Nama Obyek Wisata di Kabupaten Semarang, Rute dan Kulinernya

Kawasan-kawasan wisata Bandungan, Ambarawa, Rawa Pening, dan Kopeng juga kawasan wisata di Ungaran termasuk Bawen ada Eling Bening mewarnai obyek wisata di Kabupaten Semarang yang informasinya bisa Anda ketahui di sini. Kissparry sangat merekomendasi untuk liburan Anda di Semarang atau di Kabupaten Semarang dimulai nama terdepan.

Kabupaten Semarang merupakan salah satu wilayah yang berdekatan dengan Kota Semarang, yaitu terletak di sebelah selatan Kota Semarang. Ungaran adalah ibukota dari Kabupaten Semarang. Letak Kota Ungaran tidak berada di tengah wilayah tetapi di bagian Utara dari kabupaten tersebut.

Batas-batas Kabupaten Semarang, sebelah utara Kota Semarang, sebelah timur Kabupaten Boyolali, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Temanggung, dan sebelah barat ada Kabupaten Kendal.

Transportasi, Akomodasi, dan Kuliner

Untuk transportasi udara melalui Kota Semarang yaitu Bandar Udara Internasional Ahmad Yani (SRG), sedangkan transportasi laut melalui Pelabuhan Tanjung Mas. (Sekarang menyebutnya New Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang).

Perjalanan dari Bandara maupun Pelabuhan dapat melalui Tol Mangkang – Ungaran.

Transportasi darat, yang perlu Anda perhatikan yaitu untuk yang dari Kota Semarang, Kendal, Jakarta, bila perjalanan Anda tidak melalui jalan tol maka yang perlu digunakan patokan adalah Tugu Batas wilayah yang berada setelah Watu Gong.

Dari arah Selatan (Solo, Boyolali) setelah Ampel nanti ada Tugu Batas wilayah (Sruwen), tetapi Anda akan masuk atau melewati Kota Salatiga, sedangkan yang arah selatan dari Jogja, Magelang, Temanggung wilayah yang perlu Anda perhatikan adalah Jambu.

Perjalanan yang melewati Sumowono juga bisa, termasuk yang melewati Gunungpati, untuk yang dari arah barat.

Perjalanan dari timur yaitu Karanggede, Sragen setelah melewati perempatan pasar Karanggede ada jembatan, selepas jembatan sudah masuk Kabupaten Semarang, dan daerah yang perlu Anda ingat adalah Suruh, apabila sampai Tingkir maka Tingkir itu termasuk wilayah Salatiga. Anda-pun melewati Kota Salatiga juga.

Akomodasi atau Hotel (Penginapan), untuk wilayah barat (Bandungan) banyak sekali Hotel dan boleh dikatakan gudangnya hotel, sedangkan wilayah utara ada Hotel Ungaran Cantik (Jl Diponegoro), Balemong Resort (Jalan arah Gunungpati setelah Terminal Ungaran).

Hotel atau penginapan di wilayah tengah, ada yang menyatu dengan obyek wisata. Untuk menginap kami sarankan hotel-hotel di Bandungan saja.

Kuliner untuk obyek wisata di Kabupaten Semarang langsung kami sajikan di kelompok obyek.

Obyek Wisata, Rute, dan Kuliner Kabupaten Semarang

Kissparry mencoba membagi obyek wisata di Kabupaten Semarang wilayah tengahnya yaitu Bawen dan sekitarnya, kemudian baru disusul wilayah utara, wilayah barat, wilayah selatan, dan wilayah timur.

Untuk wilayah timur dari Bawen adalah hutan atau perkebunan teh, sehingga harus ke selatan dahulu baru ke timur.

Nama Obyek Wisata di Wilayah Tengah Kabupaten Semarang

Cimory on the Valley (Gratis)

Anda pasti pernah mendengar iklan susu Cimory di televisi, ya itu produk dari Cimory grup. Di sini sebenarnya adalah restoran atau tempat makan atau wisata kuliner, bedanya di sini Anda akan disuguhi pemandangan alam, dan kita bisa melihat langsung sapi perah (peternakan dan pertanian) yang ada di Cimory.

Obyek wisata ini bisa untuk keluarga dan rombongan jumlah besar.

Cimory juga terkenal dengan olahan susu sapinya, berbagai jenis olahan. Lokasinya dari Ungaran ke arah selatan lebih kurang 10 KM, setelah Bergas.

Tidak ada pembelian tiket masuk, karena mulanya di tempat ini murni kuliner, tetapi untuk masuk ke area peternakan dan pertanian dikenai biaya masuk, itupun untuk memberi pakan sapi misalnya. Tarif ke peternakan dan pertanian adalah Rp 10.000,-.

Kebun Cimory Bawen
Kebun Cimory Pringapus Bawen

Untuk Cimory Dairy Tour, selain keliling peternakan dan perkebunan, dapat juga melihat aktivitas produksi di dalam pabrik, peserta minimal 20 orang, dengan tarif Rp 65.000/pack, mendapatkan makan siang, welcome drink serta goody bag.

Kissparry pernah berkunjung 2 kali ke tempat ini, keduanya tidak saat weekend, kami bisa ke peternakan dan perkebunan tanpa dipungut biaya (Gratis), entah saat itu memang digratiskan atau bagaimana kurang tahu karena kami tidak menanyakan kepada pengelola, yang jelas kunjungan keduanya gratis keluar masuk peternakan dan perkebunan.

Pemandian Air Panas Derekan dan Pemandian Air Panas Diwak

Pemandian ini terletak di Desa Derekan dan Desa Diwak, Kecamatan Pringapus. Antara Diwak dan Derekan bersebelahan, untuk jalur masuk dari jalan raya sama, tetapi pisah diperkampungan.

Obyek wisata ini bisa untuk keluarga dan rombongan jumlah kecil.

Dua jalur bisa dipilih yaitu setelah Polsek Bergas atau setelah pabrik Jamu Sido Muncul, perjalanan dari arah Semarang Anda melewati SPBU Lemah Abang dan Pasar Karangjati terlebih dahulu.

Setelah melewati Jl Raya Ngempon kemudian ke kanan melalui Jl Desa Ngempon, di Desa Ngempon juga ada Candi Ngempon, setelah Candi Ngempon kemudian sampai di pemandian air panas Derekan.

Agrowisata (Tanaman Jamu) Sido Muncul (Gratis)

Masuk ke lokasi ini pengunjung tidak di pungut biaya alias GRATIS. Agrowisata Sido Muncul disamping kita bisa melihat-lihat koleksi tanaman langka dan tanaman obat yang jumlahnya empat ratusan macam, di sini juga terdapat beberapa hewan langka dan dilindungi dan hewan biasa (seperti kuda dan lain-lain) semuanya ada 27 jenis satwa.

Obyek wisata ini bisa untuk keluarga dan rombongan jumlah besar.

Sido-Muncul-Agrowisata-papan
Agrowisata Sidomuncul (papan nama di dalam komplek pabrik Sidomuncul), Pringapus Bawen

Kawasan ini masih disekitar Bergas atau Bawen, yaitu di Desa Diwak Kecamatan Pringapus, sehingga kalau Anda pergi ke Pemandian Air Panas Diwak, tidak ada salahnya mampir ke Agrowisata Sidomuncul (tapi untuk ketempat ini bila tidak ke Air Panas Diwak jangan lewat samping Polsek, terus saja ke arah Solo 2 gang besar lagi).

Tidak ada jalan tembus ke atau dari pemandian air panas Diwak, karena luasnya area Sido Muncul di Pringapus ini, sehingga Anda harus rela untuk berputar.

SidoMuncul_agro
Sido Muncul Agrowisata Pringapus Bawen

Pengunjung untuk rombongan sebaiknya memberitahu kepada manajemen Agrowisata (silakan mengunjungi web Sidomuncul), karena ada sovenir yang biasanya diberikan kepada pengunjung, tetapi untuk perorangan dan keluarga dengan jumlah kecil bisa langsung.

Sido-Muncul-Agrowisata-Ikan-buas
Agrowisata Sido Muncul (flora – fauna)

Di tempat inii juga bisa sebagai ajang wisata edukasi, silakan berbondong-bondong ke tempat ini beserta keluarga Anda, GRATIS.

SidoMuncul_satwa_singa
Sido Muncul Agrowisata – Satwa

Eling Bening, Bawen

Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang memesona, terutama panorama Rawa Pening bisa dilihat dari sini. Eling Bening dilengkapi dengan kuliner dan wahana permainan untuk anak-anak, juga kolam renang, bahkan penginapan juga ada.

Obyek wisata ini bisa untuk keluarga dan rombongan jumlah besar.

pesona-keindahan-eling-bening-ambarawa
Pesona Eling Bening dari Ketinggian (foto explorewisata.com)

Saat Kissparry berkunjung ke tempat ini yang terakhir, suasana masih dalam proses penyempurnaan pembangunan pembuatan kolam renang.

kolam-renang-eling-bening
Kolam Renang Eling Bening, saat Kissparry berjunjung belum difungsikan (foto: ngadem.com)

Di Eling Bening termasuk unik, begitu kita membeli tiket masuk, didalam harganya sudah termasuk sebotol air mineral yang dapat ditukarkan dengan karcis tersebut di restoran. Letak dari Eling Bening berada di Jalan Sarjono Bawen, dari Terminal Bawen lebih kurang berjarak 1,5 KM

Untuk menuju ke tempat ini, saat berada di pertigaan terminal Bawen perjalanan diarahkan ke arah pasar Ambarawa (saat dipertigaan lagi jangan ke kiri tetapi lurus arah pasar) dan kira kira 1 KM dari terminal silakan ke kiri dan terus ikuti jalan tersebut hingga ketemu papan nama di sebelah kiri Eling Bening (lebih kurang 400 meter).

Saat kami berkunjung harga tiket perorang Rp 15.000,- (dapat 1 botol 600ml air mineral) untuk wisatawan domestik, sedang untuk wisatawan asing mungkin berbeda.

Eling Bening Bawen Kabupaten Semarang

Bila Anda melakukan perjalanan panjang, misal Surabaya – Jakarta melalui Jalan Tol, Anda bisa keluar dari Pintu Tol Bawen Kabupaten Semarang. Dari Solo selepas Salatiga dan kalau dari Semarang selepas Ungaran. Selepas keluar tol di Bawen arahkan perjalanan ke Jogja (ke terminal Bawen), perjalanan Anda sekitar 15 menit lagi. Sesampainya di arah jalan lingkar silakan terus jangan belok kiri, dari sini sudah dekat.

Dusun Semilir Eco Park, Bawen

Obyek wisata baru yang menawarkan seni tingkat tinggi, Dusun Semilir, saat Anda berada di jalan raya setelah Bawen (jika dari Yogya atau Solo) dari kejauhan tampak bangunan seperti bambu berbentuk seperti stupa Candi Borobudur, itulah Dusun Semilir.

Jika Anda dari Semarang ke arah Yogyakarta atau Solo, jalan reguler (non-tol), lokasinya sebelum Bawen berada di sebelah kanan Anda.

Obyek wisata ini bisa untuk keluarga dan rombongan jumlah besar.

Waktu yang terbaik berkunjung disini pagi atau sore, jika siang hari silakan membawa payung atau topi, juga siapkan kacamata.

HTM-nya cukup murah hanya Rp 5.000.- perorang dengan fasilitas parkir, area kuliner, dan fasilitas lainnya, dengan area yang cukup luas sekitar 14 Ha sehingga pengambilan gambar bisa memakan waktu yang cukup.

Obyek wisata baru mulai akhir 2018 di Bawen.

Rawa Pening (Sisi Barat – Utara)

Rawa Pening merupakan sebuah danau atau rawa yang terletak masih di sekitar Bawen, jalan menuju arah ini tampak dari Eling Bening.

Untuk menuju kawasan ini, sewaktu Anda lurus di pertigaan traffic light pertama setelah Terminal Bawen silakan menuju ke kiri atau lewat Jalan Lingkar Timur Ambarawa (Jl Jend M Sarbini).

Obyek wisata ini bisa untuk keluarga dan rombongan jumlah kecil.

Di Danau Rawa Pening setidaknya ada 3 (tiga) tempat wisata yang dapat kita kunjungi, yakni Kampung Rawa (wisata apung), Kampung Pelangi Bejalen atau Wisata Bejalen Indah, dan Bukit Cinta.

Kampung Rawa

Menuju ke Kampung Rawa silakan mengikuti jalur tersebut dan ditengah-tengah persawahan ada gapura masuk ke lokasi wisata. Anda akan membayar sejumlah uang untuk tiket masuk dan parkir, sedangkan untuk masuk ke kawasan wisata khusus Anda masih harus membayar lagi.

Obyek wisata ini bisa untuk keluarga dan rombongan jumlah sedang.

Ditempat ini juga tersedia pemancingan, juga kuliner untuk menemani Anda selama berada di tempat ini. Meskipun baru sekali, setidaknya Kissparry pernah berkunjung ke tempat ini. Asyik… waktu Anda bisa seharian disini, setidaknya 2 jam.

Kampung Pelangi Bejalen (Wisata Bejalen Indah)

Menuju ke Wisata Bejalen Indah dari Kampung Rawa lebih kurang 1,5 KM ke arah Ambarawa.

Bukit Cinta

Menuju ke obyek wisata Bukit Cinta, silakan perjalanan Anda terus ke arah Ambarawa, begitu Anda sampai diperempatan jalan besar (Jl Pemuda atau Banyu Biru Raya), silakan mengarah ke Banyu Biru kalau dari Bawen berarti belok ke kiri.

Obyek wisata ini bisa untuk keluarga dan rombongan jumlah kecil.

Lokasi Bukit Cinta kalau dari Bawen berjarak lebih kurang 11 KM, tetapi kalau dari Kampung Rawa lebih kurang 8 KM.

Wisata Alam Gumuk Reco Sepakung

Obyek wisata alam ini (edit 31/12/2018)menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, seperti ngarai, terletak di Dukuh Kenongo, Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50664.

Obyek wisata ini bisa untuk keluarga dan rombongan jumlah kecil.

Dari Bawen ke arah selatan lebih kurang 17 KM, melalui jalan lingkar Ambarawa sesampai diperempatan arah Banyubiru (Jl. Pemuda) silakan mengikuti jalan ke Banyubiru, obyek wisata Bukit cinta terus hingga ketemu pertigaan pertama di Pasar Kebumen silakan belok ke kanan lebih kurang 2,5 KM.

Ayunan Langit,
Wisata Alam Gumuk Reco, Sepakung, Banyubiru, Kabupaten Semarang (foto Kab Semarang Tourism Center)

Bila perjalanan ditempuh dari Salatiga, silakan melalui Jalan Lingkar, sampai di perempatan Bandongan silakan mengambil arah ke Bandongan (Jalan Raya Muncul – Salatiga). Pasar Bandongan terus hingga Pasar Kebumen (Gilang Muncul), pertigaan ke-3 dari pasar Kebumen, belok kanan.

Obyek wisata ini berada di lereng Gunung Telomoyo, dengan tiket masuk Rp 5.000,-, tiket yang lain Ayunan langit Rp 10.000,-

Saat ke arah obyek ini melalui Jalan Raya Muncul – Salatiga akan melalui beberapa obyek wisata antara lain Taman Kelinci, Wisata Pendidikan Langen Tirta Muncul, Muncul River Tubing, Waterpark Muncul, Obyek Wisata Pemandian Muncul.

halaman selanjutnya wilayah utara (Pages 2)


Pages: 1 2 3 4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.