Perjalanan ke Mahakam Ulu Kaltim dengan Mengarungi Sungai Mahakam Demi untuk Negeri

Tiga orang delegasi dari Universitas Negeri Semarang (UNNES), Eko Setiyono, Tri Tunggal P, dan M. Subiyanto melakukan perjalanan traveling ke Pulau Kalimantan dalam rangka tugas (dinas). Bekerja karena membawa misi khusus untuk kemajuan negeri, sedang rekreasi karena perjalanan yang lama kalau tidak dianggap rekreasi maka lekas bosan.

Kissparry menurunkan berita ini setelah mendapat kabar akan perjalanan tersebut, menarik karena pusat Kissparry juga ada di pelosok Sumatera Selatan. Jalan yang tadinya susah dilalui tahun ini ada kabar bakal di koral, Alhamdulillah senang dengan kabar itu.

Lain halnya dengan ketiga ASN dari UNNES yang salah satunya adalah Tendik dengan tujuan Kalimantan ini, perjalanan benar benar merupakan perjalanan dan perjuangan untuk ikut memajukan negeri ini, perjalanan mereka ke sana adalah menyelenggarakan ujian tulis dan praktik dalam rangka Seleksi Mandiri UNNES yang bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat.

Perjalanan dinas sekaligus perjalanan rekreasi juga petualang yang lengkap, mulai dari naik pesawat terbang kemudian perjalanan darat, lalu perjalanan di air (sungai) dengan kapal.

Peserta dalam delegasi tersebut yang jelas tidak mabuk darat, laut, dan udara, pasti mereka akan menikmati perjalanan dengan riang.

Bandara Ahmad Yani Semarang ke Soekarno Hatta

Perjalanan dari kampus menuju bandara Ahmad Yani Semarang, Jumat 13/7, sampai di Bandara Ahmad Yani Semarang menyiapkan segala sesuatunya termasuk packing barang bawaan.

Ahmad_Yani_berangkat_2018-07-13 at 085355
Situasi di Terminal Keberangkatan (Check in) New Bandara Ahmad Yani Semarang (Dok. Antak Kissparry)

Sampai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta transit sebentar sambil menikmati makan siang, kemudian melanjutkan perjalanan selanjutnya.

Penerbangan kali ini menggunakan jasa penerbangan Garuda Indonesia. Waktu tempuh sekitar 50 menit.

Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Sepinggan Balikpapan

Setelah beberapa saat transit di Soekarno Hatta Jakarta perjalanan udara dilanjutkan dengan penerbangan Garuda Indonesia menuju bandara Sepinggan Balikpapan.

Playing_ground_anak_Soeta_2018-07-14 at 07.54.52
Playing Ground Anak Bandara Soetta Jakarta

Perjalanan udara sore ini cukup cerah, dengan waktu di udara sekitar 2 jam perjalanan dari Soetta ke Sepinggan.

Penerbangan dipilih Garuda Indonesia, dikarenakan pesawat terbang ini terkenal tepat waktu. Ya, waktu meskipun sedikit fleksibel tetapi harus tepat, mengingat rangkaian kegiatan perjalanan yang bakal dijalani.

Balikapapan_brangkat_20180713 at 165344
Salah satu sudut Terminal Kedatangan Bandar Udara Sepinggan Balikpapan Kalimantan Timur

Dari Kota Balikpapan ke Kabupaten Kutai Barat (Kubar) melewati sebagian malam di Kota Samarinda setelah menempuh perjalanan darat sekitar 3 jam, sambil menghirup udara kalimantan di kota ini (Samarinda), ya… tentu sekalian berkeliling kota sambil mempertimbangkan perjalanan ke depan yang akan ditempuh sekitar 10 jam perjalanan darat kemudian dilanjutkan dengan perjalanan air yang sekitar 5 jam mengarungi Sungai Mahakam.

Masjid_Samarinda_Malam_20180713 at 195341
Masjid Kota Samarinda di waktu malam 13/7/2018

Sempat mengabadikan Masjid Kota Samarinda Kalimantan Timur, sambil mekan malam disekitar masjid tersebut.

Perjalanan Traveling Dimulai

Perjalanan darat yang agak panjang segera di mulai dan kemudian akan dilanjutkan dengan perjalanan air yang sangat panjang, tentu harus mempersiapkan diri secara mental dan fisik. Dan yang paling susah adalah selama perjalanan mungkin tidak ketemu sinyal HP yang kuat atau bahkan tidak ada karena melewati hutan belantara.

Perjalanan Darat

Dari Sepinggan Balikpapan ke Pelabuhan di Kutai Barat (Kubar), Pelabuhan Sida, Tering memakan waktu tempuh lebih kurang 13 jam perjalanan darat. Rute yang dilalui antara lain adalah Kota Samarinda, setelah itu melewati banyak sekali hutan Kalimantan.

Perjalanan malam memang beda dengan perjalanan siang, disamping badan sudah lelah, tidak bisa menikmati pemandangan di luar yang dilewati, perjalanan malam biasanya hanya terfokus pada jalanan bukan kanan-kiri jalan.

Bongan-Kutai-Barat-IMG-20180714-WA0016.jpg
Bongan Kutai Barat, Jalan Poros Simpang Resak 2 Bongan, Rumah Makan Jawa

Perjalanan darat kali ini beristirahat di salah satu rumah makan di Bongan, namanya Rumah Makan Jawa, beralamat di Jln Poros Simpang Resak 2 Bongan, untuk santai sekadar minum kopi untuk menghangatkan badan.

Setelah istirahat sejenak, perjalananan dilanjutkan kembali hingga Pelabuhan Sida Kecamatan Tering Kabupaten Kutai Barat (Kubar). Sampai di Pelabuhan Sida Tering Kubar sudah pagi hari hampir habis waktu subuh.

Mengarungi Sungai Mahakam

Mahakam merupakan nama sebuah sungai terbesar di provinsi Kalimantan Timur yang bermuara di Selat Makassar, yang memiliki panjang 980 KM, merupakan sungai terpanjang di Indonesia setelah Sungai Kapuas (1143 KM) yang terletak di Kalimantan Barat.

Perjalanan darat sampai di Pelabuhan Sida, Kecamatan Tering, Kutai Barat memakan waktu yang panjang dengan perkiraan sampai di Tering saat shalat Subuh, dan selanjutnya sarapan pagi.

RM_TokoApung_Sida_Tering_2018-07-14 at 074241
Rumah Makan Apung dan Toko Apung di Pelabuhan Sida Tering Kubar.

Tempat di atas merupakan satu-satunya rumah makan apung dan toko apung di pelabuhan Sida Tering Kubar. Harga-harga disini boleh dibilang relatif terjangkau namun diatas rata-rata di Jawa (alias agak mahal).

Sida Tering_2018-07-14 at 07.42.50
Pelabuhan Seda Kecamatan Tering Kabupaten Kutai Barat (Kubar) Kaltim

Inilah Pelabuhan Sida di Kecamatan Tering Kabupaten Kutai Barat. Pelabuhan ini belum terdata dan masuk di Google Maps, sehingga tidak bisa melukiskan lokasinya di mana didalam peta.

Pelabuhan_Sida Tering_2018-07-14 at 07.42.23 (1)
Pelabuhan Sida Tering Kubar yang ramai (14/7/2018)

Semua barang bawaan dimasukkan ke dalam kapal klothok dengan kapasitas sekitar 20 penumpang. Selama perjalanan akan terjadi minim sinyal handphone atau tidak ada sinyal, maklumlah yang diarungi adalah sungai di tengah hutan Kalimantan, tidak ada BTS yang dibangun di area seperti ini, sebab BTS menggunakan daya listrik.

Salah satu andalan media komunikasi adalah bertelekomunikasi dilakukan dengan HT (Handy Talky) atau WT (Walkie talkie). Itupun juga dengan jangkauan yang terbatas. Namun diantara kapal saling berhubungan satu sama lainnya.

Masukkan_barang_2018-07-14 at 07.42.32 (1)
Memasukkan barang bawaan ke kapal klothok guna melanjutkan perjalanan air 10 jam

Salah satu transportasi andalan warga setempat adalah menggunakan kapal klotok, entah berapa tahun kedepan baru mengandalkan perjalanan darat. Bila ingin menggunakan pesawat terbang perintis juga ada, penerbangan perintis di layani oleh Susi Air.

Bila dari Sida Tering Kubar 07.30 maka akan sampai dipelabuhan setempat sekitar 12.30, dan setelah itu melanjutkan perjalanan darat.

Baca Juga : Bandar Udara di Indonesia mulai dari Bandara Perintis hingga Bandara Internasional

Suasana_dlm_Kapal_2018-07-14 at 08.22.16
Suasana dalam kapal yang akan mengarungi Sungai Mahakam ke arah barat

Informasinya berhenti karena kehabisan sinyal HP, harusnya ada yang pakai Telkomsel yang terkenal dengan sinyal kuat di seluruh negeri. Eh… maaf nggak promosi nih ye…. sebab keluarga Kissparry wajib punya nomor Telkomsel dikarenakan domisili di pelosok-pelosok desa.

Perjalanan air dari Pelabuhan Sida Kecamatan Tering menuju Ujoh Bilang naik kapal klothok ini akan ditempuh dalam waktu 5 jam.

Inilah perjalanan ke pelosok negeri yang dilakoni oleh delegasi UNNES ke Kalimantan Timur di Kabupaten Mahakam Ulu dalam rangka menyelenggarakan Seleksi Mandiri UNNES di tempat tersebut, guna meningkatkan kualitas bangsa di wilayah tersebut. Benar-benar pelosok negeri, tandanya adalah sinyal handphone yang tidak kebagian.

Oleh Kissparry
Editor Kissparry Wea

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s