Sekarang ini sedang ada pertandingan bulu tangkis di Indonesia yakni Indonesia Open 2018 yang di sponsori oleh Blibli sebagai sponsor utama, dan partner yang lain  seperti TiketCom, Djarum Foundation, dan yang lainnya, dengan media partner TransMedia. Sehingga kegiatan ini bertajuk Blibli Indonesia Open 2018.

Kissparry termasuk penyuka permainan yang sudah terkenal di Indonesia tersebut yaitu badminton atau bulu tangkis. Bahkan Kissparry pernah punya klub Badminton tingkat kampung.

Kita tidak akan membahas serunya pertandingan bulutangkis di Indonesia tersebut, Indonesia Open 2018, tetapi akan kita bahas apa itu Badminton atau Bulutangkis, serta seluk belumnya.

Istilahnya Pertandingan atau Perlombaan dalam Bulutangkis itu?

Kita bahas dulu satu istilah yang tepat untuk bulutangkis, perlombaan atau pertandingan. Oiya.. diatas sudah terlanjut ditulis pertandingan bulutangkis, berarti bulutangkis termasuk pertandingan.

Pertandingan adalah merupakan adu kekuatan atau kompetisi suatu kegiatan olahraga dan atau seni atau kegiatan lain yang sejenis yang dilakukan berhadapan langsung untuk mencari pemenang.

Pertandingan biasanya dipimpin oleh seorang juri atau lebih yang bertugas sebagai hakim.

Contoh pertandingan seperti bulutangkis, sepakbola, sepak takraw, tinju, dan lain. Apa ada contoh untuk pertandingan seni. Kita cari dulu.

Perlombaan adalah merupakan adu kekuatan atau kompetisi suatu kegiatan olahraga dan atau seni atau kegiatan lain yang sejenis yang dilakukan tidak berhadapan langsung untuk mencari pemenang.

Pertandingan biasanya dipimpin oleh seorang juri atau lebih yang bertugas sebagai hakim.

Contoh perlombaan seperti baca puisi, menggambar, bercerita, mengail ikan, dan lainnya. Apa ada contoh untuk perlombaan olahraga, misalkan memanah atau panahan, lempar lembing, lempar cakram, dan lainnya.

Sehingga tidak mungkin ada pertandingan memanah yang ada perlombaan memanah, kemudian dicari skor yang tertinggi. Golf juga termasuk perlombaan.

maskot-indonesia-open-2018_1265_711
Maskot Blibli Indonesia Open 2018 (foto viva)

Apa itu Badminton atau Bulu Tangkis?

Badminton atau bulu tangkis adalah salah satu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang yang disebut tunggal atau dua pasang yang disebut ganda, yang saling berlawanan, didalam arena atau lapangan yang telah ditentukan.

gambar ukuran lapangan bulu tangkis_2
Gambar dan Ukuran Lapangan Bulu Tangkis (pic. freewaremini)

Lapangan dalam permainan ini dibagi menjadi dua bidang yang dipisahkan dengan jaring atau net yang direntangkan. Pemain menempati bidang yang satu dengan bidang lainnya yang saling berhadapan.

indonesia_open_2018_indonesia_melawan_malaysia-1_ratio-16x9
Lapangan Bulu Tangkis moderen 2018.
Gambar diambil dari Indonesia Open 2018 (Blibli)

Bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan (“kok” atau “shuttlecock“) dengan raket, melewati jaring  agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

Shuttlecock (Kok atau Bola)
ShuttleCock (Kok) Bulu tangkis

Bahasa Jawanya tamplek-tamplekan. Anak-anak di desa yang tidak memiliki raket, sandal pun bisa menjadi gantinya raket.

Shuttle
Ukuran kok bulu tangkis

Menilik perkembangan olahraga sang satu ini, saat ini sudah berkembang pesat, termasuk peraturan pertandingannya, juga lapangan yang digunakan.

Terutama pertandingan bertaraf internasional. Hal tersebut menyesuaikan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.

Sejarah Ringkas Bulu Tangkis atau Badminton

Sejarahnya sih sudah lama banget permainan ini ada, yaitu sekitar 2000 tahun yang lalu didataran India juga di Tiongkok. Di Inggris juga sudah terkenal permainan ini sekitar 1854 disebutnya Battledores (gayung tongkat).

Intinya kok dipukul dan saling memukul sehingga mencegah kok menyentuh tanah, dan yang tidak bisa mengembalikan berarti mereka lawannya menang satu angka.

Abad ke-19 permainan ini berkembang di Jepang, India, dan Siam (Thailand) yang diperkenalkan oleh tentara Inggris, sehingga mulai digemari anak-anak masa itu.

Pada sekitar tahun itu pula (1860) di Inggris menamai olahraga ini dengan sebutan Badminton Battledore (Battledore bulu tangkis) melalui leaflet yang dikeluarkan oleh Isaac Spratt seorang penyalur mainan.

Tahun 1977 sebuah Klub Badminton Bath di Inggris mengeluarkan rancangan dan peraturan permainan bulu tangkis yang digunakan hingga kini meskipun telah mengalami perubahan.

Asosiasi bulu tangkis Inggris dibentuk pada 1893, dan kejuaraan internasional pertamanya berunjuk-gigi pertama kali pada 1899 dengan Kejuaraan All England.

Olahraga ini kemudian berkembang dan sangat terkenal di Indonesia juga di Asia Tenggara dan Asia Timur, dan ke penjuru dunia.

Induk Organisasi Olagraga Bulu Tangkis

BWF (Badminton World Federatioan – 2006) merupakan organisasi induk olahraga bulu tungkis atau badminton dunia yang didirikan pada tahun 1934, akan tetapi saat berdirinya organisasi ini bernama IBF (International Badminton Federation – 1934). Negara-negara pelopor yaitu Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru, dan Perancis.

Perubahan nama dari IBF ke BWF terjadi pada IBF Extraordinary General Meeting di Madrid, Spanyol, September 2006.

Induk organisasi bulu tangkis di Indonesia bernama PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) berdiri 5 Mei 1951 di Bandung, dengan pelopornya antara lain Soedirman dan A. Rochdi Partaatmadja dengan terbentuk kepengurusan PBSI pertama.

Ketua umum : A. Rochdi Partaatmadja, ketua I : Soedirman, Ketua II : Tri Tjondrokoesoemo, Sekretaris I : Amir, Sekretaris II : E. Soemantri, Bendahara I : Rachim, Bendahara II : Liem Soei Liong. Ketua Umum PBSI saat ini adalah Jendral Wiranto (2016-2020).

Kompetisi Bulu Tangkis Dunia

Olah raga ini menjadi olah raga Olimpiade Musim Panas di Olimpiade Barcelona tahun 1992. Indonesia dan Korea Selatan sama-sama memperoleh masing-masing dua medali emas tahun itu. Pada tahun 1972 dan 1988 olahraga ini dipertandingkan sebagai uji coba.

Kompetisi bulu tangkis lainnya tingkat dunia yang diselenggarakan BWF adalah Thomas Cup, Uber Cup, Sudirman Cup, dan BWF Super Series.

Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon-169-smash
melompat untuk melakukan smash

Sistem Skor Bulutangkis

Sistem skor bulutangkis dibagi menjadi empat kategori. Yakni penilaian dasar, interval, tunggal, dan ganda. Bagaimana sistem penilaian skor bulutangkis itu berlangsung? Berikut rinciannya:

  • Sebuah pertandingan terbagi tiga game dengan masing-masing game akan ada total 21 poin.
  • Kubu yang memenangi reli menambah poin yang dapat diraih atau
    setiap kali ada servis – ada juga poin yang dapat diraih.
  • Saat kedudukan sama kuat 20, kubu yang memimpin dua poin pertama, memenangi laga.
  • Saat kedudukan sama kuat 29, kubu yang mencapai 30 poin, memenangi pertandingan.
  • Kubu yang memenangi set, memulai servis pertama di set berikutnya.

Interval

  • Ketika memimpin dengan skor mencapai 11 poin, pemain punya 60 detik interval waktu.
  • Interval dua menit di antara set diperbolehkan.
  • Di set ketiga, perubahan pemain berakhir ketika kubu yang memimpin mencapai 11 poin.

Tunggal

  • Pada awal mula pertandingan (kedudukan masih 0-0) dan ketika pebulutangkis melakukan servis (server) dan mencetak skor maka kedudukan imbang. Server juga melakukan servis dari kanan sisi lapangan. Ketika server mencatatkan skor yang ganjil, server mengambil servis dari sisi kiri lapangan
  • Jika server memenangi reli, server mendapatkan poin dan kemudian kembali melakukan servis dari sisi lapangan servis alternatif.
  • jika penerima servis memenangi reli, ia mendapat poin dan menjadi server yang baru. Mereka melakukan servis dari sisi lapangan yang tepat – kiri jika mereka mencatatkan skor yang ganjil, dan kanan jika kedudukan imbang

Ganda

  • Tiap kubu hanya punya satu servis
  • Operan servis secara beruntun kepada pemain seperti yang ditunjukkan diagram
  • Ketika awal pertandingan dan ketika kedudukan sama kuat, server melakukan servis dari sisi kanan lapangan. Ketika kedudukan ganjil, server melakukan servis dari sisi kiri lapangan.
  • Jika tim yang melakukan servis memenangi rally, mereka mendapat poin dan server yang sama melakukan servis lagi dari sisi lapangan alternatif.
  • Jika tim penerima memenangi reli, mereka mendapat poin. Kubu itu menjadi server yang baru
  • Pemain tidak mengubah posisi servis hingga mereka memenangi poin ketika mereka melakukan servis.

Istilah dalam Permainan Bulu Tangkis

Partai adalah sebutan atau istilah dari jenis permainan bulu tangkis, terdiri atas lima partai yang bisa dimainkan dalam permainan bulu tangkis yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Servis, merupakan pukulan awalan atau pertama terhadap kok dari sisi lapangan dan  diarahkan ke lawan dengan menyilang melewati jaring. Jenis servis yaitu servis pendek, servis panjang atau lob, servis mendatar, dan servis cambuk.

Lob atau pukulan lob merupakan pukulan yang bertujuan untuk menerbangkan kok melambung ke belakang setinggi mungkin kearah lawan. Lob ada dua, yaitu overhead lob (dari atas kepada) dan underhead lob (dari bawah kepala).

Forehand (pegangan dasar) yakni cara memegag raket seperti posisi salaman, dan kebalikannya adalah backhand dimana pegangan ini diperoleh dengan memutar seperempat dari forehand.

Smash adalah pukulan overhead yang di arahkan ke daerah lawan secara menukik dan dilakukan dengan kekuatan penuh. Jenis pukulan ini identik sebagai pukulan menyerang, karena bertujuan untuk mematikan lawan. Jenis pukulan ini memiliki karakteristik keras serta laju shuttlecock berjalan cepat. Istilah smash juga ada di permainan volly ataupun tenis.

Dropshot, merupakan pukulan mematikan yang dilepaskan dengan tenaga ringan sehingga bola menukik dalam gerakan mirip jatuh.

Net Drop, bola diarahkan untuk jatuh ke lapangan lawan tepat di dekat net. Biasanya digunakan untuk memulai permainan net. Kebalikan dari net drop adalah net clear.

Semoga bermanfaat

Diolah dari berbagai sumber

Kissparry
editor EswedeWea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.