Nama Obyek Wisata di Boyolali, Rute dan Kulinernya

Kawasan Wisata Tlatar

Di seputar Tlatar banyak obyek yang bisa Anda kunjungi, tetapi merupakan dunia air, mengingat tempat ini sangat terkenal dengan umbul Tlatar-nya.

Umbul adalah mata air yang keluar dengan entitas tinggi yang kemudian lama kelamaan membentuk sendang atau kolam air, dan oleh masyarakat sekitar biasanya kemudian di bendung agar airnya ngumpul.

Di daerah Boyolali ada beberapa umbul, misalnya umbul Pengging di Desa Pengging Kecamatan Banyudono. Umbul biasanya untuk mandi sebelum puasa ramadhan atau orang Jawa bilang padusan.

Tlatar merupakan sebagian wilayah dari Kecamatan Boyolali paling ujung utara berbatasan dengan Kabupaten Semarang. Untuk menuju Tlatar kita bisa melalui jalan sebelah barat Pasar Sunggingan (Jl Tentara Pelajar), juga bisa melalui jalan lain Jl Perkutut.

Tlatar 1
Salah satu obyek wisata di Tlatar (foto PKS)

Dari Semarang langsung bisa melalui Penggung, yang dari Solo bisa langsung lewat Mojosongo (Pasar Mojosongo atau sebelumnya karena median jalan).

Umbul Tlatar

Umbul legendaris Tlatar seperti halnya umbul Pengging, yang berbeda adalah tempat ini airnya lebih dingin, dan karena banyak obyek yang lain, hanya tertentu saja yang berendam di umbul ini. Termasuk Kissparry sewaktu ke Tlatar malah puter-puter dulu, kemudian menentukan mau di mana, ya karena tidak mungkin mandi dua kali di tempat yang berbeda.

Misalnya setelah berendam di Umbul Tlatar kemudian ke pemancingan. Masing-masing tempat sudah menyiapkan kuliner pilihan, tetapi untuk di Umbul tidak tersedia khusus.

Mina Tlatar Indah

Tempat ini juga banyak mendapat perhatian untuk dikunjungi, dari pada umbul Tlatar, akan tetapi menjelang ramadhan biasanya tempat-tempat ini merata, dan umbul lebih banyak pengunjung. Tradisi Jawa ada padusan.

Wisata Taman Air Tlatar

Datang bersama keluarga, terkadang tempat ini menjadi pilihan mereka, termasuk saat keluarga Kissparry berkunjung ke tempat ini menjatuhkan pilihan mengunjungi tempat ini yang sebelumnya berputar-putar jalan kaki mengitari kawasan Tlatar. Selepas di tempat ini kemudian ke pemancingan.

Taman Pemancingan

Asyik memancing di tempat ini, banyak kolam ikannya, bahkan ada yang kolam kecil sehingga memudahkan untuk memperoleh ikan.

Bila hari sudah waktunya santap makan, sebaiknya langsung pesan makanan di sini.

Lanjutkan perjalanan …..

Biasanya di Tlatar sudah banyak menghabiskan waktu, setidaknya minimal 2 jam di tempat ini, terlebih bersama anak.

Setelah dari Tlatar bolehlah menengok Umbul Sedalem, tapi biasanya kalau sudah dari Tlatar tidak ke Sedalem, kalau ingin ke Sedalem ya kesini dulu baru ke Tlatar.

Umbul Rejo (Sedalem) Mudal

Umbul Sedalem Mudal berada di sebelah timur Umbul Tlatar atau kawasan wisata Tlatar. Anda yang ingin lebih rileks dan santai boleh ke tempat ini, karena di jamin di Tlatar super ramai pengunjung apalagi Weekend.

Menuju ke tempat ini bagaimana caranya? Arahkan perjalanan Anda sama saat ke Tlatar. Umbul ini terletak di Dukuh Sedalem Desa Mudal Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali.

Apabila Anda dari Kampoeng Air Kragilan ke tempat ini lebih kurang 6 km (arahkan perjalanan Anda ke Tlatar) setelah melewati STIKES Estu Utomo Boyolali silakan ke arah kanan menuju Umbul Sedalem (ada penanda). Sama halnya kalau dari Tlatar silakan keluar dari lokasi kemudian ke kiri arah Umbul Sedalem, kalau dari Tlatar berarti sebelum STIKES.

Umbul Rejo (Sedalem) Mudal (Google)

Tulisan plang nama tertera Umbul Rejo Mudal bukan Umbul Sedalem, berarti kita tulis Umbul Rejo (Sedalem) Mudal.

Selepas Umbul Sedalem langsung menuju ke Kampoeng Air Kragilan, karena didekatnya ada Brown Canyon Kragilan. Atau perjalanan Anda sebaliknya juga bisa dari Kampoeng Air Kragilan terlebih dahulu.

Kampung Air Kragilan

Desa Kragilan merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Kampoeng Air ini terletak di Dukuh Watu Genuk.

Kampung-air-kragilan-hafnykhairunnisa
Tugu Kampoeng Air Kragilan (foto HafnyKhairunnisa)

Menuju ke Kampoeng Air silakan menempuh perjalanan dari Pasar Mojosongo, lokasinya dari pasar lebih kurang 2 km ke arah utara, silakan belok ke kiri sebelum SMPN 3 Mojosongo (Jl Tegalwire kalau orang sekitar mengatakan Nggawire), kalau terus tidak belok maka Anda bisa sampai Tlatar.

Maju lebih kurang 700 m ada belokan ke kanan silakan belok, dan Anda segera sampai Kapoeng Air Kragilan dengan menemukan nama tersebut yang terukir diatas tembok.

Penujuk arah Kampoeng Air Kragilan Mojosongo (pic.hafnykhairunnisa)

Apabila Anda dari Solo jangan mencari Pasar Mojosongo, beloklah ke kanan melalui pertigaan Wika (Wijaya Karya), karena perempatan depan pasar Mojosongo di tutup dengan median jalan, kalau sudah terlanjur maju terus hingga menemukan belokan balik arah.

Kampung Air Kragilan Mojosongo Boyolali (pic.bacaterus.com)

Brown Canyon Kragilan

Letaknya berdekatan dengan Kampoeng Air Kragilan, dekat sekali, Anda tinggal tanya orang-orang diarea ini pasti akan ditunjukkan. Yach… sekedar untuk mengambil gambar, ini bekas area penambangan tanah (material) selama bertahun-tahun, akhirnya menjadi seperti ini.

Brown-Canyon-Boyolali
Brown Canyon Kragilan Boyolali (foto tempatwisata)

Lanjutkan membaca Kuliner, Pages 3


Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca