Lanjut ke konten

Nama Obyek Wisata di Boyolali, Rute dan Kulinernya

Masih dunia wisata dan berhubungan dengan itu, Kissparry mengajak Anda menengok obyek-obyek wisata di Boyolali Jawa Tengah. Wisata alam, ada Tikungan Cinta, New Selo, Waduk Cengklik, Waduk Kedung Ombo dan masih banyak lagi. Untuk tengah kota, ada Alun-alun Lor dan Alun-alun Kidul, juga ada patung kuda Arjuna Wijaya.

Kissparry masih konsisten dengan menyuguhkan per kawasan wisata untuk memudahkan arah perjalanan Anda saat berwisata, seperti kawasan sebelah barat, kawasan pusat kota, kawasan sebelah utara, selatan, dan timur.

Seandainya tidak ada di kawasan yang sesuai dengan arah mata angin tersebut, tentu tidak kami sebutkan. Tetapi kalau misalnya di barat laut, bisa masuk barat.

Sekilas Pandang tentang Kabupaten Boyolali

Kabupaten Boyolali merupakan salah kabupaten di wilayah Jawa Tengah, kawasan ini juga termasuk strategis karena ikut dalam Solo Raya, dengan batas-batas wilayah di sebelah barat adalah Kabupaten Magelang (dibatasi Gunung Merapi dan Gunung Merbabu).

peta-Boyolali-jawa-tengah-Google
Peta Kabupaten Boyolali (Google)

Disebelah utara Kabupaten Boyolali adalah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Grobogan, sedang di sebelah timur ada Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar, sedangkan selatan Kabupaten Boyolali adalah Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sukoharjo.

Bahasa ibu (bahasa sehari-hari) masyarakat Boyolali adalah bahasa Jawa, khas Boyolali atau Solo bagian barat.

Kabupaten Boyolali terbagi atas 19 Kecamatan dengan 260 Desa yang dipimpin oleh Kepala Desa (Kades), dan 4 Kelurahan yang dipimpin oleh Lurah, nama kecamatan itu sebagai berikut.

  1. Kecamatan Selo (10 Desa)
  2. Kecamatan Ampel (20 Desa)
  3. Kecamatan Cepogo (15 Desa)
  4. Kecamatan Musuk (20 Desa)
  5. Kecamatan Boyolali (6 Desa dan 3 Kalurahan)
  6. Kecamatan Mojosongo (13 Desa)
  7. Kecamatan Teras (13 Desa)
  8. Kecamatan Sawit (12 Desa)
  9. Kecamatan Banyudono (15 Desa)
  10. Kecamatan Sambi (16 Desa)
  11. Kecamatan Ngemplak (12 Desa)
  12. Kecamatan Nogosari (13 Desa)
  13. Kecamatan Simo (13 Desa)
  14. Kecamatan Klego (13 Desa)
  15. Kecamatan Andong (13 Desa)
  16. Kecamatan Karanggede (16 Desa)
  17. Kecamatan Kemusu (13 Desa)
  18. Kecamatan Wonosegoro (18 Desa)
  19. Kecamatan Juwangi (9 Desa dan 1 Kalurahan)

Boyolali dilalui jalan tol Trans Jawa, meliputi kecamatan Ampel, Boyolali, Mojosongo, Teras, Banyudono, dan Ngemplak. Kecamatan Ngemplak merupakan wilayah yang paling panjang di lalui jalan Tol, di kecamatan ini pula terdapat Bandar Udara Intenasional Adi Soemarmo Solo.

Transportasi, Akomodasi, dan Kuliner

Transportasi udara melalui Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo (SOC), Boyolali, Solo. Di sini termasuk Embarkasi Haji.

Transportasi darat, wilayah Boyolali dilalui jalan raya Semarang – Solo. Untuk jalan sedang armada shutle bus (bus kecil) ada rute Boyolali – Magelang melalui Selo.

Akomodasi atau penginapan, yang ada Hotel Bintang 1 dan hotel melati yang di pusat kota Boyolali, untuk yang dekat Bandara Adi Soemarno ada hotel Lor In *5, dan masih banyak lagi.

Kuliner yang terkenal di Boyolali diantaranya Sambel Tumpang Lesehan Sunggingan, Soto Segeer Mbok Giyem, dan Soto Rumput Khas Boyolali. Untuk yang lain kami satukan per wilayah termasuk yang sudah kami sebutkan ini.

Nama Obyek Wisata di Boyolali dengan Rute, Akomodasi, dan Kulinernya

Dengan pusat atau wilayah tengah ada di Boyolali Kota untuk membagi perkawasan agak susah juga, karena sebagian besar kawasan ada di utara (timur laut) Boyolali sehingga bisa dikatakan timur bisa juga utara.

Radius 5 – 6 km ke timur bisa sampai sebagian Kecamatan Teras, dengan sendirinya sebagian besar Kecamatan Mojosongo masuk radius tengah. Sehingga untuk wilayah Selatan Boyolali hampir tidak ada (boleh dikatakan paling sedikit), selatan Boyolali langsung Kabupaten Klaten.


Nama Obyek Wisata di Wilayah Tengah (Boyolali Kota)

Wilayah Tengah yang Kissparry maksud adalah wilayah bagian tengah-tengah dimulainya sebuah perjalanan wisata. Akan tetapi tidak selalu rute perjalanan dimulai dari wilayah tengah, oleh sebab itu Anda bisa menyesuaikan perjalanan Anda.

Perhitungan jarak dari obyek ke kota, Kissparry mulai dari Pasar Kota Boyolali atau Tugu Perempatan Pasar Kota Boyolali. Masuk di wilayah tengah jaraknya kisaran radius lebih kurang sampai dengan 5 km. Dengan radius tersebut hampir seluruh wilayah Kecamatan Mojosongo termasuk wilayah tengah dari Boyolali.

Kota Boyolali berada di Kecamatan Boyolali dengan alamat Kantor Kecamatan di Jl. Cendana No.10, Kel. Winong, Kec. Boyolali, untuk kendaraan besar jalan ini searah ke Terminal Boyolali. Kalau dari Semarang bisa lewat depan pasar Sunggingan terus Jl Kemuning.

Kawasan Kota Boyolali

Apabila tiba-tiba rute perjalanan Anda dibelokkan melalui jalan lingkar utara yang dari arah barat (Semarang) dan lingkar selatan yang dari arah Solo, sedang Anda menginginkan ke area kota, ada beberapa jalan yang tembus, misal dari Solo arahkan jalan ke MAN 1 Boyolali (Jalan Kates). Sedang Anda yang dari arah barat coba arahkan ke Sunggingan.

Simpang Lima dan Alun-Alun Lor Boyolali

Setelah dibangunnya patung Arjuna Wijaya yang dahulunya hanya tugu biasa, sekarang wilayah ini disebut simpang limanya Boyolali, di depan patung atau di sebelah timur yang dulu dikenal Alun-alun Boyolali sekarang Alau-alun Lor Boyolali.

Alun-alun Lor ini juga terdapat taman bermain anak-anak, dan untuk kedua area ini bebas (free) bagi masyarakat umum.

Patung Arjuna Wijaya dan Alun-alun Lor terletak sebelum Anda memasuki Pasar Boyolali bila dari arah Semarang, dan jika dari arah Solo maka sesudah pasar.

patung-kuda-boyolali-perpusda-bi
Patung Arjuna Wijaya Simpang Lima Boyolali Kota
alun alun lor boyolali
Alun Alun Lor Boyolali (pic. ayodolan.net)

Dari Patung Arjuna Wijaya atau Alun-alur Lor silakan ke selatan menuju pasar Boyolali, selepas pasar ada Taman Pandan Alas Boyolali.

Bila Anda dari Solo, Kartosuro, Bangak berarti sebaliknya, Alun-alun Lor atau Arjuna Wijaya terletak setelah Pasar Boyolali.

Taman Kota (Pandan Alas) Boyolali

Taman ini berada di sebelah timur traffic light pasar Kota Boyolali, tempat yang ramai dikunjungi oleh terutama anak-anak beserta keluarga. Masuk taman tidak dipungut biaya atau GRATIS (free).

Taman Pandan Alas Kota Boyolali (pic. diajengwitri)

Taman Pandan Alas termasuk kawasan terbuka, yang terletak di depan perempatan pasar Boyolali (setelah pasar sebelah kanan jalan apabila dari Semarang dan jika dari Solo sebelum pasar sebelah kiri jalan)

Alun-Alun Kidul Boyolali (Komplek Pemerintahan)

Alun-alun Kidul Boyolali menjadi daya pikat tersendiri untuk mengunjungi tempat ini, terutama di malam hari, akan menjadi ramai sekali apabila malam Minggu atau Sabtu malam. Warga sekitar berbondong-bondong untuk menghabiskan malamnya ditempat ini bersama keluarganya.

Alun alun Kidul Boyoalai_20170415_102120
Alun Alun Kidul Boyolali (Pusat Pemerintahan Kabupaten)
Patung Sapi Boyolali (Alun-alun Kidul)

Tempat-tempat yang bisa dikunjungi di Alun-alun Kidul adalah Gedung Sapi (gedung berbentuk sapi), Kantor Bupati, Pendopo Kabupaten, dan masih banyak lagi, termasuk spot tuisan Alun-alun Boyolali.

Alun-alun Boyolali di Malam Hari

Lor dan Kidul adalah bahasa Jawa, yang persamaannya Lor = Utara dan Kidul = Selatan.

Air Terjun Jumbleng Biru

Air terjun ini berada di Jl. Kemuning, Banaran Boyolali, memang air terjunnya tidak terlalu tinggi, tetapi airnya jernih. Lokasi di dekat MTsN Boyolali.

Arah dari Semarang masuk jalan di depan pasar Sunggingan, kalau dari Solo jalan ke kiri setelah Simpang Lima atau Arjuna Wijaya.

Kedung Thileng

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—

Lanjutkan membaca, Pages 2, Kawasan Tlatar


Kissparry Lihat Semua

Fortuga Kissparry, forum keluarga Kissparry, dokumentasi, publikasi, dan terus menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: