Nama Obyek Wisata di Kabupaten Semarang, Rute dan Kulinernya

Kawasan-kawasan wisata Bandungan, Ambarawa, Rawa Pening, dan Kopeng juga kawasan wisata di Ungaran termasuk Bawen ada Eling Bening mewarnai obyek wisata di Kabupaten Semarang yang informasinya bisa Anda ketahui di sini. Kissparry sangat merekomendasi untuk liburan Anda di Semarang atau di Kabupaten Semarang dimulai nama terdepan.

Kabupaten Semarang merupakan salah satu wilayah yang berdekatan dengan Kota Semarang, yaitu terletak di sebelah selatan Kota Semarang. Ungaran adalah ibukota dari Kabupaten Semarang. Letak Kota Ungaran tidak berada di tengah wilayah tetapi di bagian Utara dari kabupaten tersebut.

Batas-batas Kabupaten Semarang, sebelah utara Kota Semarang, sebelah timur Kabupaten Boyolali, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Temanggung, dan sebelah barat ada Kabupaten Kendal.

Transportasi, Akomodasi, dan Kuliner

Untuk transportasi udara melalui Kota Semarang yaitu Bandar Udara Internasional Ahmad Yani (SRG), sedangkan transportasi laut melalui Pelabuhan Tanjung Mas. (Sekarang menyebutnya New Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang).

Perjalanan dari Bandara maupun Pelabuhan dapat melalui Tol Mangkang – Ungaran.

Transportasi darat, yang perlu Anda perhatikan yaitu untuk yang dari Kota Semarang, Kendal, Jakarta, bila perjalanan Anda tidak melalui jalan tol maka yang perlu digunakan patokan adalah Tugu Batas wilayah yang berada setelah Watu Gong.

Dari arah Selatan (Solo, Boyolali) setelah Ampel nanti ada Tugu Batas wilayah (Sruwen), tetapi Anda akan masuk atau melewati Kota Salatiga, sedangkan yang arah selatan dari Jogja, Magelang, Temanggung wilayah yang perlu Anda perhatikan adalah Jambu.

Perjalanan yang melewati Sumowono juga bisa, termasuk yang melewati Gunungpati, untuk yang dari arah barat.

Perjalanan dari timur yaitu Karanggede, Sragen setelah melewati perempatan pasar Karanggede ada jembatan, selepas jembatan sudah masuk Kabupaten Semarang, dan daerah yang perlu Anda ingat adalah Suruh, apabila sampai Tingkir maka Tingkir itu termasuk wilayah Salatiga. Anda-pun melewati Kota Salatiga juga.

Akomodasi atau Hotel (Penginapan), untuk wilayah barat (Bandungan) banyak sekali Hotel dan boleh dikatakan gudangnya hotel, sedangkan wilayah utara ada Hotel Ungaran Cantik (Jl Diponegoro), Balemong Resort (Jalan arah Gunungpati setelah Terminal Ungaran).

Hotel atau penginapan di wilayah tengah, ada yang menyatu dengan obyek wisata. Untuk menginap kami sarankan hotel-hotel di Bandungan saja.

Kuliner untuk obyek wisata di Kabupaten Semarang langsung kami sajikan di kelompok obyek.

Obyek Wisata, Rute, dan Kuliner Kabupaten Semarang

Kissparry mencoba membagi obyek wisata di Kabupaten Semarang wilayah tengahnya yaitu Bawen dan sekitarnya, kemudian baru disusul wilayah utara, wilayah barat, wilayah selatan, dan wilayah timur.

Untuk wilayah timur dari Bawen adalah hutan atau perkebunan teh, sehingga harus ke selatan dahulu baru ke timur.

Nama Obyek Wisata di Wilayah Tengah Kabupaten Semarang

Cimory on the Valley (Gratis)

Anda pasti pernah mendengar iklan susu Cimory di televisi, ya itu produk dari Cimory grup. Di sini sebenarnya adalah restoran atau tempat makan atau wisata kuliner, bedanya di sini Anda akan disuguhi pemandangan alam, dan kita bisa melihat langsung sapi perah (peternakan dan pertanian) yang ada di Cimory.

Cimory juga terkenal dengan olahan susu sapinya, berbagai jenis olahan. Lokasinya dari Ungaran ke arah selatan lebih kurang 10 KM, setelah Bergas.

Tidak ada pembelian tiket masuk, karena mulanya di tempat ini murni kuliner, tetapi untuk masuk ke area peternakan dan pertanian dikenai biaya masuk, itupun untuk memberi pakan sapi misalnya. Tarif ke peternakan dan pertanian adalah Rp 10.000,-.

Kebun Cimory Bawen
Kebun Cimory Pringapus Bawen

Untuk Cimory Dairy Tour, selain keliling peternakan dan perkebunan, dapat juga melihat aktivitas produksi di dalam pabrik, peserta minimal 20 orang, dengan tarif Rp 65.000/pack, mendapatkan makan siang, welcome drink serta goody bag.

Kissparry pernah berkunjung 2 kali ke tempat ini, keduanya tidak saat weekend, kami bisa ke peternakan dan perkebunan tanpa dipungut biaya (Gratis), entah saat itu memang digratiskan atau bagaimana kurang tahu karena kami tidak menanyakan kepada pengelola, yang jelas kunjungan keduanya gratis keluar masuk peternakan dan perkebunan.

Pemandian Air Panas Derekan dan Pemandian Air Panas Diwak

Pemandian ini terletak di Desa Derekan dan Desa Diwak, Kecamatan Pringapus. Antara Diwak dan Derekan bersebelahan, untuk jalur masuk dari jalan raya sama, tetapi pisah diperkampungan.

Dua jalur bisa dipilih yaitu setelah Polsek Bergas atau setelah pabrik Jamu Sido Muncul, perjalanan dari arah Semarang Anda melewati SPBU Lemah Abang dan Pasar Karangjati terlebih dahulu.

Setelah melewati Jl Raya Ngempon kemudian ke kanan melalui Jl Desa Ngempon, di Desa Ngempon juga ada Candi Ngempon, setelah Candi Ngempon kemudian sampai di pemandian air panas Derekan.

Agrowisata (Tanaman Jamu) Sido Muncul (Gratis)

Masuk ke lokasi ini pengunjung tidak di pungut biaya alias GRATIS. Agrowisata Sido Muncul disamping kita bisa melihat-lihat koleksi tanaman langka dan tanaman obat yang jumlahnya empat ratusan macam, di sini juga terdapat beberapa hewan langka dan dilindungi dan hewan biasa (seperti kuda dan lain-lain) semuanya ada 27 jenis satwa.

Sido-Muncul-Agrowisata-papan
Agrowisata Sidomuncul (papan nama di dalam komplek pabrik Sidomuncul), Pringapus Bawen

Kawasan ini masih disekitar Bergas atau Bawen, yaitu di Desa Diwak Kecamatan Pringapus, sehingga kalau Anda pergi ke Pemandian Air Panas Diwak, tidak ada salahnya mampir ke Agrowisata Sidomuncul (tapi untuk ketempat ini bila tidak ke Air Panas Diwak jangan lewat samping Polsek, terus saja ke arah Solo 2 gang besar lagi).

Tidak ada jalan tembus ke atau dari pemandian air panas Diwak, karena luasnya area Sido Muncul di Pringapus ini, sehingga Anda harus rela untuk berputar.

SidoMuncul_agro
Sido Muncul Agrowisata Pringapus Bawen

Pengunjung untuk rombongan sebaiknya memberitahu kepada manajemen Agrowisata (silakan mengunjungi web Sidomuncul), karena ada sovenir yang biasanya diberikan kepada pengunjung, tetapi untuk perorangan dan keluarga dengan jumlah kecil bisa langsung.

Sido-Muncul-Agrowisata-Ikan-buas
Agrowisata Sido Muncul (flora – fauna)

Di tempat inii juga bisa sebagai ajang wisata edukasi, silakan berbondong-bondong ke tempat ini beserta keluarga Anda, GRATIS.

SidoMuncul_satwa_singa
Sido Muncul Agrowisata – Satwa

Eling Bening

Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang memesona, terutama panorama Rawa Pening bisa dilihat dari sini. Eling Bening dilengkapi dengan kuliner dan wahana permainan untuk anak-anak, juga kolam renang, bahkan penginapan juga ada.

pesona-keindahan-eling-bening-ambarawa
Pesona Eling Bening dari Ketinggian (foto explorewisata.com)

Saat Kissparry berkunjung ke tempat ini yang terakhir, suasana masih dalam proses penyempurnaan pembangunan pembuatan kolam renang.

kolam-renang-eling-bening
Kolam Renang Eling Bening, saat Kissparry berjunjung belum difungsikan (foto: ngadem.com)

Di Eling Bening termasuk unik, begitu kita membeli tiket masuk, didalam harganya sudah termasuk sebotol air mineral yang dapat ditukarkan dengan karcis tersebut di restoran. Letak dari Eling Bening berada di Jalan Sarjono Bawen, dari Terminal Bawen lebih kurang berjarak 1,5 KM

Untuk menuju ke tempat ini, saat berada di pertigaan terminal Bawen perjalanan diarahkan ke arah pasar Ambarawa (saat dipertigaan lagi jangan ke kiri tetapi lurus arah pasar) dan kira kira 1 KM dari terminal silakan ke kiri dan terus ikuti jalan tersebut hingga ketemu papan nama di sebelah kiri Eling Bening (lebih kurang 400 meter).

Saat kami berkunjung harga tiket perorang Rp 15.000,- (dapat 1 botol 600ml air mineral) untuk wisatawan domestik, sedang untuk wisatawan asing mungkin berbeda.

Bila Anda melakukan perjalanan panjang, misal Surabaya – Jakarta melalui Jalan Tol, Anda bisa keluar dari Pintu Tol Bawen Kabupaten Semarang. Dari Solo selepas Salatiga dan kalau dari Semarang selepas Ungaran.

Rawa Pening (Sisi Barat – Utara)

Rawa Pening merupakan sebuah danau atau rawa yang terletak masih di sekitar Bawen, jalan menuju arah ini tampak dari Eling Bening.

Untuk menuju kawasan ini, sewaktu Anda lurus di pertigaan traffic light pertama setelah Terminal Bawen silakan menuju ke kiri atau lewat Jalan Lingkar Timur Ambarawa (Jl Jend M Sarbini).

Di Danau Rawa Pening setidaknya ada 3 (tiga) tempat wisata yang dapat kita kunjungi, yakni Kampung Rawa (wisata apung), Kampung Pelangi Bejalen atau Wisata Bejalen Indah, dan Bukit Cinta.

Kampung Rawa

Menuju ke Kampung Rawa silakan mengikuti jalur tersebut dan ditengah-tengah persawahan ada gapura masuk ke lokasi wisata. Anda akan membayar sejumlah uang untuk tiket masuk dan parkir, sedangkan untuk masuk ke kawasan wisata khusus Anda masih harus membayar lagi.

Ditempat ini juga tersedia pemancingan, juga kuliner untuk menemani Anda selama berada di tempat ini. Meskipun baru sekali, setidaknya Kissparry pernah berkunjung ke tempat ini. Asyik… waktu Anda bisa seharian disini, setidaknya 2 jam.

Kampung Pelangi Bejalen (Wisata Bejalen Indah)

Menuju ke Wisata Bejalen Indah dari Kampung Rawa lebih kurang 1,5 KM ke arah Ambarawa.

Bukit Cinta

Menuju ke obyek wisata Bukit Cinta, silakan perjalanan Anda terus ke arah Ambarawa, begitu Anda sampai diperempatan jalan besar (Jl Pemuda atau Banyu Biru Raya), silakan mengarah ke Banyu Biru kalau dari Bawen berarti belok ke kiri.

Lokasi Bukit Cinta kalau dari Bawen berjarak lebih kurang 11 KM, tetapi kalau dari Kampung Rawa lebih kurang 8 KM.

Nama Obyek Wisata di Wilayah Utara Kabupaten Semarang (Kota Ungaran dan sekitarnya)

Wisata Alam Wana Wisata Penggaron

Tempat santai untuk menikmati pemandangan alam berupa wana atau hutan. Saat-saat tertentu ramai dengan orang-orang yang camping di sini.

Dari Semarang, lokasinya dekat dengan Taman Unyil, yakni setelahnya lebih kurang 600 meter, belok ke kiri (sebelum Polres Semarang), dan terus maju mengikuti jalan tersebut hingga ketemu Wana Wisata Penggaron. Jarak dari jalan raya lebih kurang 1 KM.

Pengunjung dikenai tiket masuk (retribusi). Kissparry sudah beberapa kali berkunjung ke tempat ini, terutama melewati kawasan ini, karena di balik wana wisata ini ada perkampungan dimana saudara Kissparry ada di sana.

Taman Unyil (Gratis)

Taman Unyil atau Taman Ungaran Serasi berlokasi di dekat perbatasan dengan Kota Semarang (setelah Pudak Payung), tempat ini merupakan tempat terbuka dan untuk umum, Pemda tidak menarik retribusi tiket masuk lokasi. Juru parkir kadang ada kadang juga tidak ada.

Alun-alun Bung Karno

Berkunjungnya lebih menarik kalau malam hari.

The Fountain Water Park

Letaknya ada di Lerep, perjalanan Anda dari Alun-alun Ungaran Lama silakan mengarah ke Gunungpati, setelah melewati jempatan Anda akan menjumpai komplek perumahan Mapagan, silakan ke kiri di jalan perumahan tersebut (Jl Yudistira Raya)

Wana Wisata Curug Semirang

Wana wisata Semirang dan Curug Semirang terletak di sekitar Ungaran saja, juga merupakan bagian dari kaki Gunung Ungaran. Untuk menuju ke tempat ini, sebagai tempat patokan adalah Hotel Ungaran Cantik.

Apabila dari Semarang maka jalan menuju ke Semirang setelah hotel itu atau seberang jalan samping kanan Kantor Pelayanan Pajak Ungaran. Dari jalan raya ini menuju Semirang lebih kurang 3 KM.

Curug Lawe dan Curug Benowo

Curuk Lawe dan Curug Benowo terletak di Kecamatan Gunungpati Kelurahan Kalisidi, yang lokasinya hampir mendekati perbatasan dengan Kabupaten Semarang. Apabila dari Ngrembel Asri masih berjarak lebih kurang 8 KM ke arah Kota Ungaran, meskipun ditempuh dari sampig jalan kantor kecamatan lama juga bisa.

Untuk kaum tua (kakek – nenek tua) tidak direkomendasikan ke tempat ini. Namun kalau tertarik untuk mencobanya boleh, karena untuk masuk ke kawasan curug harus melewati jalan setapak jalur pengairan (talut pengairan) sedang sebelah kirinya rata-rata jurang terjal, memang cukup menantang.

Sebagian jalan menuju Curug Lawe dan Curug Benowo (sampai di buat jembatan), dibawahnya jurang yang terjal. (Istimewa)

Curug (grojogan) ini terletak kaki gunung Ungaran. Yang paling menantang dan bikin deg-degan adalah jalan menuju dan kembali dari kedua curug yang berdekatan ini.

Perjalanan dari tempat parkir lansung menyusuri tanggul dari irigasi penduduk, sedangkan sisi kiri adalah jurang terjal yang rimbun dengan pepohonan khas hutan, di bawah sana adalah sungai alur dari kedua curug.

Sebenarnya aliran irigasi yang dilalui juga bersumber dari aliran sungai curug yang dibendung, dan dialirkan untuk pengairan sawah penduduk disekitar Kalisidi. Air sungai sangat jernih, khas air pegunungan.

Saat Kissparry berkunjung ke curug ini karena waktu itu gerimis dan takut hujan deras, perjalanan yang baru sampai bendungan irigasi akhirnya terus kembali tidak melanjutkan perjalanan, tetapi Kissparry Jr juga pernah ke curug tersebut.

Curug Lawe Kalisidi Gununngpati Semarang

Gubug Makan Mang Engking Ungaran

Gubug makan Mang Engking berada di Jl Diponegoro 249 Ungaran, kalau dari Semarang lokasi di sebelah kanan jalan setelah Rumah Sakit Ungaran (jalan pelan-pelan)

Bukan hanya untuk kuliner, tempat ini juga enak untuk santai bersama keluarga. Gubug-gubuk berada di atas kolam ikan, pemandangan juga bagus, areal persawahan dengan latar belakang Gunung Ungaran.

Gubug Makan Mang Engking Ungaran1
Area droping pengunjung Gubug Makan Mang Engking Ungaran

Kissparry pernah berkunjung ke tempat ini setidaknya sudah tiga kali, pokoknya pemandagan bagus dan di sini juga disediakan mushala.

Di tempat ini juga nyaman untuk mengadakan meeting perusahaan/kantor.

Sate Pak Kempleng

Ada sate pak Kempleng 1, pak Kempleng 2 merupakan salah satu kuliner pilihan,  lokasinya ada di Jl Diponegoro juga setelah Mang Engking kalau dari Semarang.

Godong Salam (Seafood) Ungaran

Resto ini berada di Jl Diponegoro 108 (Jalan Raya Semarang – Solo) Ungaran, masih satu wilayah dengan Mang Engking. Mesksipun tertulis Seafood tetapi juga menyediakan non-seafood, tetatpi memang spesial seafood.

Penyuka seafood silakan berkunjung di tempat ini, meski baru sekali Kissparry pernah mencicipi hidangan di resto ini.

Kebon Raja Resto

Restoran ini masih berada di jalan raya Semarang – Solo tetapi sudah ikut Jl Soekarno Hatta KM 25 Bergas, dekat dengan Cimory. Resto berada di kanan jalan apabila kita dari Semarang. Kissparry pernah berkunjung ke tempat ini.

Kuliner Alun-alun Ungaran Lama

Urusan makan yang harganya mungkin juga lebih pas dengan kantong adalah pusat kuliner di alun-alun lama Ungaran. Wah kalau ini langganan Kissparry daripada tempat yang lain.

Masih banyak lagi Kuliner ada di seputar Ungaran

Yang kami sebutkan di atas seputar yang pernah Kissparry kunjungi. Selama di Semarang atau Kabupaten Semarang banyak sekali kuliner pilihan Anda, tinggal menyesuaikan kantong saja, meski harga relatif terjangkau. Contoh: Kalau teh manis hangat/panas di warung angkringan Rp 1000 – 2000 di kuliner ternama harga sekitar Rp 5000 – 7500 per gelasnya, (fasilitasnya berbeda.. wajar) dan makanan lain menyesuaikan.. sesekali ya tidak apa-apa.

Nama Obyek Wisata di Wilayah Barat Kabupaten Semarang

Kawasan Bandungan

Siapa yang tidak mengenal Bandungan? Mungkin ada ya…., Bandungan merupakan kawasan perbukitan yang asri dan nyaman untuk di kunjungi baik rombongan kantor maupun keluarga. Kissparry berapa kali pernah ke Bandungan, wah… sudah lupa saking seringnya.

Jarak dari Ungaran ke Pasar Bandungan lebih kurang 15 KM, dan jarak dari Jalan Raya Semarang – Solo (Jl Jend Sudirman, Lemah Abang) adalah 10 KM. Kawasan ini terletak di kaki Gunung Ungaran.

Di kawasan ini banyak hotel yang juga sering untuk kegiatan meeting ataupun perhelatan yang lain. Karena udara dingin hotel di sini banyak yang tidak memasak pendingin udara, kalaupun ada jarang dinyalakan, sebab udara disekitar sudah dingin.

New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort

Obyek Wisata yang menyatu dengan Pasar Bandungan adalah New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort *1.

New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort (foto newbandunganindah)

Wahana apa saja yang ada di sini, anta lain: Waterpark, taman bermain, Kuda wisata, Kid castle, Jembatan goyang, Mini train, Otoped, ATV, Kapal arus, Taman refleksi, Terapi ikan, dan pemancingan.

Untuk tiket masuk ke wahana wisata oleh manajemen diatur dikenai perwahana tidak dikenakan saat masuk di pintu gerbang, sehingga di tempat ini bisa memilih yang mana. Berikut daftar harga tiket di wahana tersebut (harga ini sewaktu-waktu dapat berubah, harga yang benar adalah harga yang tercantum di lokasi wisata).

Wahana Harga Tiket Masuk Keterangan
Waterpark Rp 20.000,-
Taman Bermain Rp 10.000,-
Kuda Wisata Rp 25.000,-
Kid Castle Rp 10.000,-
ATV (motor roda 4) Rp 10.000,-
Jembatan Goyang Rp 5.000,-
Mini Train (Kereta api mini) Rp 5.000,-
Otoped Rp 5.000,-
Kapal Arus Rp 5.000,-
Taman Refleksi Rp 5.000,-
Terapi Ikan Rp 5.000,-

Taman Bunga Celosia Bandungan

Meskipun Taman Bunga Celosia dan Candi Gedong Songo masih terletak di Kecamatan Bandungan, namun lokasinya sudah agak berjauhan dengan Pasar Bandungan.

Taman Bunga Celosia di Bandungan

Perjalanan Anda silakan di arahkan ke Sumowono atau Gedong Songo. Lokasi Celosia berdekatan dengan Candi Gedong Songo yaitu jalan masuk ke arah candi.

Tarif tiket masuk Rp 10.000,- (benar saat tulisan ini dimuat, dan harga bisa berubah setiap waktu).

Selagi Anda di Bandungan sebaiknya mengunjungi obyek wisata ini, sekedar bersantai di taman bunga yang berudara sejuk.

Taman Bunga Celosia Bandungan

Wahana Wisata Alam dan Kolam Umbul Sidomukti

Kolam renang di ketinggian, kolam ini berasal dari umbul Sidomukti. Di tempat ini juga ada ATR, outbond (jembatan layang diketinggian dan lain-lain). Paket Outbond siap menemani Anda selama di sini dipandu oleh trainer profesional.

Ingin memanjakan mata melihat keindahan alam, silakan mengunjungi wahana ini. Di sini juga menyediakan kuliner.

Untuk menuju Sidomukti, di depan pasar sayur silakan belok ke kiri (bila dari arah Ungaran – Semarang).

Candi Gedong Songo

Selepas dari Taman Bunga Celosia Bandungan perjalanan wisata Anda dapat dilanjutkan ke Candi Gedong Songo, bagian dari situs candi di Indonesia.

Curug (Air Terjun) Tujuh Bidadari Sumowono

Menuju air terjun 7 Bidadari hanya bisa dilalui kendaraan besar, tetapi shutle bus bisa masuk ke area curug. Perjalanan Anda dari Pasar Sumowono silakan mengarah ke barat atau ke Kendal, kemudian apabila Anda ketemu dengan Brak Militer (TNI) Bantir (1,5 KM) sebelah kirinya ada jalan ke kiri. Total jarak dari Pasar Sumowono ke Curug 7 Bidadari lebih kurang 6,5 KM.

Lokasi curug 7 Bidadari berada di Desa Keseneng Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Jarak dari jalan raya atau Brak Militer Bantir.

Air terjun sama dengan curug sama juga dengan grojogan, sehingga apabila ada yang menyebut curug atau air terjun atau grojogan itu sama maknanya yaitu air yang mengalir dari ketinggian, ada yang tinggi sekali ada yang tidak terlalu tinggi.

Ketinggian air terjun di Curug 7 Bidadari tidak terlalu tinggi, tetapi memang suasana alamnya sangat menarik dengan persawahan dan perbukitan.

Curug 7 Bidadari Sumowono

Gambar di atas merupakan suasana saat Kissparry berkunjung ke tempat ini, menurut informasi sekarang sudah dibenarhi lebih menarik lagi.

Untuk masuk ke tempat ini dikenai tiket masuk dan tiket parkir yang dikelola oleh Pemdes setempat.

Di dekat Air Terjun Curug 7 Bidadari setidaknya masih ada beberapa curug (air terjun) diantaranya Air Terjun Curug Panglebur Gongso di Desa Wisata Gondang, Air Terjun Curug Citro Arum, Air Terjun Curug Tundo Tigo, Air Terjun Curug Corong, Air Terjun Curug Kleting Kuning. Namun sebagian air terjun itu masuk wilayah Kendal.

Wisata Alam Bantir Hills Sumowono

Selagi Anda di sini, silakan mengunjungi wisata alam Bantir Hills, tentunya sekembali dari Air Terjun Curug 7 Bidadari di Brak Militer Bantir silakan ke kiri kalau ke kanan berarti kembali ke Sumowono (Ungaran).

Nama Obyek Wisata di Wilayah Selatan Kabupaten Semarang

Museum Kereta Api Ambarawa

Obyek wisata yang satu ini sudah ada sejak lama sekali, sehingga sudah dipastikan banyak yang mengenalnya, terutama orang-orang generasi umur 50-an.

Museum Kereta Api Ambarawa Semarang
Museum Kereta Api Ambarawa Kabupaten Semarang

Alat transportasi masal, kereta api sudah ada sejak zaman penjajahan, bahkan yang terdapat di museum ini banyak diantaranya juga peninggalan zaman dahulu.

Museum Kereta Api Ambarawa

Menariknya dengan di tempat ini, kita bisa menjajal kereta wisata keliling seputar Ambarawa, baik perorangan ataupun rombongan. Namun sayang ketika Kissparry berkunjung ke tempat ini kereta wisatanya sedang dalam perawatan/perbaikan sehingga tidak beroperasi.

Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Fort Willem I atau lebih dikenal dengan nama Benteng Pendem Ambarawa adalah bangunan bersejarah yang berada di Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Tepatnya di Bugisari, Lodoyong, Ambarawa.

pesona-hogwarts-benteng-pendem-ambarawa-jawa-tengah_665_374
Pesona Hogwarts Beteng Pendem Ambarawa (foto viva)

Dari Museum Kereta Api Ambarawa, arahkan perjalanan Anda ke RSUD Ambarawa.

Kawasan Kopeng

Kopeng merupakan kawasan dataran tinggi dan berada di kaki gunung Merbabu, dengan sendirinya begitu memasuki kawasan Desa Wisata ini suguhan pemandangan sudah terasa.

Dari Semarang menuju Kopeng melalui jalan raya Semarang – Solo, sebelum masuk Kota Salatiga silakan menggunakan Jalur Lingkar Barat Salatiga. Tetapi apabila Anda melalui Jalan Tol Semarang – Bawen – Salatiga lebih kurang 68 KM dengan waktu tempuh 1 jam 30 menit. Setelah keluar dari jalan tol ikuti arah Semarang tetapi lewat Jalan Lingkar (Terminal Tingkir ke kiri 300 meter terus ke kanan arah Semarang, ini berada di Jalan Lingkar).

Taman Wisata Kopeng

Kopeng (Taman Wisata)

Kopeng Treetop Adventure Park

outbond-di-kopeng-treetop.jpg
Wahana Kopeng TreeTop Adventure Park

Air Terjun Umbul Songo Kopeng

Umbul Songo Kopeng lokasi masih disekitar kopeng, tepatnya sebelum Taman Rekreasi Kopeng, silakan ke arah Basecamp pendakian Gunung Merbabu, dari pertigaan ini jaraknya sekitar 500 meter Anda sudah di pintu gerbang.

Air Terjum Umbul Songo Kopeng

Gunung Telomoyo

Salah satunya gunung yang bisa di daki dengan kendaraan bermotor, seperti yang pernah Kissparry lakukan adalah Gunung Telomoyo. Gunung yang berada masih berdekatan dengan Desa Wisata Kopeng ini sebagian adalah wilayah Kabupaten Semarang dan sebagian lagi masuk wilayah Kabupaten Magelang.

Tinggi Gunggu Telomoyo adalah 1894 MDPL, meskipun demikian gunung ini siap di daki dengan kendaraan bermotor, karena oleh Pemda setempat dibuatkan akses jalan kendaraan ke puncak bekerja sama dengan PT PLN dan PT Telkom dan Jasa telekomunikasi lainnya (Repeater).

Area bebatuan asli Gunung Telomoyo
Gunung Telomoyo, dipagi hari sudah berkabut karena gerimis
Puncak Gunung Telomoyo, di daki dengan Bermotor
Puncak Gunung Telomoyo

Nama Obyek Wisata di Wilayah Timur Kabupaten Semarang

Kawasan Tuntang

Tuntang Kissparry masukkan ke dalam wilayah timur dari Kabupaten Semarang, karena lokasinya memanjang ke timur.

Wahana Wisata Tuntang (Tlogo Resort Tuntang)

Disamping kuliner di sini juga ada wahana wisata keluarga, areanya disebelah kanan jalan setelah Anda melewati jembatan Tuntang.

Goa Rong View Tuntang

Taman Kelinci Tuntang

Ayam Kampung Goreng dan Bebek Goreng Bu Toha, Tuntang

Apabila Anda berada di kawasan Rawa Pening atau Tuntang tidak ada salahnya dan sangat direkomendasi untuk berkunjung ke Rumah Makan Bu Toha spesial ayam kampung dan bebek — goreng dengan selera pedasnya.

Untuk mempermudah Anda kesini, setelah jembatan Rawa Pening Tuntang (dari Semarang) ada jalan menanjak sedikit terus menurun setelah SPBU Tuntang, tempat yang selalu ramai dikunjungi oleh pelanggan. Karena ramainya kadang harus antri, akhirnya Bu Toha buka cabang terletak sebelah kanan sebelum SPBU Tuntang.

ayam-goreng-selera-pedas-bu-toha-tuntang
Ayam Goreng dan Bebek Goreng Selera Pedas Bu Toha Tuntang. Modelnya teman-teman Kissparry WN

Pasti Anda bertanya berapa kali Kissparry ke tempat ini…. ya… sudah berkali-kali sampai lupa nggak di hitung. Kadang Kissparry dan teman-teman khusus ke Tuntang hanya jalan-jalan dan kangen saja dengan sambal di rumah makan ini. Suatu waktu ketika ada tol baru Ungaran – Bawen juga mencoba jalan tol baru tersebut tetapi tujuan utamanya ya makan di rumah makan Bu Toha.

bu-toha-ayam-bebek-goreng-selera-pedas
Nikmatnya menikmati sajian ayam goreng, bebek goreng panas dan pedas. Menggoda selera.

Warung Makan Bu Toha sisi barat sebagai tempat penyaman, berada di sebelah kanan jalan bila dari Semarang, lokasinya berdekatan. Maaf, Kissparry meminjam istilahnya Joger, teman (tempat penyaman), mengingat tempat yang sisi timur jalan kadang berjubel. Hanya saja kata temenku, kok rasanya beda ya… (mungkin hanya perasaan saja, kurang mantap barangkali).

Restoran (Rumah Makan) Sepanjang Jalan (Raya) di Tuntang

Sepanjang jalan ini, baik di kanan dan di kiri jalan raya berjajar atau berdiri tempat kuliner untuk memanjakan lidah Anda. Untuk spesial sate kambing muda banyak terdapat di tempat ini. Maaf belum dimasukkan karena belum mencicipi.

Bahkan rumah makan prasmanan juga tersedia di beberapa lokasi.

Bakso dan Mie Ayam Pak Ndut

Bakso dan mie ayam yang terkenal di sini adalah bakso pak Ndut dan mie ayam, yang letaknya dekat dengan Tugu Selamat Datang Kota Salatiga (arah kota).

Soto Sueger Mbok Giyem dan Soto Rumput, Cabang Boyolali

Kedua soto kenamaan itu juga ada di sini, sehingga ketika di tempat ini apabila Anda mempunyai jadwal makan, laju kendaraan Anda jangan kenceng-kenceng, tapi tetap waspada karena jalur utama Semarang – Solo ini sangat ramai.

Soto Rumput dan Soto Sueger ada di sebelah kiri jalan raya bila arah dari Semarang menuju Solo — jangan lewat jalan lingkar, Anda persiapkan lewat Kota Salatiga.

Semoga menambah pengetahuan kita tentang wisata di Kabupaten Semarang.

Kissparry

(artikel dalam penyempurnaan)

Baca Juga 

 

Iklan

6 tanggapan untuk “Nama Obyek Wisata di Kabupaten Semarang, Rute dan Kulinernya”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s