Cara Mengatasi Koneksi Internet Tiba-tiba Lamban bahkan Berhenti di Pagi Hari

Mungkin keluhan ini sama dialami oleh semua pemilik kartu SIM terutama Simpati dari Telkomsel, atau hanya saya saja. Koneksi jaringan internet Telkomsel di pagi hari sangat lamban bahkan tidak terhubung sama sekali, sedang tanda koneksi muncul atau terhubung.

Kala itu hanya berfikir, biasanya smartphone sibuk banget, klunting-klunting bunyi pemberitahuan masuk, namun mengapa lengang sekali. Oh… ternyata internetnya nggak jalan, ada koneksi tetapi semua berita tertahan.

Namun kami menemukan solusinya, dengan asumsi bahwa inilah gara-gara internet gratis untuk paket internet tertentu mulai dini hari (pukul 00.01 sampai dengan 07.00). Kissparry Wea beranggapan seperti itu.

1200px-Telkomsel_2013.svg
Telkomsel

Langkah Pemulihan yang Ditempuh

Langkah untuk mengatasi internet lambat atau lamban ketika di pagi hari, terutama yang menggunakan kartu Simpati dari Telkomsel yaitu dengan cara yang sangat sederhana tetapi kadang membosankan, setidaknya ada dua cara, inilah caranya.

Matikan Hand Phone (HP) dan Nyalakan Kembali

Cara yang pertama adalah dengan Me-RESET handphone, atau mematikan dan menyalakannya kembali. Hal inilah yang saya lakukan sudah berbulan-bulan ketika ingin menarik internet gratis sebagai bonus paket itu.
Jadi setiap bangun tidur dini hari selepas pukul 00.00, HP langsung di reset (dimatikan dan dinyalakan kembali).

Kok ribet ya….

Bila tidak di reset handphonenya, berdasarkan pengalaman, akses internetnya lambat sekali, bahkan bisa dikatakan berhenti, muter-muter indikasinya.

Apakah ada cara lain?

Panggil *888*3*2# (Cek Kuota)

Cara ini kebetulan saja, hanya coba-coba, untuk mengurangi on-off pada HP. Apa itu? Cara lain (cara kedua) agar internet kembali cepat dan berfungsi normal yaitu dengan memanggil nomor * 888 *3 *2# (ketiknya tidak pakai spasi). Untuk panggilan apa kode itu? Untuk mengecek kuota internet.

Lakukan pemanggilan setidaknya 3 kali panggilan. Ini Jawanya memancing kuota internet agar aktif.

Mengapa Mesti Ribet Begini

Inilah yang belum pernah saya tanyakan ke Telkomsel, dan mungkinkah hanya pada jenis HP tertentu atau OS tertentu, saya juga tidak paham. Namun inilah pengalaman saya terkait penggantian mode gratis (mengambil bonus kuota gratis) dari Telkomsel.

Saya menggunakan kartu generasi lawas, dengan 11 angka. Mungkinkan ini penyebabnya, semua ini masih misteri. Paling penting dengan cara seperti itu, internet tetap lancar.

Dikira Kuota Habis

Ada kisah ringan dari teman saya, yang semula mengira kuota internet telah habis, karena sekitar jam 09.00 pagi internet masih tetap muter-muter tidak terhubung, sampai akhirnya beli kuota internet lagi baru bisa terhubung.

Saya pinjam HP-nya untuk saya cek kuota internetnya dengan panggil * 888 * 3 * 2 #, ternyata ada pemberitahuan kuota internet masih ada sekitar 3,5GB. Hal tersebut saya sampaikan kepada pemilik HP (teman saya) kalau kouta internet masih banyak, kemudian saya menyarankan sering-sering periksa kuota terutama ketika bangun tidur di pagi hari.

Itulah sekelumit pengalaman yang perlu saya sebar luaskan, dan semoga apabila pihak Telkomsel membaca ini bisa mengambil tindakan perbaikan sistemnya.

Catatan

  • Perintah cek pulsa bisa berbeda sesuai dengan kebijakan penyedia kartu (Simpati Telkomsel).
  • Mungkin cara ini bisa diterapkan pada jenis kartu handphone yang berbeda.

Semoga bermanfaat

Kissparry

Iklan

One thought on “Cara Mengatasi Koneksi Internet Tiba-tiba Lamban bahkan Berhenti di Pagi Hari”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s