Bisnis dan Wirausaha

Nama Obyek Wisata di Boyolali, Rute dan Kulinernya

Nama Obyek Wisata di Wilayah Barat Boyolali

Untuk di wilayah barat Boyolali, meskipun dikelompokkan satu wilayah yaitu barat, tetapi karena daerah ini berada di kaki Gunung Merapi juga kaki Gunung Merbabu tentu jalan tidak semulus di kota atau daerah datar.

Hanya kendaraan yang sehat disarankan menjajagi area wisata kawasan barat Boyolali, mengingat kawasan perbukitan atau bahkan pegunungan.

Selo Boyolali Jawa Tengah

Ada jalan tembus dari kawasan Selo dan Cepogo ke kawasan Musuk, pengalaman Kissparry ketika mau ambil jalan tembus malah muter-muter ke pelosok dan akhirnya harus kembali setelah beberapa kali tanya kepada penduduk setempat.

Kawasan barat dari Kota Boyolali identik dengan pegunungan, banyak tempat mengintip pemandangan alam, juga banyak air terjun atau grojogan atau curug. Disamping itu banyak mata air atau umbul atau sumber.

Ikuti jalan tembus yang sesuai arahan jalur atau peta setempat, karena saat itu Kissparry dengan bantuan Google  Maps mendapat jarak terdekat tetapi jalan yang dilalui sangat susah, suasana jalan kampung yang aspalnya kebanyakan sudah pada mengelupas dan tinggal bebatuan yang membuat perjalanan menjadi semakin lama memakan waktu.

Ingat di Boyolali banyak jalan searah… ikuti penunjuk jalan ya….

Kawasan Cepogo dan Selo

Cepogo dan Selo adalah merupakan nama sebuah kecamatan, yakni Kecamatan Cepogo dan Kecamatan Selo, keduanya bagian dari Kabupaten Boyolali.

Jika dari Boyolali kota untuk menuju ke Cepogo atau Selo, arahkan saja perjalanan ke barat menuju RSUD Boyolali atau langsung ke perempatan menuju Cepogo. Di Boyolali banyak jalan searah.

Mengapa di arahkan ke RSUD Boyolali, karena dari sini kemudian bisa memilih ke Musuk berarti sebelum rumah sakit tetapi untuk ke Cepogo atau Selo setelah rumah sakit.

Sebaiknya ke Musuk terlebih dahulu kemudian ke Cepogo dan Selo melalui jalan tembus.

Candi Lawang (Gedangan)

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—

Candi Sari Cepogo

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—

Candi Lawang Cepogo

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—

Argowisata Sapi Perah Cepogo

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—

Tikungan Irung Petruk

Disebut Irung Petruk karena tanjakan dan tikungan ini mirip seperti hitungnya Petruk, tanjakan tikungan tajam, biasanya pengemudi kendaraan berhenti setelah melewati tikungan tajam menanjak ini.

Saat ini sudah dibangun patung Petruk, menambah cantiknya pemandangan ditempat ini. Kissparry sudah beberapa kali melewati tempat ini, sejak belum ada patung penanda sampai dengan ada patung penanda.

tikungan-irung-petruk-cepogo-boyolali
Tikungan Irung Petruk Cepogo Boyolali

Tikungan Irung Petruk berada di wilayah Cepogo Boyolali, dari tempat ini kita bisa melihat Kota Boyolali. Jalanan diarea ini juga sudah di cor beton, menjadi perhatian pengendara terutama di waktu hujan dan ban yang sudah agak halus, jalan pelan-pelan.

New Selo

Sesampai di Selo perhatikan penunjuk arah berikut ini. Untuk kendaraan roda dua bisa langsung, sedangkan kendaraan roda 4 mobil kecil juga bisa menuju New Selo (namun kami sarankan mengikuti arahan warga setempat).

Penunjuk Arah ke New Selo, Selo, Boyolali (Google)

Salah satu destinasi wisata yang layak Anda kunjungi yaitu New Selo, dikatakan Selo karena Kecamatan Selo ini terletak di selo (sela-sela) Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. New Selo berada di kaki Gunung Merapi.

New Selo (Pic. Kissparry Jr)

Oemah Bamboo Merapi

Dukuh Plalangan Desa Lencok Kecamatan Selo Kabupate Boyolali, Oemah Bamboo Merapi berada. Dari namanya sudah dapat dipastikan bahwa tempat ini berada di kaki Gunung Merapi, berarti disebelah kiri jalan apabila kita dari Boyolali.

Di tempat ini adalah kulinernya New Selo, yaitu Resto Oemah Bamboo Merapi. Lokasi 50 m di atasnya New Selo.

Resto Oemah Bamboo Merapi Selo (pic. petatempatwisata)

Alam Sutra

Menuju Wisata Alam Sutra dari New Selo berjarak lebih kurang perjalanan 3 km, kalau di tarik garis lurus lokasi Alam Sutra tidak jauh di sebelah timur dari New Selo (1 km), tapi karena areal pegunungan tidak ada jalan lain harus turun dari New Selo kemudian ada jalan ke kanan ke arah Alam Sutra, atau jalan turun sampai ke jalan raya dahulu kemudian jalan ke arah Merapi di depan Toko makanan Jadah Mbah Karto (Jl Ki Kebokanigor).

Di pertigaan jalan Anda bisa ke Watu blerek ambil jalan ke kanan dan lurus ikuti jalan untuk ke Alam Sutra.

Watu Blerek

Watu Blerek lebih dekat lagi jaraknya dari New Selo, berada di sebelah timurnya lebih kurang 1 km kalau ditarik garis lurus.

Untuk ke tempat ini dari New Selo harus turun dulu seperti jalan ke Alam Sutra.

Gardu Pandang Suroteleng 

Suroteleng merupakan nama desa di Selo, sehingga lokasi gardu pandang Suroteleng ada di Desa Suroteleng, Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Berada di Obyek wisata Suroteleng Gayeng.

Lokasi ini dari New Selo berjarak lebih kurang 7 km (jalan masuk bisa melalui arah Alam Sutra terus ke timur menelusuri lembah, ikuti jalan yang agak besar saja, mengitari lembah, lewat sini bisa 6 km saja).

Gardu Pandang Suroteleng (wisatajateng)

Bukit Batur Selo

Masih di Suroteleng, kita naik sedikit lebih kurang 1 km ada Bukit Batur Suroteleng Selo.

Jalan-jalan ke gunung, direkomendasikan dengan kendaraan roda dua yang sehat kendaraannya. Untuk penggunaan roda 4 juga bisa, namun konsultasi masyarakat setempat.

Jembatan Gantung Jrakah Selo

Lokasi terletak di Desa Jrakah, Kecamatan Selo dari jalan raya menuju New Selo berjarak 3 km kearah Magelang (bila dari New Selo 4,5 km).

Apabila membawa mobil, maka parkir di tepi jalan raya kemudian jalan kaki 100 m ke arah jembatan.

Jembatan Gantung Jrakah Selo Boyolali

Bukit Gancik Selo

Bukti Gancik terletak di Desa Gancik Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, masih sama seperti bukit lainnya diambilkan dari nama wilayah yang paling dikenal oleh warga setempat.

Bukit Gancik terletak di kaki Gunung Merbabu atau berada di sebelah kanan jalan raya Boyolali – Magelang di daerah Selo ini bila dari arah Boyolali.

Dari New Selo turun terus ke kanan di jalan raya setelah ada tugu Dukuh Ngaglik silakan melewati gang itu atau belok ke utara menuju Dukuh Gancik. Jarak dari New Selo cukup dekat sekitar 4 km.

Gancik Hill Top (Bukit Gancik) Selo

Mobil bisa masuk tetapi jalan menuju Gancik setelah jalan bercabang ke kanan jalan agak sempit.

Dukuh Gancik juga merupakan BaseCamp untuk pendakian Gunung Merbabu yang paling terkenal dari pendakian melalui jalur Selo.

Sebelah timur dari Bukit Gancik ada Bukit Kinasih, tapi harus turun dulu karena tidak ada jalan tembus, kecuali gang kecil di perkampungan pegunungan.

Bukit Kinasih

Bukit Kinasih terletak di Dukuh Pasah, Desa Senden, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Nama bukit diambil dari nama daerah dimana bukit ini berada.

Bukit Kinasih terletak di kaki Gunung Merbabu kurang lebih 7 km dari New Selo, sehingga kalau dari New Selo mesti ambil jalan turun kemudian ke timur di jalan raya setelah Kantor Kepala Desa Selo silakan ke arah utara (kaki Gunung Merbabu) menuju Bukit Kinasih.

Berarti kalau langsung dari Boyolali akan ke Bukit Kinasih yang menjadi patokan adalah Kantor Kepala Desa Selo, sebelumnya kantor tersebut ambil jalan ke kanan (ke utara).

Air Terjun Kedung Kayang

— akan dilengkapi, maaf atas ketidaknyamanan tersebut —-

Dan marilah kita ke kawasan barat yang lain yaitu Musuk. Jalur ke Musuk dan ke Selo / Cepogo berbeda, sebagimana dijelaskan di atas.

Kawasan Musuk

Kecamatan Musuk merupakan suatu wilayah dari Kabupaten Boyolali yang letaknya di sebelah barat Boyolali. Jarak Musuk (Tugu Pemuda) dari Boyolali (Pasar Kota) sekitar 6 km. Lewat depan pasar Jl Kates kemudian belok ke kanan di Jl Anggrek atau terus sampai Jl Perintis Kemedekaan baru ke kanan ke arah RSUD Boyolali (jarak lebih kurang 7 km).

Dari Pasar Boyolali lewat Jl Merapi (Simpang Lima – Arjuna Wijaya) ke arah RSUD juga bisa (jaraknya lebih kurang 6 km). Jika tidak Tugu Pemuda sebagai patokan Kantor Camat Musuk, yang jaraknya hampir sama.

Dari Tugu Pemuda atau Kantor Camat Musuk ada jalan tembus ke arah Cepogo atau ke Selo.

Tikungan Cinta

Tikungan Cinta berada di Desa Cluntang Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali, dapat di tempuh dari Kantor Camat Musuk atau Tugu Pemuda Musuk lebih kurang 25 menit, dengan jarak 9,5 km.

Arahkan perjalanan Anda ke Tugu Lilin (tapi di sini masih terus), di dekat RM Permata Minang sebaiknya belok ke kanan di sini, kemudian kira-kira jalan 1 km belok ke kiri hingga mentok kemudian ke kanan, kira-kira 800 m belok ke kiri lagi terus jalan berliku hingga ketemu Masjid Nurul Janah masih terus ikuti jalan besar di Jalan Jelok arahkan ke kanan atau ke barat.

Kalau sudah di Jalan Jelok tinggal 1,25 km lagi sudah sampai di Tikungan Cinta.

tikungan-cinta-musuk-boyolali
Tikungan Cinta Musuk Boyolali (pic reservasi.com)

Taman (Kebun) Bunga ‘Matahari’ Musuk

Bila Anda sudah berada di Tikungan Cinta maka Taman Bunga sudah di dekat Anda.

20180331063625-kebun-bunga-matahari-cluntang
Pagi hari di Taman (Kebun) Bunga Matahari Tikungan Cinta Clunthang Musuk Boyolali (pic. merdeka.com)

Air Terjun Watu Abang

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—

Air Terjun Semuncar

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—


Nama Obyek Wisata di Wilayah Utara Boyolali

Air Terjun Juwangi

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—

Waduk Kedung Ombo

Kedung Ombo bisa menjadi pilihan ketika Anda berada di Boyolali, namun jalan menuju tempat ini (dulu) bergelombang dan berkubang, ya ini dulu sewaktu Kissparry berkunjung ke tempat ini. Namun saat ini sudah banyak yang di cor beton, berdasar informasi saudara Kissparry yaitu Pakdhe saya yang tinggalnya dekat Waduk Kedung Ombo.

Kissparry sering ke tempat ini karena ada saudara tersebut, bila bersama Pakdhe kami masuk tidak di pungut biaya masuk, dianggapnya warga setempat, GRATIS. Saat berkunjung sekitar pukul 07.00 WIB dan itu memang masyarakat umumnya biasanya belum pada berkunjung.

Kedung Ombo bukan hanya masuk wilayah Boyolali, tetapi juga Grobogan (Purwodadi) dan Sragen.

Lembah Gunung Madu

Menuju lokasi ini, bisa melalui pertigaan Klego arah ke Simo. Yang dari Semarang melalui Tingkir terus Karanggede terus ke arah timur di Klego belok kanan, sebaliknya yang dari Sragen melalui Gemolong arah ke barat ketika di Klego berarti ke kiri di pertigaan menuju Simo.

Dari pertigaan Klego menuju ke Simo lokasi Lembah Gunung Madu sudah dekat.

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—

Taman Bunga Celosia Ragil Kuning Simo

Inilah obyek wisata yang menarik dan baru di Boyolali, karena baru di luncurkan sekitar Desember pertengahan, tahun lalu atau 2018.

Membaca nama dari tempat wisata yang ada disini, menggunakan nama Celosia pasti teringat Taman Bunga Celosia di Bandungan.

Taman Bunga Celosia Ragil Kuning, Poncowidodo, Simo, Kab. Boyolali (Foto VisitJateng.go.id)

Waduk Bade

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—

Kedung Cinta

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—

Wisata Alam Surapratna

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—

Pemandian Alami Kedung Goro

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—

Wijaya Water Boom Pelem

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—


Nama Obyek Wisata di Wilayah Timur Boyolali

River Tubing Wisnu Kencana

River Tubing Wisnu Kencana termasuk baru (08/2017), karena buka obyek ini belum lama. Wisnu Kencana terletak di Desa Tawangsari Kecamatan Teras, jika ditempuh dari Pasar Kota Boyolali jaraknya sekitar 8 km ke arah timur jalan raya Semarang – Solo, sesampai di Teras Jl Penjalinan atau masyarakat biasa sebut Njalinan ke kiri lebih kurang 2,5 km.

River Tubing Wisnu Kencana Desa Tawangsari

Setelah sampai Pasar Penjalinan silakan ke arah barat di perempatan, dan sebaiknya di sini Anda bertanya pada penduduk setempat.

Agrowisata dan Edupark Camp Bell 2 Tawangsari

Setelah River Tubing kita bisa jalan-jalan ke Agrowisata CampBill-2 masih di Desa Tawangsari, CampBill-2 orang sekitar menyebut Mbiloro (Kerambil Loro) tepatnya berada di Dukuh Ngemplak Desa Tawangsari, lokasinya sebelum masuk Dukuh tersebut.

Pintu gerbang utama Camp Bell 2 Edupark Desa Tawangsari Kecamatan Teras, Boyolali

Kantor Kepala Desa Tawangsari juga berada di Dukuh Ngemplak, sehingga apabila pengunjung ingin memperoleh informasi banyak seputar buah naga yang ada di sentra agrowisata ini, tempatnya di sini. Pengelolaan dari agrowisata dilakukan oleh Badan Usaha Desa yang berkantor di Kantor Kepala Desa.

Buah Naga di Agrowisata Tawangsari Boyolali Jawa Tengah

Tempat ini (edit 29/10/2018) sudah dilengkapi dengan KiPolik (Kincir Pompa Hidrolik) sebagai wahana edukasi (pembelajaran), juga wahana edukasi lainnya seperti ternak sapi perah dan biogas, juga pengolahan sampah plastik, dan ada sarana Outbound juga.

baling-baling-kincir-tawangsari-IMG_20180617_140253
Baling-baling kincir pompa hidrolik di Edupark Campbell 2 Desa Tawangsari

Kini Camp Bell 2 (Mbiloro) kawasan Edupark Desa Tawangsari Teras, semakin mempercantik diri untuk memanjakan pengunjungnya, beberapa Gazebo didirikan, ada kolam keceh dan lain-lainnya.

Camp Bell 2 Edupark Tawangsari, Kissparry Weanind sedang bersantai di area tersebut.
Penduduk setenpat berada di salah satu gazebo di Camp Bell 2 Edupark Tawangsari

Umbul Langse

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—

Waduk Cengklik

Lokasi di sebelah barat Bandar Udara Adi Soemarmo lebih kurang 3,5 km ke arah barat melalui jalan anjungan selatan. Bila Anda bingung jalan sebelah mana, tanya orang-orang terdekat akan ke waduk Cengklik.

Sebenarnya Kissparry sering mampir ditempat ini, dan punya banyak foto kenangan, namun mencarinya agak kesulitan. 

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—

Anjungan Bandara Adi Soemarmo

Mengapa hanya anjungan bandara ditampilkan di sini. Bandara Adi Soemarmo di Boyolali Solo ini termasuk bandara yang banyak dikunjungi berwisata.

Pasalnya landasan pacu pesawat terpotong jalan, sehingga dapat melihat pesawat terbang turun dan naik dengan sangat dekat, terlebih tempat ini termasuk bandara internasional.

Namun kita tidak bisa seenaknya saja, di sini ada traffic light dimana lampu merah akan menyala apabila ada pesawat terbang akan lewat baik itu turun atau naik. Disamping itu juga ada peringatan dan pemberitahuan lewat pengeras suara.

Danau Tengah Sawah Jembungan

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—

Umbul Pengging

Umbul Pengging sangat terkenal karena letaknya didekat pasar Pengging.

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—

Sudah pernah ada di artikel yang lain tentang PADUSAN menjelang puasa —

Kampung Lele Sawit

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—

Umbul Tirto Mulyo

–maaf mohon sabar segera dilengkapi, tapi posisi Anda sudah dekat—

Kuliner di wilayah timur Boyolali

Area Kuliner Danau Tengah Sawah Banyudono

Kuliner ini berada di danau tengah sawah.


Masih terus diperbaiki dan dilengkapi, juga berusaha menampilkan foto original dari kontributor Kissparry di Boyolali

Kissparry (WN)

Baca Juga 

Salah satu sudut Edupark Camp Bell 2 Desa Tawangsari Teras Boyolali

Kissparry

Pages: 1 2 3 4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.