Silaturahmi Kissparry (Semarang) ke Bobotsari Purbalingga

Perjalanan Kissparry ke Purbalingga dengan tujuan utama Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari, kali ini mengendarai sepeda motor (bermotor) dan tanpa perencanaan sebelumnya, mengingat ada berita lalayu dari ibu mertua Kissparry Jambi (19/2/2018).

Perencanaan Rute yang Cepat

Perjalanan yang akan ditempuh dengan cukup memakan waktu yaitu sekitar 5 – 6 jam. Memilih bermotor, karena ini diperkirakan langkah yang paling cepat, terlebih terbiasa dengan touringnya (baca tour Jawa Timur), siapa kalau bukan bersama Kissparry Jr Alif.

Kledung Rest Area (istirahat bermotor menuju Bobotsari Purbalingga)

Rute dari Kota Semarang yang akan dilalui yaitu Ungaran – Bandungan (Kabupaten Semarang) – Temanggung – Wonosobo – Banjarnegara – Purbalingga, tentu dengan perencanaan pos pemberhentian yang tidak mengikat, karena hanya sendirian atau satu motor saja.

Sampai di Purbalingga akan singgah di Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang (sebelum masuk Kota Purbalingga), tempat tinggal saudara juga untuk transit dan melepas lelah sejenak.

Start dari Semarang Menuju Temanggung

Berangkat dari Semarang (Wea Prima Semarang) pukul 09.45 WIB (19/02) dengan rute Banyumanik – Ungaran – Lemah Abang ke Kanan arah Bandungan – terus Sumowono arah ke Kiri menuju Temanggung / Wonosobo (kalau lurus ke Kendal).

Rute ke Purbalingga 2018-02-19 at 14.33.05
Rute ke Purbalingga sampai di Tugu Bancar

Sejenak menengok rute yang ditampilkan oleh Google Maps dan Google View Street, yah… aplikasi ini sangat membantu. Yang jelas Kissparry pernah mengajak Kissparry Jr Alif bermotor ke Purbalingga sehingga rute-rute setidaknya sudah ada gambaran dalam benaknya.

Rute Bandungan – Temanggung dipilihnya karena memang sepanjang jalan akan tersaji pemandangan alam yang elok, bahkan di siang hari juga berkabut di perjalanan Sumowono – Temanggung.

temanggung-20180219-kabut.jpeg
Selepas Sumowono di Temanggung Siang Tetap Berkabut

Mengapa sampai ke Tugu Bancar (Kaligondang), kok tidak sekalian ke Bobotsari? Hal tersebut mengingat tempat singgahnya (transit) di sekitar tempat ini, yakni di Kalikajar.

Rest Area Kledung 20180219
Rest Area Kledung Temanggung

Selepas melepas lelah sebentar di Rest Area Kledung Temanggung, perjalanan langsung berlanjut, di Kledung sekedar untuk mengambil gambar secukupnya sambil istirahat.

Temanggung – Wonosobo – Banjarnegara – Purbalingga

Perjalanan dari Temanggung (Kledung) ke Purbalingga tidak direncakan untuk berhenti, mengingat jarak yang masih harus ditempuh dan waktu yang terus melaju, kecuali pom bensin untuk ke toilet, mengingat bahan bakar (pertamax) sudah diisi penuh.

Tiba-tiba pemandangan yang bagus antara dua gunung Sindoro dan Sumbing membuat, tergoda untuk berhenti sejenak untuk mengambil gambarnya.

View Sindoro Sumbing Wonosobo 20180219
Latar belakang Gunung yang tertutup kabut

Selama perjalanan, benar-benar dapat menikmati suasana pemandangan, disamping tetap harus segera sampai ke Purbalingga, agar tidak terlalu malam sampai di tujuan akhir (Sitrondol, Limbasari, Bobotsari, Purbalingga).

Selepas Wonosobo, di Banjarnegara praktis tidak berhenti, perjalanan terus dipacu menuju Purbalingga. Sebelum sampai di Tugu Bancar, Kissparry sudah ditunggu dan dijemput di depan SMP 5 Purbalingga untuk menuju Kalikajar

Transit di Kalikajar (Kaligondang)

Akhirnya sekitar pukul 14.50 WIB sudah sampai di Kalikajar, tempat tinggal kang Karno. Di sini digunakan untuk beristirahat sekitar 60 menit, ya sekedar melepas lelah yang panjang.

Kalikajar 2018-02-19 at 15.04.16
Sampai di Kalikajar Purbalingga (20180219 150416)

Kaligondang – Bobotsari (dan Kembali)

Perjalanan dari Kalikajar (Kaligondang) ke Limbasari (Bobotsari) dapat ditempuh sekitar 40 menit.

Limbasari Bobotsari 2018-02-19 at 16.30.25
Limbasari Bobotsari (sayang gelap – kamera tanpa lampu)

Sebelum azan Maghrib rombongan dari Kalikajar sudah sampai di Limbasari. Namun dalam sesi ini tidak banyak mengambil foto, mengingat masih dalam situasi berduka, foto pun sekenanya, lupa tidak menggunakan lampu kamera.

Setelah beberapa saat (kurang lebih 3,5 jam) di Limbasari, sekitar pukul 20.30 WIB, minta pamit untuk meninggalkan Limbasari kembali ke Kalikajar. Kissparry menginap di Kalikajar, mengapa di Kalikajar tempat menginapnya? Sebagai pertimbangan adalah karena perjalanan jauh sehingga butuh istirahat yang lebih cukup, dan karena sekira pukul 06 pagi keesokan harinya harus sudah kembali ke Semarang.

Pagi Hari di Kalikajar

Selepas bangun tidur (20/02) melakukan aktivitas ibadah pagi, menyempatkan sekedar jalan-jalan sekitar kampung.

Kalikajar 2018-02-20 at 05.34.25
Lapangan Kalikajar menyambut matahari terbit

 

Kembali ke Semarang

Perjalanan kembali ke Semarang mengambil rute yang sama seperti saat berangkat, dengan beberapa kali berhenti untuk mengambil gambar / foto.

Rute Purbalingga – Banjarnegara – Wonosobo – Temanggung – Sumowono – Bandungan – Ungaran – Semarang. Pejalanan lebih sedikit lama karena direncakan berhenti dibeberapa tempat, yaitu Banjarnegara, Wonosobo dan Sumowono/Bandungan.

Dua Gunung Sindoro Sumbing 2018-02-20 at 08.13.45
Antara dua Gunung Sindoro dan Sumbing Wonosobo (20180220 0845)

Pukul 09.45 sudah sampai di Bandungan Ambarawa, disinilah tempat beristirahat melepas lelah sambil menikmati pemandangan di Bandungan yang terkenal dengan daerah wisata alamnya.

Tidak lupa mengunjungi Taman Bunga Celosia di Bandungan yang letaknya berdekatan dengan Candi Gedong Songo.

Taman Bandungan IMG_20180220_095958_HDR
Taman Bunga Celosia di Bandungan Ambarawa Kabupaten Semarang
Taman Bandungan IMG_20180220_100913_HDR
Taman Bunga Celosia Paris, di Jalan Gedong Songo, Bandungan Ambarawa Kab. Semarang

Di Taman Bunga Celosia Bandungan menggambarkan aneka bunga dari belahan dunia, oleh sebab itu silakan berkunjung ke tempat ini bila Anda sedang berada di Bandungan. Waktu di taman tidak terlalu lama (untuk , dan segera melanjutkan perjalanan ke Semarang.

Akhirnya tiba di rumah kembali (Semarang) dengan selamat, sekitar pukul 12.30 WIB.

Kissparry (WN)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s