Camp Bell 2 (mBiloro) Edupark Desa Tawangsari Teras Semakin Banyak Pengunjung

Liburan akhir tahun wahana di Camp Bell 2 yang masyarakat sekitar mengenalnya dengan Mbiloro atau Krambilloro semakin menarik pengunjung untuk berlibur atau menikmati suasana desa sambil bermain, terlebih sampai Desember 2018 pengelola tidak mengenakan tarif masuk alias GRATIS.

Latar belakang di arah barat dua gunung yaitu Merapi dan Merbabu, menambah suasana semakin menyenangkan. Apabila dipagi hari kadang gunung Lawu juga nampak dari tempat ini.

Desa Tawangsari yang berada di sebelah barat Desa Gumukrejo Kecamatan Teras Boyolali yang merupakan salah satu Rest Area Tol (Salatiga-Boyolali-Kartasura), setidaknya menjadikan Camp Bell 2 untuk tempat ampiran (singgah) setelah perjalanan panjang di Jalan Tol Trans Jawa yang baru saja diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Menuju ke Camp Bell 2 Desa Tawangsari Teras, setelah Rest Area Gumukrejo yang dari arah barat Semarang, Salatiga bisa keluar tol di pintu keluar Kartasura, arahkan perjalanan ke barat. Apabila pagar jalan tol belum ditinggikan akan tampak Camp Bell 2 dari area ini.

Saat cuaca cerah, dari rest area Gumukrejo juga akan nampak gunung Merapi – Merbabu seperti gambar dibawah ini, diambil Kissparry saat tol fungsional.

Tol Fungsional Trans Jawa di Tawangsari Teras Boyolali 2018
Disuguhi pemandangan indah gunung menjulang Gunung Merapi dan Merbabu (sekarang tol 23/12/2018 sudah beroperasi), lokasi sebelah barat Rest Area Gumukrejo Teras Boyolali (200 m)

Gambar diatas diambil dari sebelum Rest Area Gumukrejo Teras, ke arah arah barat sekira 200 m, dari tempat ini kearah barat 100-an meter nampak Camp Bell 2 Tawangsari Teras. Namun dikarenakan pepohonan yang meninggi mungkin sulit mengenalnya bagi masyarakat umum kecuali warga setempat.

Parkir (Masih) Gratis

Lokasi parkir mobil tidak muat sehingga pengunjung harus rela parkir disepanjang jalan area Edupark Camp Bell 2, sepanjang jalan inilah oleh warga sekitar sejak dahulu dikenal dengan sebutan Mbiloro.

Mobil parkir rapi menghadap ke selatan, sebelah kanan merupakan lokasi utama Camp Bell 2, kemudian kincir air hidrolik sebagai pemasok air yang diolah menjadi air bersih berada diujung jalan sebelah utara Dukuh Gempol.

Parkir rapi di Camp Bell 2 (Mbiloro) Desa Tawangsari Teras Boyolali

Lokasi Camp Bell 2 (mBiloro) desa Tawangsari berada disebelah selatan Dukuh Ngemplak, pusat pemerintahan Desa Tawangsari juga berada di dukuh tersebut. Di dukuh Ngemplak pula base camp Kissparry Boyolali berada, sedang pusat Kissparry berada di Tenggulang Baru, Babat Supat, Kab. Musi Banyuasin (yang dikabarkan terendam air).

Menurut informasi dari salah satu pengelola Camp Bell 2 taman parkir akan dibuatkan disisi seberang Camp Bell 2 yang akan memuat sekitar 300 kendaraan roda empat, dan atau ratusan motor, hal ini tentu untuk kenyamanan dari pengunjung. Bila sekarang gratis, apabila taman parkir sudah jadi tentu parkir akan dikelola lebih baik lagi, dan berbayar.

Pintu Gerbang Utama Camp Bell 2, Masuk (Masih) Gratis

Begitu masuk pintu gerbang utama, Anda akan menjumpai Gazebo ini, sekadar untuk melepas lelah sebentar.

Sampai informasi ini diturunkan, untuk masuk kawasan Camp Bell 2 tidak dikenai biaya alias GRATIS terutama liburan tahun ini atau hingga 31 Desember 2018, hanya yang akan memanfaatkan Outbound ada paket biaya.

Mulai 1 Januari 2019 pengelola Camp Bell 2 Edupark Desa Tawangsari akan mengenakan tarif masuk yang besarnya tentu sangat terjangkau, mengapa diperlukan tarif masuk, karena ada biaya pengelolaan. Dengan semakin banyaknya pengunjung setidaknya menyisakan sampah yang harus dibersihkan, juga untuk perbaikan dan perawatan sarana dan prasarana.

Salah satu Gazebo di Camp Bell 2 Edupark Desa Tawangsari Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali

Pintu gerbang utama Camp Bell 2 sudah dipercantik alami dari bambu, menambah suasana khas desa.

Pintu gerbang utama

Sebelah selatan dari lokasi utama Camp Bell 2 merupakan hamparan menghijau (menguning) pohon padi dari sawah warga setempat, bisa menambah pemandangan yang sejuk.

Bila saat siang bolong boleh menyiapkan payung, karena beberapa pohon besar (pohon randu) ditepi jalan ditumbangkan untuk pelebaran jalan, yang nantinya bakal diganti pohon-pohon khusus.

Inilah salah satu sudut panjang memanjakan mata memandang hamparan sawah menghijau, kemudian menguning, kemudian para petani memanen padi, menjadikan suasana lain di hati kita.

Gazebo di Camp Bell 2 dengan latar belakang persawahan menghijau

Saat cuaca cerah, dari kawasan Camp Bell 2 nampak anggun gunung Merbabu dan Merapi menghiasi area ini.

Padi menguning dengan latar belakang Gunung Merapi dan Merbabu menambah suasana makin santai (gambar diambil saat padi menguning)

River Tubing di Tawangsari

Selain Camp Bell 2 (Krambilloro) Edupark di Desa Tawangsari juga ada River Tubing yang bisa dijajal oleh pengunjung secara berombongan, namanya River Tubing Wisnu Kencana, namun pada saat waktu tertentu pengunjung dilarang mencoba river tubing terutama saat hujan deras, mengingat area yang digunakan yaitu Kali Pepe.

River Tubing di area Wisnu Kencana Desa Tawangsari Kecamatan Teras Boyolali

Sungai (kali) Pepe pada saat terjadi hujan deras di daerah hulu seperti Ampel, Boyolali, dan Mojosongo dan sekitarnya, maka sungai Pepe akan meluap, memang menantang tetapi berbahaya.

Untuk menjajal River Tubing derasnya Kali Pepe, Anda bisa menghubungi pengelola Camp Bell 2 Edupark.

Outbound di Camp Bell 2 Edupark

Kecuali paket outbound dan river tubing, untuk memasuki kawasan Edupark Camp Bell 2 (mBiloro) hingga Desember 2018 bagi pengunjung tidak dikenai biaya masuk (tiket masuk), bahkan parkir juga gratis.

Outbound di Camp Bell 2 (mBiloro) Edupark Desa Tawangsari Kecamatan Teras Boyolali

Lokasi ini juga cocok untuk acara Family Gathering juga outbound, bagi yang ingin belajar pengolahan sampah dan pengolahan air bisa merujuk ke Camp Bell 2 Edupark Desa Tawangsari Teras Boyolali.

Anak-anak warga setempat bermain di salah satu area outbound dan outing di Camp Bell 2 Edupark Tawangsari
Family Gathering di Camp Bell 2 dan Wisnu Kencana, Desa Tawangsari Kec Teras Kab Boyolali

Kolam Renang dan Kolam Keceh

Yang menarik dari kolam keceh dan kolam renang di Edupark Camp Bell 2 Tawangsari Teras adalah sumber air yang digunakan, berasal dari Kali Pepe yang disalurkan melalui saluran irigasi kemudian ditarik dengan kincir air hidrolik, dan disaring hingga menghasilkan air bersih.

Baling-baling kincir pompa hidrolik di Edupark Campbell 2 Desa Tawangsari

Dipompa secara hidrolik dengan tenaga air, sekaligus penyaluran air ke area utama Edupark. Sepanjang tahun air dari kali Pepe mengalir sehingga kincir hidrolik juga bekerja sepanjang waktu.

Kolam Renang, Kolam Keceh, dan Kolam Pancing di Camp Bell 2 Edupark Tawangsari, Teras, Boyolali

Wahana ini sudah digarap mulai 2015 – 2016 hingga kini, dan seperti dikabarkan sebelumnya, kecuali paket outbound bagi pengunjung tidak ditarik biaya atau GRATIS. Biaya pengelolaan dari mana, disamping dari CSR PT Pertamina dan swadaya masyarakat setempat.

Kabarnya, tiket GRATIS dan parkir juga GRATIS hanya akan diberlakukan hingga 31 Desember 2018, sehingga selama ini GRATIS, termasuk kunjungan Kissparry juga GRATIS, selebihnya tunggu informasinya di kissparry.com.

Sumber:
Kontributor Kissparry di Camp Bell 2 Tawangsari Teras.

Baca Juga :

Editor Kissparry

Kissparry

Fortuga Kissparry, sebuah forum keluarga Kissparry. Blog ini ditujukan untuk dokumentasi dan arsip kegiatan. Namun dikarenakan latar belakang kami yang berbeda, sehingga blog ini sangat berwarna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.