Setelah menampilkan beberapa obyek wisata dari beberapa Kabupaten dan Kota, kali ini Kissparry akan menurunkan informasi obyek wisata di seputar Kabupaten Sragen, masih disertai rute dan kulinernya. Salah satu ikon wisata di Sragen adalah Museum Manusia Purba Sangiran, dan gunung Kemukus.

Sebagian dari waduk Kedung Ombo juga berada di wilayah Sragen, ditambah beberapa obyek wisata di kota kabupaten.

Sragen mulai kami tampilkan karena diantara Tol Trans Jawa melewati sebagian Kabupaten Sragen, disamping itu memang terdapat keluarga Kissparry di Sragen.

Sragen terdapat jalur pintu keluar dan masuk Jalan Tol Trans Jawa, tepatnya di Loket Tol Pungkruk (Sragen – Gemolong), yang setidaknya beberapa obyek wisata yang ada di Sragen dapat menjadi persinggahan pemakai jalan tol setelah berjam-jam berada di jalan tol.

Sekilas tentang Kabupaten Sragen

Sragen adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya terletak di Sragen, sekitar 30 km sebelah timur Kota Surakarta.

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Grobogan di utara, Kabupaten Ngawi (Jawa Timur) di timur, Kabupaten Karanganyar di selatan, serta Kabupaten Boyolali di barat.

Sragen terbagi ke dalam 20 kecamatan, dan terdiri atas 196 Desa dan 12 Kelurahan total desa dan kelurahan ada 208. Desa dipimpin oleh Kepala Desa (Kades) dan Kelurahan dipimpin oleh Lurah.

Peta wilayah Kabupaten Sragen Jawa Tengah (Google Maps), Tol Trans Jawa melewati wilayah Sragen

Ibukota Kabupaten berada di kecamatan Sragen yang berada hampir ditengah-tengah wilayah, dapat memudahkan pembagian zona wilayah obyek wisata di daerah ini.

Sragen juga dilalui sungai Bengawan Solo, merupakan salah satu sungai terpanjang di pulau Jawa, utara Bengawan Solo ada 11 Kecamatan, 116 Desa dan 4 Kelurahan, dan selatan Bengawan Solo ada 9 Kecamatan 80 Desa dan 8 Kelurahan, sebelah selatan tanah relatif lebih subur.

Transportasi dan Akomodasi

Sragen dilewati Jalan Tol Trans Jawa, dan di Pungkruk Sragen (Jalan Raya Sragen – Gemolong) terdapat pintu keluar – masuk tol ke jalur tol Soker (Salatiga – Solo – Kertosono).

Jalan utama Sragen juga merupakan Jalan Raya Solo – Ngawi menuju Surabaya kalau ke barat menuju Semarang atau ke selatan menuju Jogjakarta, jalan utama itu membelah sebagian kota Sragen (karena jalan dibelokkan melingkar di jalur luar kota. Jalan tersebut dilalui bus AKAP Jurusan Surabaya – Solo – Jogjakarta dan sekitarnya dan bus AKDP tentunya.

Di sebelah barat atau wilayah barat Sragen terdapat Jalan Raya utama Solo-Purwodadi yang dilalui bus AKDP jurusan Solo – Purwodadi, maupun AKAP Solo – Purwodadi – Jakarta.

Jalur utama inilah penghubung perjalanan Anda ke wilayah Kabupaten Sragen.

Jalur penghubung di tengah bagian utara diantaranya Jalan Raya Sragen – Gemolong, dari Sragen terhubung di Pungkruk yang merupakan pintu keluar masuk Tol di Sragen. Jalan jalur tengah ini akan bertemu di perempatan Pasar Tanon, ke arah barat menuju Gemolong, lurus menuju Sumber Lawang, kalau ke timur menuju Mondokan.

Jalan penghubung paling timur disebelah utara melalui jalan raya Made – Sambung Macan.

Jalan penghubung di tengah bagian selatan (dari kota Sragen) yaitu melalui Jalan Raya Sragen – Balong, dari sini akan ketemu jalan Ring Road utara dan Jalan Sragen – Kedawung.

Angkutan udara yang melayani Sragen melalui Bandar Udara Adi Soemarmo Solo di Kab. Boyolali (Kec. Ngemplak).

Jalan utama sisi barat (Solo – Purwodadi) akan melalui Kalijambe, Kaliyoso, Gemolong, Sumber Lawang, dan tentu daerah terdekat kearahnya, seperti perempatan Gemolong ke barat menuju Karanggede Boyolali dan ke arah barat seterusnya melalui Tingkir, di daerah Tingkir terdapat pintu keluar masuk Tol Salatiga.

Kissparry tetap akan menampilkan obyek wisata, rute, dan kuliner perwilayah, yaitu wilayah barat, pusat kota, wilayah timur, wilayah selatan, dan wilayah utara, dan akan kami awali dari pusat kota Sragen. Namun Anda tetap memerhatikan dari arah mana memasuki Sragen, jangan langsung ke pusat kota apabila Anda dari Purwodadi akan ke Gunung Kemukus, misalnya.

Akomodasi berkaitan dengan kuliner dan penginapan (tinggal selama di Sragen). Untuk hotel berbintang, karena lokasi berdekatan dengan Kota Solo, maka Anda bisa memilih hotel di Solo.

Hotel di Sragen dengan harga terjangkau, sampai saat ini belum ada hotel bintang 4 atau bintang 5, bila menginginkan itu silakan menginap di kota Solo.

Graha Hotel Sragen (Hotel bintang 3), Jl. WR. Supratman No. 145, Magero, Sragen Tengah, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57211 • (0271) 893699

Graha Hotel Sragen (***),
Jl. WR. Supratman No. 145, Magero, Sragen Tengah, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57211 Telp (0271) 893699

Hotel Sukowati Sragen (*),
Jalan Ring Road Utara, Kebayanan Demakan, Pilangsari, Ngrampal, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57252

Hotel Surya Sukowati (**),
Jalan Raya Sragen – Solo KM. 03, Sidoharjo, Kebayan 2, Jetak, Sidoharjo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 92712•(0271) 8823000

Palma Hotel (**),
Jl. Dr Sutomo, Ring Road Utara Desa Bangak Sine, Gambiran, Sragen Kulon, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57212•(0271) 894119

lanjutkan membaca, laman 2


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.