan di atas kepala dan kedua pundaknya. Maka ketika ia ruku’ atau sujud, berjatuhanlah dosa-dosa tersebut.

Wahai orang-orang yang biasa tergesa-gesa dalam shalatnya supaya bertenang dan tahanlah agar lebih lama sedikit ketika sedang ruku’ dan sujud agar lebih banyak dosa-dosa kita yang berguguran..

Tahukah Anda?

Surat Al-Mulk

Diceritakan ada seorang wanita salehah yang meninggal dunia.
Maka tiap kali penduduk desa menziarah kuburnya, mereka tercium harumnya mawar dari dalam kubur tersebut. Kemudian suaminya menjelaskan bahwa isterinya ketika masih hidup selalu membaca surah Al-Mulk terutama setiap kali sebelum tidur. Sesungguhnya surat Al-Mulk itu menyelamatkan kita semua dari siksa kubur.

Tahukah Anda?

Ayat Kursi

Ketika kita membaca ayat Kursi setelah kita selesai solat,
maka tiada halangan antara kita dengan syurga kecuali kematian…

Tahukah Anda?

Malaikat Mendoakan Anda

Bahwa para malaikat mendoakan kita selepas selesai shalat,
Maka janganlah kita terburu-buru untuk beranjak dari tempat duduk..

Boleh di share biar lebih bermanfaat buat orang banyak.


Kajian Materi dan Penjelasannya

Berikut ini pembahasan atau kajian dari redaksi terkait dengan artikel di atas, merupakan upaya kami untuk melengkapi atau sebagai penjelas.

Bersin

Bersin diawali dengan sensasi menggelitik di ujung saraf yang mengirim pesan ke otak untuk membersihkan lapisan hidung. Sebelum bersin orang akan menarik napas dalam-dalam dan mengencangkan otot-otot dada, seperti dikutip dari health.detik.com, (11/3/2018).

Selanjutnya, tekanan dalam paru-paru akan meningkat lalu menutup mata dan terjadilah bersin. Adanya perubahan tekanan ini membuat irama detak jantung menjadi berubah sehingga beberapa orang menganggap jantungnya berhenti saat bersin.

Saat bersih beberapa bagian tubuh akan terlibat seperti otot di wajah, tenggorokan, dada dan perut. Hal ini memungkinkan bagi laki-laki yang masih muda untuk bersin lebih kuat daripada orang yang tua atau perempuan karena memiliki kerangka tubuh yang lebih kecil.

Tapi kabar mengenai jantung berhenti saat orang bersin adalah tidak benar, tekanan dalam dada saat orang bersin hanya mengubah tekanan pada denyut jantung tapi tidak membuatnya berhenti, seperti dikutip dari Menshealth.about, Senin (12/9/2011).

Berikut ini beberapa fakta menarik lainnya mengenai bersin, seperti dikutip dari health.detik.com, yaitu:

  1. Bersin adalah refleks otomatis yang tidak bisa dihentikan ketika sudah mulai bersin
  2. Orang tidak akan bisa bersin saat sedang tidur karena saraf yang terlibat dalam kegiatan refleks juga beristirahat
  3. Sekitar 18-35 persen orang mengalami bersin saat terkena cahaya terang secara tiba-tiba
  4. Saat bersin, lendir atau benda-benda asing yang ada di mulut dan hidung akan keluar dengan kecepatan 100 mil per jam dan mengeluarkan 100.000 kuman ke udara
  5. Donna Griffiths dari Worcestershire, Inggris memegang serangan bersin terpanjang yaitu selama 978 hari antara Januari 1981 sampai September 1983. Awalnya ia bersin setiap menit lalu ia mengalami bersin setiap 5 menit.

Ketika bersin agar membaca tahmid ‘Alhamdulillah…’ ikuti saja karena itu ajaran/anjuran dari Nabi Muhammad SAW. Dengar – ikuti.


 

Menguap

Menguap adalah kegiatan yang tidak Anda sadari, karena terjadi begitu saja atau disebut juga gerakan involuntary. Memangnya Anda pernah menguap karena memang berniat untuk menguap? Kegiatan ini langsung diatur dan dikontrol oleh otak tanpa kita sadari. Menurut penelitian, menguap merupakan kegiatan untuk ‘mendinginkan’ otak. Otak seperti mesin-mesin yang selalu beroperasi setiap saat dan ada kalanya otak kita merasa panas karena dipakai terus menerus. Ketika terjadi kondisi tersebut maka secara otomatis otak akan mendinginkan dirinya sendiri dengan cara merangsang Anda untuk menguap, seperti dikutip dari hellosehat.com (11/3/2018).

Sebenarnya, ketika Anda menguap, maka secara alami Anda akan meregangkan rahang serta meningkatkan aliran darah ke leher, wajah, dan kepala. Kemudian, saat menguap juga secara tidak sadar Anda akan menarik napas dalam-dalam dan membuat cairan tulang belakang serta darah mengalir dari otak ke tubuh bagian bawah. Hal ini membuat mulut terbuka lebar dan angin dari luar pun masuk untuk mendinginkan otak. Oleh karena itu, menurut sebuah penelitian ketika di udara dingin tubuh akan lebih sering menguap dibandingkan saat berada di tempat yang bersuhu panas.

Menguap yang berlebihan yaitu jika menguap lebih dari sekali dalam satu menit dan biasanya disebabkan oleh kelelahan dan ngantuk yang sangat amat. Walaupun begitu ternyata sering menguap juga menunjukkan adanya gangguan pada kesehatan Anda.


Berbahagialah ketika Anda bisa menguap dan bersin, itu pertanda bahwa Anda sehat. Namun menguap yang berlebihan, hati-hati apabila adanya gangguan kesehatan Anda.


 

Makan Kurma Jumlah Ganjil, Dianjurkan

“Bahwa memakan buah kurma dalam jumlah yang genap itu akan menghasilkan gula dalam darah. Kerana itu Rasulullah SAW telah menganjurkan kita untuk makan kurma dalam jumlah ganjil, agar hanya berubah menjadi karbohidrat.” 

Tidak wajib makan kurma jumlahnya ganjil, bahkan sunnah saja tidak untuk seorang insan berbuka dengan bilangan (kurma) ganjil, tiga, lima, tujuh, sembilan, seperti dikutip dari forumsalafy.net (11/3/2018) artikel tanya jawab.

Kecuali pada hari Iedul Fithri, telah pasti bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dahulu tidak berangkat ke shalat Iedul Fithri sampai makan beberapa butir kurma, dan memakannya dalam jumlah ganjil. Adapun selain dari itu, maka sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah menyengaja untuk memakan kurmanya dengan jumlah ganjil.

Tapi kurma yang didatangkan ke Indonesia dalam kemasan-kemasan di bulan Ramadhan sudah berupa ‘manisan kurma’, bukan lagi kurma segar. Manisan kurma ini justru ditambah kandungan gula yang berlipat-lipat kadarnya agar awet dalam perjalanan ekspornya. Sangat jarang kita menemukan kurma impor yang masih asli dan belum berupa manisan. Kalaupun ada, sangat mungkin harganya menjadi sangat mahal. Dikutip dari tempe.wordpress.com.

Walaupun kita mendapatkan kurma “mentah” (yang belum dibuat manisan), tetap saja apa yang menjadi kisah Nabi Muhammad hanyalah memakan tiga/lima butir kurma saja sebagai pembuka. Seorang teman yang pernah ke Timur Tengah bilang memakan kurma “mentah” kalau banyak juga bikin perut melilit. Yang tersirat disini tentunya jangan makan terlalu banyak buah kurma.

Kemudian apa itu gula dan apa pula karbohidrat. Gula merupakan salah satu jenis karbohidrat, ya karbohidrat juga merupakan salah satu bentuk sumber bahan makanan dan sumber energi yang diperlukan tubuh kita, selain itu ada juga protein, dan juga lemak. Gula atau kita sebut saja karbohidrat ada yang berupa karbohidrat kompleks dan ada karbohidrat sederhana. Yang kompleks tentunya rumit, sulit dicerna dan dimanfaatkan. Namun kebutuhan jangka panjang kan selalu saja ada. Karbohidrat sederhana tentunya lebih mudah diserap oleh tubuh.


Oleh sebab itu, silakan memaknai ini untuk kebaikan Anda ketika makan buah kurma.
Entah fakta atau tidak, bahwa kurma yang ada di Indonesia sudah bentuk pickles (kering) atau manisan.


 

Mustajab Berdoa Antara Azan dan Iqamah

ditunggu dan mari kita kaji bersama-sama.

Rukuk dan Sujud dalam Shalat Penggugur Dosa

ditunggu kajiannya.

Faedah Membaca Alquran Surat Al-Mulk

segera ditambahkan

Faedah Membaca Ayat Kursi (Alquran)

segera ditambahkan keterangannya.

Malaikat Mendoakan Manusia selepas Shalat

Aamiin. mari kita bersiap diri — ikuti kajian selanjutnya.

— masih akan kami lengkapi —

Kiriman Sugiyati WA@Ngemplak
Editor: Wea Kissparry
Ilustrasi: Koleksi Kissparry (Istimewa)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s