Legalisasi Online UNNES Sangat Membantu, Terlebih yang Domisili di Luar Jawa Tengah

Layanan legalisasi ijazah, akta, dan transkrip nilai secara online diluncurkan Universitas Negeri Semarang (UNNES), Jumat (11/12/2015). Dengan layanan ini, alumni UNNES tidak perlu datang ke kampus untuk melegalisasi dokumen akademik, melainkan cukup melalui internet.

Bekerja sama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) dan PT Pos Indonesia, alumni hanya harus melakukan pemesanan secara online dan melakukan pembayaran. Proses legalisasi akan ditangani oleh staf internal. Setelah proses selesai, dokumen akan dikirim melalui pos ke alamat pemohon. Seperti dikutip dari unnes.ac.id.

satulayananUnnes20180711-184608Oke
Satu Layanan UNNES Legalisasi Dokumen (pic. UNNES)

Agar dapat memanfaatkan layanan tersebut, alumni dipersilakan mengakses alamat website http://satulayanan.unnes.ac.id. Alumni yang telah memiliki akun dapat langsung Login dan melakukan pemesanan. Adapun alumni yang belum memiliki akun dipersilakan membuat akun baru.

Kira-kira berapa lama pesanan Anda akan sampai ke tangan Anda? Ini menjadi hal yang penting diperhatikan karena jarak yang jauh. Apabila Anda menghendaki segera atau lekas mendapat dokumen tersebut, sebaiknya Anda langsung pergi ke kampus UNNES.

Ya.. waktu diperkirakan mulai dari Anda membayar di BNI, dengan H2H langsung pembayaran di terima oleh UNNES (kecuali ada gangguan jaringan), hari berikutnya (+1) sudah dicetak oleh petugas untuk dimintakan tanda tangan, hari berikutnya (+1) sampai ke Fakultas (pimpinan legislator ada ditempat), hari berikutnya di paks dan dikirim (+1).

Apabila menunggu ada temannya maka sehari setelahnya (+1) mungkin baru di kirim ke Pos Indonesia. Namun apabila itu bisa sehari atau 2 hari maka proses berlangsung 2 hari bukan 3 atau 4 hari. Perjalanan Pos Indonesia —> ke Pos pusat Jateng hari itu juga di sore hari, tetapi kalau pagi sudah sampai Pos Indonesia maka sore hari langsung ke alamat Anda — maksimal 3 hari.

Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk legalisasi lebih kurang 6 hari, bisa lebih cepat dan bisa juga agak terlambat.

Alur Permintaan Hingga Pengiriman Kembali

Standar alur yang diterapkan oleh Universitas Negeri Semarang (UNNES) adalah seperti dibawah ini.

SatuLayanan_UNNES_alur
Alur Layanan Legalisasi Online Dokumen UNNES

Setelah mengakses layanan.unnes.ac.id dan memilih menu Layanan maka akan muncul menu atau tampilan seperti ini. Layar ini ditujukan untuk Anda memasuki aplikasi layanan Legalisasi Online.

satulayananunnesacid-20180711-19-10-59
Login Satu Layanan UNNES

Setelah berhasil masuk ke aplikasi, silakan mengisi formulir yang disediakan, kemudian silakan unggah dokumen yang dimintakan legalisasi.

Semua selesai, Anda akan memperoleh Kode Bayar untuk membayar di BNI dengan sistem Host to Host (H2H) tanpa menyebut rekening tujuan. Silakan melakukan pembayaran ke BNI bisa melalui channel internet banking, ATM dengan cara Kode Bayar sebagai kode tagihan.

Pembayaran melalui ATM dilakukan dengan alur seperti ini.
Menu Lain –> Pembayaran –> Menu Berikutnya –> Universitas ->> Student Payment Center (SPC)
Masukkan kode Lembaga Pendidikan UNNES yaitu 8016 diikuti dengan Kode Bayar.

Kemudian simpan struk pembayaran Anda sebagai bukti bayar.

Apabila pembayaran melalui internet banking, silakan memilih Menu Transaksi, Pembayaran/Tagihan –> Biaya Pendidikan –> Pembayaran –> pilih Universitas Negeri Semarang –> Kode Tagihan diisikan pada kolom – pilih rekening untuk bayar —> Lanjutkan —> keluar form pembayaran — bayarlah — masukkan kode token dan Bayar — PROSES…

Pesanan Anda akan segera di proses di UNNES — hingga di kirim kepada Anda melalui Pos Indonesia —> Legalisasi sampai kepada Anda.

Sering Ditanyakan Alumni dari Luar Jawa Tengah

Beberapa pertanyaan yang muncul dengan adanya aplikasi online legalisasi dokumen di UNNES adalah seperti tersebut dibawah ini.

Tanya:
Bagaimana lagalisasi saya belum sampai juga di tempat saya atau belum saya terima, statusnya proses terus?

Jawab:
Silakan ditunggu, atau Anda boleh kontak di sekretariat pemroses tanda tangan atau pengiriman di nomor kontak. Dan coba periksa lagi apakah alamat sudah benar tempat Anda domisili.

Tanya:
Berapa lama saya bisa menerima pesanan saya?

Jawab:
Paling cepat dalam 3 hari kerja dan waktu standar yaitu 6 hari kerja, sedang waktu terlama 10 hari kerja. Bila Anda berada di daerah terpencil bisa lebih lama lagi, oleh sebab itu silakan dititipkan ke alamat yang dekat dengan kota. Wah… saya ke kota kecamatan saja berjarak 80 km kalau ke kabupaten bisa 120 km…, ya itu tetap lebih baik Anda mengambil ke alamat yang ada di kota.

Memang benar untuk jarak bisa seperti itu, karena keluarga Kissparry yang di Tenggulang daerah terpencil, kalau akan ke kecamatan harus menempuh 60 km, sedang ke kabupaten sekitar 95 km. Biasanya, surat-surat dititipkan ke kabupaten, meskipun jauh karena sudah terbiasa, padahal ini Sumatera … lha kalau di Kalimantan bagaimana…

Tanya:
Dokumen yang seperti akreditasi institusi dan akreditasi program studi bagaimana, apa juga bisa Online, khan saya tinggal di Palembang, Ogan Komering Ilir Selatan?

Jawab:
Coba, apakah Anda punya kenalan orang terdekat dengan kampus UNNES, kontaklah mereka untuk dapat membantu Anda.
Atau redaksi juga ada yang beralamat di Semarang, mungkin bisa kontak mereka untuk membantunya.

Redaksi Kissparry.com siap membantu mengusahakan legalisasi tersebut, bagi Anda yang berada jauh dari Semarang, apalagi di Palembang plosok sana, yang diluar palembang juga bisa.

Catatan:

Kissparry berpusat di Tenggulang Baru Kimtran Ponpes Darul Hijrah Walfalah (Sungai Lilin/ Babat Supat) Kab. Musi Banyuasin, Prov Sumatera Selatan. Untuk bantuan akan dilayani oleh Kissparry Semarang (silakan search di google Kissparry Semarang).

Tanya:
Saya tinggal di Ungaran Kabupaten Semarang Jawa Tengah, apakah boleh langsung datang ke UNNES untuk legalisasi?

Jawab:
Yang kami tahu boleh, dulu memang pernah tidak boleh, tetapi kebijakan akhir-akhir ini membolehkan Anda datang ke kampus, langsung ke Fakultas.

Semoga bermanfaat.

Kissparry.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s