Oleh-oleh Khas Semarang: Lumpia, Wingko Babat, dan Bandeng Presto

Makanan khas untuk oleh-oleh dari berbagai daerah akan Kissparry sajikan untuk sekedar tambahan informasi buat kita semua. Kali ini tentang oleh-oleh khas Semarang Jawa Tengah yang terkenal dengan julukan Kota Lumpia.

Lumpia adalah semacam risoles, tetapi di dalamnya berisi rebung cacah atau rebung rajang. Wah berarti jelas kalau begitu, pasti makanan yang satu ini pasti ada dimana-mana selama berada di Semarang. Bukan hanya di Semarang saja, bahkan ada di luar Kota Semarang dan sampai mancanegara.

loompyavegielumpiaphilamfood_NJ_USA
Lumpia di Luar Negeri (Istimewa)

Dari pantauan Kissparry di internet, lumpia bisa di temukan di Sidoarjo (Jawa Timur), namanya Lumpia Semarang. Untuk yang di mancanegara atau luar negeri, Kissparry menemukan ada di New Jersey USA, disini dalam bentuk frozen (beku). Mungkin masih banyak lagi di tempat lain, kota-kota besar di Indonesia.

Apa saja oleh-oleh khas dari Kota Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah ini.

1. Wingko Babat

Bila ke Semarang, jangan lupa untuk membeli makanan yang satu ini, yaitu wingko babat.

Wingko babat terbuat dari bahan utama yaitu dari beras ketan putih yang di haluskan atau tepung beras ketan putih, kelapa parut juga santan kelapa, di tambah lagi ada gula, garam, margarin, telor ayam dan air. Untuk rasa ada vanila dan lainnya seperti cokelat, durian.

wingko1_food_detik
Wingko Babat (foto food.detik.com)

Kissparry di sini tidak akan mengulas tentang cara membuat wingko babat, dan jika bahan yang tercantum kurang tepat karena kami memang tidak memproduksi dan bahkan belum pernah mencoba membuat wingko babat, untuk itu bagi yang berminat untuk membuat silakan mencari informasi terkait dengan pembuatannya.

Harga pasaran dan kemasan tentang wingko babat juga bervariasi tergantung dari produsen dan bahan-bahan.

wingko_babat_youtube
WIngko babat lembaran (foto YouTube.com)

Untuk wingko babat ukuran kecil satu kantong kertas ada yang berisi 20 biji, ada yang 15 biji. Sedangkan untuk wingko babat ukuran sedang akan berisi antara 10 biji dan 15 biji.

wingko
Wingko besar (doc. kekenyangan-blogspot)

Wingko babat 1 biji besar bulat kemudian di potong segi tiga juga ada, kami pernah membeli tapi tidak mengambil gambarnya (merek Dyriana).

2. Lumpia

Lumpia termasuk khas oleh-oleh dari Semarang, makanan dari bahan utama rebung dan tepung terigu ini, tersedia dalam dua macam yaitu yang sudah di goreng dan yang masih mentah tapi sudah barang jadi.

resep-Lumpia-semarang-resepKoki
Lumpia Spesial, sudah masak – di goreng (foto resepKoki.com)

Bentuknya bulat gulungan, adonan tepung di gulung didalamnya berisikan rebung yang sudah diberi dengan bumbu lainnya.

Anda bisa bayangkan seperti risoles, tetapi dalamnya rebung rajang. Untuk yang spesial di tambah dengan telur atau ayam juga bisa keduanya.

Harga pasaran juga bervariasi seperti halnya dengan wingko babat, sesuai dengan besar kecil dari lumpia, macam-macam isi selain rebung. Rebung adalah cikal bakal bambu, atau boleh dikatakan anakan bambu.

3. Bandeng Presto

Meski bandeng presto ada tulisan Juwana, tapi bisa dikatakan sebagai oleh-oleh khas Semarang, seperti halnya dengan bika Ambon yang oleh-oleh khas Medan.

bandeng-presto-bonafide-khas-semarang
Bandeng Presto – Khas Semarang

Kissparry (Semarang) paling suka bandeng kalau di presto, dibuat durinya lunak, karena kalau makan bandeng presto tidak kuatir kalau lidahnya tertusuk duri.

Proses bandeng presto sendiri boleh adalah sangat unik, Kissparry pernah menengok ke proses pembuatan presto, yakni bandeng yang sudah diberi bumbu secukupnya dimasukkan ke tungku besar kemudian di masak dengan kompor gas hingga berjam-jam. Mungkin ini salah satunya, dan barangkali ada cara yang lain lagi.

Jenis bandeng juga memengaruhi harga, biasanya di jual per biji atau perkilo gram.

Kissparry pernah membeli bandeng presto tetapi isi dalamannya juga bandeng di presto dan lembut, namanya apa ya…. lupa…., nyari info dulu..

Jadi bandeng presto juga sudah diolah menjadi berbagai macam varian bandeng olahan.

4. Kue Mocci

Kue mocci termasuk juga sebagai oleh-oleh khas Semarang. Kue ini masih berbahan baku tepung ketan putih dan kacang tanah yang ditaruh di dalam gulungan bulat kuenya. Namun akhir-akhir ini banyak sekali varian rasanya, tentu rasa tersebut mengikuti permintaan konsumen atau pembeli.

LMFxcst5IKoD_lpD-mochi-mochi-1500790179_1
Kue Mocci Aneka Rasa (foto GoToMalls.com)

Oleh-oleh yang satu ini, memang rasanya juga khas, kenyal bertabur gula halus.

Masalah harga juga bervariasi, rasa original dengan rasa yang lain kadang sama kadang beda harga. Besar kecil kue mocci juga memengaruhi harga.

Sementara ada 4 macam dulu ya…. berita dari Kota Lumpia. Oo ya…. ada satu lagi

5. Roti Ganjal Rel

Namanya aneh roti ganjal rel, meskipun yang satu ini tidak begitu tenar bila di banding dengan yang lainnya yang sudah tersebut di atas, di Semarang ada roti ganjal rel.

roti-ganjel-rel
Roti Ganjal Rel (foto mytrip123.com)

Gambaran roti seperti gambar di atas, roti bertabur wijen.

Semoga menambah wawasan kita tentang oleh-oleh khas daerah di Indonesia.

Kissparry (Semarang)

Catatan: 

  • Kissparry tidak bermaksud membedakan antar merek oleh-oleh khas Semarang tersebut, dan ini semata-mata hanya gambar contoh saja.
  • Pusat oleh-oleh khas Semarang dapat Anda dapatkan salah satunya di Jalan Pandanaran (Tugu Muda ke Timur atau Simpang Lima ke Barat)

Masih akan dilengkapi dan untuk Gambar orisinilnya di tunggu ya… by Kissparry Semarang.


Baca Juga :

Iklan

3 tanggapan untuk “Oleh-oleh Khas Semarang: Lumpia, Wingko Babat, dan Bandeng Presto”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s