Tips Cara Membuat Tas dan Dompet Rajutan Mulai dari yang Sederhana

Kissparry Wea sering dapat order tas rajutan, bahkan boleh dikatakan pesanan yang sudah antri untuk di bikinkan banyak. Namun belum pernah bikin artikel tentang cara merajut, oleh karena itu pada kesempatan ini kami ingin berbagi bagaimana memulai merajut tas atau dompet.

Untuk yang sudah mahir mari kita saling berbagi, namun bagi pemula, ayo belajar bersama-sama bagaimana bisa menghasilkan tas atau dompet rajutan. Minimal untuk dipakai sendiri terlebih dahulu sebelum menerima pesanan dari orang lain.

Produk tas rajutan dari Uzma Collection Batam (Kissparry Batam 2) sudah banyak beredar karena di sana memang ada sekumpulan pengrajin tas rajutan tangan, semacam koperasi yang kemudian dikelola dengan label Uzma Collection. Sedang yang Kissparry Semarang berproduksi baru berdasarkan pesanan.

hasil-rajut2
Hasil Rajutan

Pesanan yang datang di Kissparry Semarang sudah banyak antrian panjang yang harus dibuatkan, apa tidak bisa dikerjakan di Batam? Selama pelanggan mau menunggu, maka tetap di produksi dilakukan di Semarang. Sebagian besar pemesan bersedia menunggu.

Belum berproduksinya tas atau dompet dalam jumlah besar untuk Kissparry Semarang, diantaranya bahan (benang) yang digunakan untuk membuat tas rajutan harganya sudah termasuk mahal, dan sementara belum ingin mempunyai stok dalam bentuk jadi.

Kita akan bicarakan yang di Kissparry Semarang bukan Kissparry Batam-2 (Uzma Collection). Bedanya apa? Kissparry S hanya merajut belum sampai puring, sedang yang di Kissparry B-2 sudah sampai puring sendiri. Apa itu puring? Baiklah nanti kita bahas belakangan.

Kissparry bisa memberi tips cara merajut karena kebetulan bisa merajut bermula dari belajar secara otodidak tanpa kursus dan sekadar coba-coba untuk dipakai sendiri. Mengapa? Saat Kissparry jalan-jalan ke Jogja melihat tas rajutan yang sudah memiliki merek terkenal harganya bisa Jutaan Rupiah untuk ukuran besar, sedang dompet tanggung harganya 400000 – 500000 Rupiah, sehingga niat untuk mencoba-coba menjadi semakin menjadi jadi.

Butuh Telaten dan Tekun

Untuk dapat membuat tas rajutan tangan yang perlu diperhatikan adalah butuh kesabaran dan ketekunan, juga telaten. Biasanya dikerjakan oleh wanita-wanita untuk sekadar mengisi waktu luang.

Oh berarti apa Ny Kissparry Semarang yang biasa dipanggil umi sama anak anak banyak waktu luang, tidak juga bahkan sudah sangat sibuk di kesehariannya. Apa saja kesibukannya, ia setiap sore mengajar di TPQ terdekat juga sebagai Wakil Kepala Bidang Pendidikan, Kesantrian dan Kurikulum. Paginya juga mengajar AlQuran tetapi tidak setiap hari, di waktu pagi yang luang juga masih belajar Alquran dengan guru yang lain.

a_Rajutan_coklat_IMG_20180301_153436
Rajutan Tas Ukuran Besar Kissparry Semarang

Dalam kesempatan pagi siang malam yang sedikit luang dimanfaatkan untuk mengerjakan pesanan tas atau dompet rajutan. Kesibukannya juga sekretaris di organisasi keagamaan setempat, kesibukannya juga sedikit bertambah. Karena itu pula tidak buat tas rajutan bila tidak ada pesanan. Namun karena sudah terlanjur banyak yang suka dengan bikinan tas atau dompet rajutannya sehingga antrian selalu ada.

Bahkan konter HP yang juga sebagai PPOB (Payment Point Online Bank) sampai-sampai nggak sempat buka, sedang pelanggan bila butuh pulsa atau bayar PLN misalnya langsung datang ke rumah, atau melalui SMS atau WhatsApp.

Mengenal Alat dan Bahan

Alat merajut cukup sederhana yakni hakpen, benang, korek api, pemes atau silet. Ini berdasar pengalaman merajut, yang semula hanya otodidak dan coba-coba.

a_alat_rajut_kissparry_IMG_20180425_045942
Alat merajut dengan tangan lengkap (minimal)

Hakpen

Hakpen merupakan salah satu peralatan yang paling penting, mengingat bahwa alat inilah yang berfungsi untuk merajut benang. Disebut hakpen karena alat ini seperti pen, ballpoint tetapi ujungnya lengkung. Ujung melengkung inilah yang menjadikan alat ini berfungsi untuk menarik dan mendorong benang.

Hakpen harganya bervariasi mulai dari yang paling murah hingga yang relatif mahal. Murah itu berapa? Ada yang hanya 5000 Rupiah, sedang yang mahal sampai seharga 40000 Rupiah.

a_hakPen_rajut_IMG_20180425_045148
Hakpen alat Rajut

Benang Rajut

Berbagai macam benang yang biasa digunakan untuk merajut. Untuk yang terpampang di sini adalah benang nylon, dan benang tersebut merupakan salah satu yang paling populer di kalangan pemesan yang datang ke Kissparry.

Ciri khas dari benang ini yaitu terkesan kuat dan mengkilap, sehingga pemakai tas atau dompet yang terbuat dari bahan tersebut akan tampak berpenampilan lebih menarik dan sporty namun tetap dinamis.

Tas atau dompet inilah yang menjadikan harga juga relatif mahal bila dibandingkan dengan bahan yang lain, karena mulai dari bahan baku sudah termasuk lebih mahal.

Harganya berapa sehingga dikatakan lebih mahal, untuk satu gulung kecil seharga antara Rupiah 31000 hingga Rupiah 55000 tergantung dari merek yang di pilih.

Jenis jenis benang lainnya seperti yang terlihat gambar di bawah ini.

Benang untuk yang gulungan besar harganya pergulung ada yang seharga Rupiah 45000 hingga Rupiah 90000. Untuk produksi tas rajutan di Kissparry Semarang jarang sekali menggunakan benang yang gulungan besar. Sedangkan untuk benang nylon gulungan lebih kecil harganya berkisar Rupiah 11000 hingga Rupiah 20000.

Apabila Anda berminat merajut, langkah yang pertama dilakukan adalah pergi ke toko penjual alat-alat rajut yang terdekat dengan tempat tinggal Anda, dan beli alat secukupnya. Biasanya ditempat tersebut juga menyediakan tutorial merajut, dengan sedikit biaya kita bisa belajar ditempat tersebut.

Silet, Pemes, Gunting, Pemotong

Alat ini yaitu silet atau pemes atau gunting atau pemotong lain digunakan untuk memotong benang sambungan dan benang terakhir agar rapi.

Apabila saat merajut tas yang besar menggunakan benang gulungan besar, dan apabila merajut dompet menggunakan benang gulungan kecil, maka pada tas atau dompet tersebut tidak banyak sambungan atau bahkan tidak ada sambungan sama sekali.

Korek Api

Fungsi dari korek api yaitu alat untuk mengunci potongan dengan cara membakar benang sambungan agar terkunci dan kuat.

Penggaris

Penggunaan penggaris adalah untuk mengukur dari model rajutan.

Buku Garis, Ballpoint, Pensil, Spidol

Kegunaan dari buku garis, ballpoin atau pensil atau spidol digunakan untuk membuat pola rajutan, apabila rajutan tas atau dompet menggunakan tusukan yang agak rumit atau model khusus maka diperlukan peralatan di atas.

Teknik Merajut

Teknik sederhana penting untuk diketahui agar Anda tidak putus semangat untuk merajut. Dan yang paling penting lagi, bahwa dengan menggunakan bahan yang berkelas akan membuat harga tas rajutan juga menjadi mahal (meskipun relatif). Coba dibayangkan saja kalau tas kecil atau dompet berukuran 20 cm x 15 cm x 5 cm seharga Rupiah 500000,- (lima ratus ribu rupiah).

Membuat Rantai

Pertama kali membuat rantai, kemudian dari rantai di susun-susun, setelah mahir baru membuat rajutan motif. Tentang motif sendiri tergantung orangnya, karena ini suka-suka.

Membuat rantai merupakan hal mendasar untuk memulai merajut, oleh sebab itu hal ini menjadi sangat penting.

Dikatakan rantai di sini untuk memudahkan menyebutnya saja, karena bentuk dasar dari tas dan dompet rajutan seperti rantai. Agar mudah memahaminya Kissparry ambilkan gambar yang sudah ada.

tusukantxt
Teknik dasar merajut (pic tokobenangsurabaya)

Lakukanlah mulai merajut, dengan teknik yang pertama yaitu membuat rantai, sampai bisa membuat rantai dengan mahir dan diulang-ulang, kemudian dikembangkan ke merangkai rantai dengan tusukan selanjutnya.

Apabila Anda belum berhasil membuat rantai yang kuat, sebaiknya tidak melanjutkan merangkai rantai tersebut. Karena rantai adalah dasar dimulainya merajut.

Menambah Satu Dua Jalur Pilihan

Setelah sukses membuat rantai maka rangkaian berikut adalah menambah satu jalur, coba perhatikan gambar di atas tentang teknik tusukan, Anda boleh memilih salah satu dari model yang ada.

Sukses menambah satu jalur, coba lagi dengan satu jalur lagi hingga beberapa lajur lagi. Alangkah baiknya Anda melakukan untuk melingkari rantai utama yang telah dibuat saat ini.

Apakah Anda telah berhasil membuat beberapa lingkaran dari rantai yang telah dibuat? Maka secara tidak langsung telah berhasil membuat dasar dari tas atau dompet, tergantung berapa panjang rangkaian rantai yang telah dibuat tersebut.

Rancangan Tas atau Dompet

Prinsip dari rancangan tas atau dompet, merupakan gambaran awal dari dompet atau tas yang akan di rajut. Sebagai pemula bisa dengan perkiraan namun tetap dipastikan ukurannya. Oleh karena itu penggaris itu diantaranya sebagai alat ukur besar kecil dari tas atau dompet rajutan.

Model tusukan yang akan digunakan, dalam hal ini tentu disesuaikan dengan kemampuan yang bisa dilatih secara bertahap.

Rajut_dasaran_tas_IMG_20180425_045148
Contoh tusukan rajut dasaran tas besar
Dompet_rajut_tempat_HP_IMG_20180503_191756
Rajut Dompet Tempat HP (pesanan telah dikirim)

Jenis tusukan rajut dompet kecil, seperti contoh di atas, dasar (bawahan) berukuran 2,5 cm dan tinggi 12 cm, pesanan yang telah dikirim kepada pemesannya.

Untuk bentuk yang sedikit rumit, harus digambar pola terlebih dahulu. Tempat menggambar pola bisa menggunakan gambaran kotak-kotak sendiri atau menggunakan buku milimeter blok.

pola_rajut_kissparry_IMG_20180425_045942
Pola rajutan model yang unik

Lingkar Dasar Alas Dompet atau Tas

Keberhasilan membuat bawahan tas atau dompet menjadi kita semakin yakin bisa merajut benang dengan tangan.

Coba perhatikan apakah pekerjaan Anda sudah cukup baik untuk lingkaran dasar, di sini bukan lingkar bulat tetapi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Kalau tas mestinya lingkaran lonjong.

Berikut ini contoh dasaran (ngisoran) dari tas. Panjang dan pendeknya, besar dan kecilnya lingkaran tergantung dengan kebutuhan. Kami sarankan untuk percobaan coba buat dasaran dompet kecil.

Rajut_dasaran_tas_IMG_20180425_045148
Rajut dasaran tas besar
rajut_dasaran_img_20180511_010435.jpg
Rajut dasar dompet kecil

Setelah dasar dari tas atau dompet sudah sesuai dengan keinginan (rancangan/pola), langkah berikutnya menaikkan rajutan sebagai sisi-sisi tas atau dompet.

Perhatikan contoh gambar rajut dasar dompet kecil, mulai dinaikkan rajutan untuk membuat sisi dompet. Sedikit melengkung dimulai secara bertahap.

Bikin Sisi dari Tas atau Dompet

Bila dasarnya sudah selesai yang perlu dilakukan selanjutnya adalah membuat sisi dari tas atau dompet yang akan di buat.

Sisi dari tas atau dompet yang akan di buat disesuaikan dengan pola tusukan yang telah dirancang sebelumnya. Untuk tahap pemula biasanya tidak merancang yang sulit untuk diaplikasikan pada tusukan, namun demikian model yang sederhana biasanya lebih disukai oleh kebanyakan orang karena harganya juga lebih murah.

Meskipun terbilang cukup murah tetapi tas atau dompet rajut dengan tangan masih dalam kategori tas atau dompet yang unik dan menarik sehingga tetap saja menjadi barang yang relatif mahal. Oleh sebab itulah para perajin tas atau dompet rajut terus menerus berkarya.

Untuk menaikkan dari bawahan tas atau dompet dilakukan secara bertahap melengkung ke atas dengan tusukan biasa, baru setelah mendapat dua atau tiga baris dapat mengikuti pola yang telah dipilih atau dirancang.

Ketika kita sudah bisa membuat sisi dari tas atau dompet meskipun dengan pola yang sederhana dan biasa maka sudah dapat dipastikan bahwa kita telah berhasil membuat dasar dari tas atau dompet rajut dengan tangan dari hasil karya sendiri.

Teruskan dan selesaikan hingga kira-kira menjadi seperti ini.

Belokan_dari_dasar_tas_atau_dompet_rajut
Dari datar ke arah atas dari dompet atau tas rajutan

Jangan pernah menyerah untuk terus mencoba hingga berhasil membuat tas atau dompet rajut dari hasil karya sendiri. Ketinggian sisi menyesuaikan dengan kebutuhan.

tas_rajutan_setengah_JadiIMG_20180503_191834
Tas rajutan setengah jadi (pesanan pelanggan)

Pola yang dicontohkan diatas nantinya akan menjadi seperti tampak pada gambar. Terkait dengan model tas yang dibuatnya, menyesuaikan dengan pesanan dari sang pemesan. Karena model yang diminta termasuk agak rumit maka perlu membuat pola, dan pola yang akan dituangkan dalam bentuk motif tas telah memeroleh persetujuan dari pemesan.

Memasang Puring dan Tali Tas atau Dompet

Pekerjaan selanjutnya apabila model tas telah selesai di rajut, yaitu memasang puring. Puring merupakan dalaman daripada tas yang berasal dari kain khusus yang diperuntukkan untuk membuat puring. Warna kain untuk puring menyesuaikan dengan warna dominan (yang paling menonjol) dari tas.

Memasang puring juga membutuhkan keterampilan khusus, dan sampai saat ini Kissparry dalam pemasangan puring melalui jasa. Disamping terus berlatih untuk dapat memasang puring sendiri.

Sehingga Anda bagi pemula, dalam hal memberi puring pada tas atau dompet yang selesai dirajut dipersilakan mendatangi jasa pemasangan puring terdekat.

Sama halnya dengan tali dari tas atau dompet, biasanya juga membeli ditempat penjual tali untuk tas, kecuali talinya dibuat dari rajutan. Termasuk didalamnya memasang risliting untuk tas atau dompet.

rajut_tas_kecil_bsbul_IMG_20180517_105853
Tali tas, resliting penutup, dan puring dalaman tas rajutan

 

Harga Jual Tas Rajutan Kissparry Semarang (Wea Prima)

Kami tidak mematok harga tinggi, bahkan harga sangat bersahabat. Komponen penentuan harga meliputi bahan baku, tingkat kesulitan, kerapian, dan finishing (model puring dan tali).

Bahan baku ditentukan besar kecil model dan kualitas produk bahan yang dipilih, sebagaimana disebutkan di awal tulisan ini, misalnya sama-sama 1 gulung bahan merek satu dengan yang lain beda harga, tentu ini juga mengikuti kualitas bahan, ada yang harganya 35000, ada yang 38000 ada yang 45000, bahkan ada yang 90000. Biasanya juga kombinasi bahan mengingat model dan corak tas atau dompet yang dibuat.

Kami memproduksi hanya memenuhi pesanan, sehingga boleh dikatakan spesial edition (edisi spesial) sesuai dengan kehendak dari pemesan, baik dari corak dan modelnya.

Tas Dompet HP Hijau Muda

Tas dompet HP warna hijau muda, ukuran bawah 3 cm L x 17 P dan tinggi 15 T, dengan risliting dengan tali tas yang kecil.

Dompet_rajut_tempat_HP_IMG_20180503_191756
Rajut Dompet Tempat HP (pesanan telah dikirim)

Harga tas rajutan untuk HP + uang yang disebutkan diatas kami jual dengan Rupiah 96000 (sembilan puluh enam ribu rupiah)

Tas Besar Merah Maron Corak Keemasan

Tas besar multi fungsi dengan corak seperti dibawah ini, dengan spesifikasi ukuran bawahan 10 cm x 36 cm dan tinggi sisi 26 cm, tali tas khusus dan puring tersedia beberapa ruang. Bahan kombinasi harga.

 

tas_rajut_motif_merah_maron_10l_36p_26t_IMG_20180513_062915
Tas Rajut Corak Merah Maron sisip Keemasan, tali sesuai, puring kantong uk 10lx36px26t

Tas siap dikirim dengan harga Rupiah 750000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Merah_maron_DC_IMG_20180513_162049
Merah maroon selipkan keemasan

Tas Besar Jumbo Cokelat Muda Corak

Tas besar ini tergolong jumbo atau besar karena ukuran yang digunakan bawah 6 cm L (lebar) x 40 cm P (panjang) dan 30 cm T (tinggi), tali sisi 2 buah, type DS benang nylon (seperti bahan yang lainnya) kualitas sedang.

Tas_Rajut_Jumbo_6_40_30_IMG_20180517_133526
Tas Rajutan Jumbo Model Kombinasi rajutan lebar

Harga tas rajutan untuk model diatas adalah Rupiah 700000 (tujuh ratus ribu rupiah), namun apabila Anda pesan dengan bahan yang berbeda harganya lebih mahal.

Tas besar serbaguna di bawah ini juga termasuk jumbo atau besar karena ukuran yang digunakan bawah 8 cm L (lebar) x 40 cm P (panjang) dan 32 cm T (tinggi), tali 1 buah, type tusukan kombinasi, dengan benang nylon (seperti bahan yang lainnya) kualitas sedang dan bagus.

Tas_rajut_Jumbo_Motif_Kombinasi_IMG_20180513_162510
Tas Rajutan Jumbo motif, tusukan kombinasi, uk 8Lx40Px32T

Harga untuk tas rajutan ini yaitu Rupiah 850000 (delapan ratus lima puluh ribu rupiah).

TasRajut45cm
Tas Rajutan Ukuran Jumbo

Tas Rajut Bawahan Bulat Oval

Bawahan tas berbentuk bulat oval dengan ukuran 12 cm L x 14 cm P dan tinggi 13 cm ini merupakan tas kecil dan juga sebaguna dikarenakan bawahan yang bulat oval sehingga dapat menampung barang bawaan yang cukup.

rajut_tas_kecil_bsbul_IMG_20180517_105853
Tali tas, resliting penutup, dan puring dalaman tas rajutan

Harga tas ini sebesar Rupiah 162000 (seratus enam puluh dua ribu rupiah)

Cara Memesan

Apabila Anda berminat untuk memesan silakan catat kontak berikut ini, dan segera hubungi.

HP/WA : 0813 9033 3721 – Indarsih
atau HP/WA : 0812 257 5931 – Suwardi
Wea Prima Semarang (Kissparry Semarang).

Catatan :

Pesanan yang sedang di kerjakan, bahan kombinasi (mahal+sedang), rajutan DS, model, seperti gambar berikut ini.

Tas_Rajut_pesanan_antre1_IMG_20180513_062856

Pesanan yang antrian berikutnya adalah tas pesta (modelnya belum bisa ditayangkan), setelah itu tas besar (modelnya juga belum dibuat).

Semoga bermanfaat, mari saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Kissparry.
Editor: Kissparry WN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s