Kesehatan

Ini Alasan Larangan Anak Kecil (Sehat) Masuk Rumah Sakit

Ketika kita menjenguk orang sakit di rumah sakit (RS) dan mengajak anak kecil tiba-tiba anak kita dilarang ikut masuk komplek rawat inap rumah sakit tersebut oleh Security. Adakalanya kita jengkel, mengapa sih nggak boleh masuk? Padahal yang ingin di jenguk, misalnya kakaknya adik yang sakit.

Begitulah keadaannya, kadang ada orang tua yang tidak terima kalau anak kecilnya tidak boleh masuk rumah sakit, hingga marah-marah atau adu mulut dengan security. Mungkin kita semua kurang mengerti atas alasan apa rumah sakit tidak membolehkan anak kecil sehat (usia kurang 12 tahun) masuk rumah sakit (ruang rawat inap).

Biasanya memang dihentikan di pintu masuk, dan anehnya ketika lolos dari pintu masuk utama, di pintu masuk ruang rawat juga masih ada security yang jaga. Contohnya rumah sakit pusat di Semarang, pengamanan ganda khusus gedung rawat inap anak-anak.

Bahkan Kissparry Wea pernah sempat mengelabuhi petugas agar si-kecil Taufik bisa masuk dengan mengatakan umurnya sudah 14 tahun, namun oleh petugas keamanan rumah sakit nyeletuk bilang, “anak bapak belum berusia 14 tahun”, katanya. Ya, memang baru 14 tahun kurang 5 bulan. Tetapi tetap saja tidak boleh masuk dan akhirnya mengikuti atas larangan dari petugas tersebut.

Wildan2

Dulu larangan masuk untuk anak-anak sehat adalah yang usianya dibawah 14 tahun, tetapi akhir-akhir ini larangan itu berubah menjadi anak dibawah usia 12 tahun. Ada perubahan, mungkin aturannya seperti itu.

Namun sebenarnya alasan rumah sakit tidak membolehkan anak kecil sehat usia di bawah 12 tahun ada beberapa alasan ilmiahnya. Salah satu RS swasta yang menerapkannya yaitu RS Roemani Muhammadiyah Semarang.

Informasi pelarangan bisa ditemukan di dinding pintu masuk, dan juga di ruang tunggu perawatan.

Larangan itu berbunyi:

Mengapa Anak Dibawah 12 Tahun Dilarang Masuk Ruang Opname“.

Sistem Imunitas Belum Sempurna

Anak memiliki sistem imunitas/kekebalan tubuh yang belum sempurna, sehingga berisiko terkena infeksi nosokomial (HAIs = Healthcare Asosiation Infection) yang dapat disebarkan/ditularkan oleh pasien RS.

RS Tempat Berkumpul Orang Sakit

Rumah sakit tempat berkumpulnya orang sakit, sehingga banyak penyakit berbahaya yang sangat mudah ditularkan dari orang sakit ke orang lain disekitarnya.

Bakteri RS Jauh Lebih Ganas

Kuantitas dan kualitas serta ketahanan terhadap antibiotik dari bakteri dan kuman penyakit di rumah sakit menyebabkan bakteri di RS jauh lebih ganas dibandingkan bakteri yang sama ditempat umum lainnya.

Cross Infection

Infeksi nosokomial bersifat Cross Infection yaitu dapat ditularkan dari petugas medis ke pasien, dari pasien ke pasien lainnya, dari pasien ke pengunjung rumah sakit, yang ditularkan melalui kontak langsung atau melalui udara/pernafasan.

Risiko Tertular Infeksi Sepulangnya dari RS

Anak memiliki risiko lebih tinggi tertular infeksi sepulangnya dari rumah sakit (700.000 setiap tahunnya), hasil penelitian University of Iowa College of Medicine.

Waspada untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Lima hal tersebut di atas harus menjadi perhatian bersama berkaitan kunjungan Anda ke rumah sakit bila bersama si kecil. Tidak ada alasan untuk tetap menerobos masuk ke rumah sakit bersama anak kecil yang sehat.

Bagaimana kalau RS tidak menerapkan secara ketat tentang pelarangan anak sehat dibawah 12 tahun masuk ke rumah sakit (ruang rawat inap), tentu kita sendiri yang mestinya mulai menyadari berkaitan dengan kesehatan anak kita sendiri. Sebab, kalau anak kita sakit, kita sendiri juga yang repot.

Oleh sebab itu bagi Ibu/Bapak yang memiliki anak kecil sehat berusia kurang dari 12 tahun, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk mengajak anaknya ke rumah sakit.

Wah… padahal yang akan di jenguk itu adik kecilnya. Baiklah, apabila di rumah tidak ada yang menemani, dan itu mengharuskan ikut serta, mungkin ada surat pernyataan khusus yang dikeluarkan rumah sakit, coba tanyakan.

Memang ada beberapa area rawat inap yang dapat dikatakan aman sehingga kadang ada yang diperbolehkan masuk.

Ketika ada rumah sakit yang membebaskan anak kecil sehat dibawah 12 tahun masuk ke ruang rawat inap, mungkin kelonggaran dari pengelola, dan biasanya tetap ada peringatan tersebut…. Bukankah kalau sakit akhirnya masuk ke rumah sakit juga …… Tidak perlu adu mulut dengan security rumah sakit.

Semoga bermanfaat.

Kissparry
editor Eswede Weanind

Catatan:
Opname = rawat inap
RS = Rumah Sakit

Butuh Sunat, Supit, Khitan, Res di Boyolali dan Sekitarnya (Soloraya) Klik DISINI

Iklan

1 reply »

  1. larangan ini bagus dan baik, tp berlaku utk ruangan ICU, dan ruangan perawatan pasien. lain hal nya kl ruangan inap bersalin, anak dapat membesuk ibunya yg telah melahirkan.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.