Berita Utama

Snorkling dan Diving Air Tawar Ada di Umbul Ponggok Klaten, Ayo Dicoba

Biasanya snorkling dam diving berada di laut, namun Kissparry bakal mengabarkan bila di air tawar (daratan) juga bisa melakukannya, ialah umbul atau mata air di Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah, bila ingin melakukan itu. Bedanya kalau di laut ketemunya terumbu karang kalau di umbul ketemunya bebatuan dan jenis lainnya yang disediakan pengelola.

Lokasi pilihan utama untuk snorkeling dan diving di air tawar yaitu Umbul Ponggok yang berada di Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah.

Umbul merupakan sebutan bahasa Jawa dari mata air, sebutan yang lain adalah tuk dengan air yang jernih tanpa penjernihan. Terkumpulnya air di tempat tersebut biasanya disebut sendang, dan kelebihan air kemudian membentuk sungai atau kali.

Snorkling air tawar Umbul Ponggok Klaten (foto bumdes)

Kedalaman dari sendang umbul Ponggok antara 1,5 m hingga 2,6 m dengan lantai diberi pasir dan bebatuan, jadilah air di tempat tersebut jernih sehingga bisa untuk snorkeling dan diving.

Kemudian di tambah lagi dengan ribuan ikan air tawar yang berwarna warni menambah suasana semakin asyik seperti di lautan, bedanya disini tidak ketemu terumbu karang.

Memang ada bedanya di air tawar dengan di lautan, di tempat ini bisa sambil membuka laptop, mengayuh sepeda, bermotor dan lainnya. Diving dan snorkeling di umbul juga tidak takut terbawa arus laut sehingga semakin menyenangkan tanpa khawatir.

Meskipun ribuan ikan warna warni yang membuat seperti berada di laut tetapi di Umbul Ponggok tidak amis karena airnya terus menerus mengalir.

Untuk anak anak juga tersedia kolam yang dangkal, sehingga ketika ke tempat ini bisa bersama buah hatinya yang masih kecil.

Kissparry
Editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.