Cara Pindah Faskes Online untuk Peserta BPJS dengan JKN Mobile

Kissparry kali ini ingin berbagi tips bagaimana cara pindah FKTP atau Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama BPJS, KIS-JKN yang dilakukan secara mandiri secara daring melalui Aplikasi JKN Mobile. FKTP atau Faskes 1 KIS-JKN BPJS, merupakan istilah yang digunakan untuk periksa medis bagi peserta BPJS KIS-JKN, sedang Faskes Gigi untuk periksa gigi.

Mengapa Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (Faskes 1) perlu dipindah atau diganti? Ketika Anda berpindah alamat atau beraktifitas diluar wilayah Anda, maka sebaiknya FKTP itu dipindahkan ditempat terdekat guna memudahkan Anda periksa kesehatan sebagai peserta KIS-JKN, BPJS.

Kalau tidak di pindah bagaimana? Anda akan jauh dengan Faskes 1 dan Faskes Gigi untuk pemeriksaan rutin berarti jaraknya jauh. Tetapi untuk keadaan Gawat Darurat tetap dapat di layani dimanapun Anda berada selama Rumah Sakit melayani peserta KIS, dan hampir semua rumah sakit di Indonesia melayani peserta KIS, terutama rumah sakit pemerintah.

Pindah Faskes Online

Sekarang ini pemindahan Faskes 1 dan Faskes Gigi tidak perlu datang ke kantor BPJS atau Puskesmas, namun bisa dilakukan sendiri dengan memasang aplikasi JKN Mobile. Bahkan mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan juga bisa dengan aplikasi tersebut. Meskipun baru sebagai usulan, karena masih akan diverifikasi oleh petugas BPJS sebagai pelaksana KIS-JKN, namun semua bisa dilakukan dengan mudah.

Langkah pertama kita adalah menyiapkan aplikasi JKN Mobile di smartphone (HP) kita. Biasa yang dilakuakan adalah melalui Google Play Store atau App Store, tergantung Anda menggunakan sistem operasi (SO) apa di smartphone yang anda pegang saat ini.

Langkah Penting yang Harus Anda Ketahui

  • Anda sudah terdaftar pada KIS-JKN, BPJS
  • Smartphone (HP) Anda telah tersedia aplikasi JKN Mobile
  • Terdaftar pada layanan JKN Mobile
  • Permohonan pindah FKTP secara mandiri melalui JKN Mobile

Sehingga, apabila Anda belum terdaftar maka harus mendaftarkan diri, dengan cara datang langsung ke kantor BPJS setempat atau dengan JKN Mobile ini. Namun dalam hal ini Kissparry tidak akan memandu Anda mendaftar, karena yang kita bahas yaitu bagaimana cara memindahkan FKTP lama Anda ke FKPT baru.

Di sini Kissparry memulai dengan bagaimana cara memasang aplikasi JKN Mobile, dan apabila Anda telah memasang sebelumnya, langkah yang perlu Anda lakukan yaitu LOGIN di aplikasi dan langsung ikuti cara yang tersaji di bagian bawah.

Aplikasi JKN Mobile dapat Anda peroleh secara gratis. Bila Anda menggunakan Android maka Google Play Store, tetapi kalau Apple maka menggunakan App Store.

Singkatan Penting yang Perlu Tahu

KIS itu apa?
KIS kependekan dari Kartu Indonesia Sehat, dalam hal ini merupakan kartu identitas bagi pemiliknya untuk peserta JKN.

JKN itu apa sih?
JKN merupakan kependekan dari Jaminan Kesehatan Nasional,

Kalau BPJS itu apa?
BPJS kependekan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.
Dalam hal BPJS, ada BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Mula-mula ada Kartu Askes (Asuransi Kesehatan), Kartu Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) kedua produk tersebut membayar premi asuransi kesehatan yang dikelola oleh pemerintah atau BPJS.

Penggantian Kartu BPJS menjadi KIS-JKN berlaku mulai 1 Maret 2015, sedangkan penggantian Kartu Askes, Jamsostek, Jamkesmas dilakukan bertahap. Terutama untuk Kartu Askes akhir 2017 baru ada instruksi untuk segera ganti Kartu Askes menjadi Kartu KIS.

Ketika PBJS mengeluarkan produk asuransi BPJS (Kesehatan dan Ketenagakerjaan) dangan Kartu BPJS-nya, dan adanya pengelolaan KIS-JKN dilimpahkan ke BPJS, semua produk BPJS berbentuk Kartu Indonesia Sehat (KIS). Sehingga pemilik KIS ada yang ditanggung pemerintah dan ada yang ditanggung oleh peserta (instansi/perusahaan) dan mandiri.

FKTP itu apa?
FKTP merupakan kependekan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang kemudian di singkat juga dengan Faskes 1, yaitu tempat dimana Anda bisa dilayani untuk keperluan pemeriksaan awal terkait dengan kesehatan Anda yang bekerja sama dan terdaftar pada BPJS KIS-JKN selaku penyelenggara.

Dahulu peserta Askes dan Jamsostek bisa langsung datang ke rumah sakit terdekat ketika akan periksa kesehatan, namun setelah berubah menjadi BPJS kemudian model layanan dengan Faskes 1 dan Faskes Gigi, peserta BPJS tidak bisa langsung ke rumah sakit dan harus melalui Faskes 1 dan atau Faskes Gigi, baru kemudian di rujuk ke rumah sakit.

Contoh Faskes 1 atau Faskes Gigi adalah Puskesmas, Dokter, Klinik.
Dokter yang melayani sebagai Faskes 1 atau Faskes Gigi kemudian di sebut dengan Dokter Keluarga.

Aplikasi yang digunakan menggunakan singkatan yang JKN Mobile dan bukan BPJS Mobile.

Menyiapkan Aplikasi JKN Mobile di HP Android

Di sini hanya akan diterangkan yang SO-nya Android, sehingga Anda seperti biasanya buka saja Google play store.

Caranya jalankan Google play, dan carilah JKN mobile, sudah ketemu, maka akan tampak seperti ini.

JKN mobile instal
JKN Mobile untuk INSTAL (MEMASANG)

Klik INSTAL atau PASANG, dan tunggu hingga proses unduh dan pemasangan aplikasi selesai.

JKN Mobile
JKN Mobile telah terpasang klik BUKA

Aplikasi JKN Mobile telah terbuka dan siap digunakan untuk beberapa kepentingan terkait keikutsertaan JKN – BPJS Kesehatan. Bisa langsung di klik BUKA atau silakan cari ikon.

JKN klik
Ikon JKN Mobile

Mendaftar sebagai Pengguna JKN Mobile

Setelah Anda menyiapkan aplikasi JKN Mobile di HP-Android kita, langkah berikutnya adalah mendaftarkan kepesertaan sebagai peserta BPJS Kesehatan pada JKN Mobile melalui aplikasi yang telah di pasang.

JKN klik
JKN

Gambar (ikon) inilah sarana kita untuk menggunakan aplikasi JKN Mobile, atau Anda tadi telah membuka melalui Google play.

Setelah di klik maka akan muncul seperti ini, ini adalah muncul termasuk untuk login (nantinya)

jkn-hasil-buka-setelah-instal.jpeg
Aplikasi JKN Mobile telah siap digunakan

Karena Anda telah terdaftar sebagai peserta JKN – KIS (BPJS Kesehatan), saat ini silakan klik Pendaftaran Pengguna Mobile.

Setelah itu akan muncul Isian yang perlu dimasukkan ke dalam aplikasi JKN Anda nantinya. Siapkan Kartu BPJS Kesehatan dan KTP-e Anda.

Pengisian formulir ini hanya dilakukan pertama kali saja, hati-hati dalam mengisi.

jkn awal pengguna register
Isian pendataan JKN Mobile Anda

Isilah dengan benar sesuai dengan data diri Anda, kemudian klik Register

  • Nomor Kartu BPJS, jelas
  • Nomor KTP / NIK, jelas
  • Tanggal Lahir, jelas pakai gulung angka
  • Nama Ibu Kandung, jelas
  • Password, buatlah password atau kunci yang akan digunakan untuk masuk ke aplikasi, misal akU2018okE, password bersifat rahasia perhatikan huruf besar dan huruf kecil
  • Konfirmasi Password, buat kembali dengan kunci yang sama diatas, akU2018okE
  • Email, isilah alamat email yang aktif, karena ini juga bisa untuk username
  • Nomor HP, jelas (nomor yang aktif)

bila telah di isi semua maka Klik tombol REGISTER, dan Anda telah berhasil mendaftaran pada JKN Mobile.

LOGIN untuk Mengubah FASKES 

Setelah ini Anda bisa LOGIN (masuk log aplikasi JKN) dengan username dan password.
Username boleh No_Kartu_BPJS dan boleh menggunakan alamat email Anda, sedangkan passwordnya adalah kunci yang telah Anda buat sebelumnya, contoh akU2018okE.

Setelah Anda berhasil memasukkan Username dan Password, maka layar Anda akan muncul seperti ini.

Lanjutan_ubah_Faskes1
Layar Utama JKN Mobile di User-Anda

Untuk mengubah FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) atau Faskes 1 gunakan Menu Ubah Data Peserta, setelah itu akan muncul gambar Kartu BPJS Kesehatan Anda secara elektronik, dan data-data lainnya.

Selain mengubah Faskes juga dapat menggunakan Menu yang lain untuk berbagai keperluan Anda sesuai fasilitas yang disediakan.

Memindah Faskes 1 (Tingkat Pertama) 

Untuk memindahkan Faskes 1 (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama), silakan klik simbol di Faskes 1 yang tampak seperti gambar berikut. Misalnya Anda akan mengganti Faskes 1 dengan Poliklinik/Puslakes (Pusat Layanan Kesehatan) di UNNES.

Maka selanjutnya klik di Faskes 1, kemudian gantilah dengan Klinik UNNES, dengan langkah seperti ini.

Ubah_Faskes1

kemudian akan muncul data lokasi — isilah seperti ini,
Provinsi pilih JAWA TENGAH,
Kota / Kabupaten pilih KOTA SEMARANG

Ubah_faskes1_a

Fasilitas Kesehatan, akan muncul daftar banyak sekali karena se-Kota Semarang — ketik saja pada Nama Faskes dengan UNN (unn) dengan harapan dapat menampilkan nama UNNES disini, seperti contoh dibawah ini

Klinik_UNNES

Silakan, Klinik UNNES Klinik Pratama di klik kemudian silakan di SIMPAN. Dengan demikian permintaan perubahan atau pemindahan FKTP dari semula dr. Kurniati Budiman menjadi Klinik UNNES sudah tersimpan.

Selanjutnya menunggu verifikasi dari petugas, bila berhasil maka Faskes 1 sudah berubah menjadi Klinik UNNES.

Penggunaan Waktu Tertentu

Pemindahan data Faskes dilakukan pada hari dan jam kerja yaitu Senin – Jumat, mulai pukul 08.00 s.d. 14.00 waktu setempat. Bagaimana kalau dilakukan diluar jam kerja, data Anda akan tetap diverifikasi pada hari dan jam kerja.

Memindah Faskes Gigi 

Demikian juga Anda bisa memindahkan Faskes Gigi, apabila Anda menghendaki hal yang sama silakan melakukan perubahan dengan cara yang sama seperti memindah Faskes 1, untuk Faskes Gigi.

Proses pemindahan Faskes sudah selesai. Anda akan memeroleh konfirmasi dari BPJS Kesehatan. Data Anda akan di verifikasi.

Selamat mencoba.

Catatan :

  • Cara-cara tersebut mungkin akan berubah sesuai dengan ketentuan dan kebijakan dari JKN Mobile, oleh sebab itu silakan mengikuti tata cara yang paling benar sesuai apa yang ada di aplikasi JKN Mobile Anda.
  • Berhati-hatilah didalam menggunakan data Anda, termasuk didalam pengoperasian aplikasi JKN
  • Untuk password jangan sampai lupa, dan silakan simpan rapat-rapat agar tidak disalah gunakan orang lain.
  • Logo-logo yang ada merupakan hak cipta dari JKN dan BPJS, kami sifatnya hanya menggunakan
  • Artikel atau tulisan ini sifatnya hanya membantu saja, segala kekeliruan yang mungkin timbul oleh Anda bukan menjadi tanggung jawab penulis dan editor, oleh sebab itu berhati-hatilah.
  • Pemindahan disarankan pada pukul 08.00 s.d. 14.00 waktu setempat.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Oleh EswedeWea (WeanindNews)
Editor Kissparry WN

 

Iklan

9 tanggapan untuk “Cara Pindah Faskes Online untuk Peserta BPJS dengan JKN Mobile”

    1. Dengan sudah terdaftar pada layanan JKN Mobile – saat berada diluar kota misalnya, Kartu BPJS lupa tidak terbawa dan kebetulan ada gangguan kesehatan, maka kita bisa menggunakan Kartu BPJS Elektronik yang ada di JKN Mobile.
      Kartu BPJS-nya mana tunjukkan saja yang ada di JKN Mobile.
      Tidak hanya saat luar kota, saat periksa di Dokter keluarga atau di rumah sakit bisa dengan menunjukkan kartu yang di JKN Mobile.
      Ayo bagi peserta BPJS segera unduh dan pasang aplikasi JKN Mobile di smartphone kita.

      Suka

  1. saya baru saja merubah faskes I via JKN Mobile, tapi setelah pindah faskes I berhasil, Faskes GIGI kok menghilang (tidak tercantum). Padahal saya tidak bermaksud merubah Faskes GIGI. Bagaimana cara memperbaikinya? Mohon info, terimakasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s