Badko TPQ Candisari Raker 2019 di Hotel Holiday Inn, Sukses

Badan Koordinasi (Badko) Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah pada hari ini (06/1) melaksanakan Rapat Kerja Tahun 2019 bertempat di Hotel Holiday Inn Express, Jl. Ahmad Yani No. 145 Simpang Lima Semarang.

Dipilih hari Ahad atau Minggu karena mengambil hari libur agar seluruh peserta Raker yang terdiri atas pengurus Badko bisa hadir pada kegiatan yang penting tersebut.

Kegiatan rapat kerja beragendakan evaluasi kegiatan dan program kerja tahun 2018 dan membahas program kerja tahun 2019 Badko TPQ Kecamatan Candisari, diawali dengan lantunan ayat suci Al Qur’an, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian doa bersama.

Peserta Raker yang berjumlah 26 orang tersebut terdiri atas pengurus Badko dan pengurus harian, dipimpin langsung oleh Ketua Badko TPQ Kecamatan Candisari, H. Moch Dimyati, S.Ag.

Dalam sambutannya, H. Moch. Dimyati selaku Ketua Badko TPQ Candisari memaparkan perlunya evaluasi program kerja yang ibarat pepatah ‘semut di seberang lautan kelihatan sedangkan gajah di depan mata tidak tampak’.

Oleh sebab itu mari kita laksanakan evaluasi program kerja 2018 Badko kita sekaligus pembahasan program kerja 2019, tutur ustadz Dim sapaan sehari-hari Ketua Badko TPQ Candisari.

Rakap Kerja Badko TPQ Kecamatan Candisari Kota Semarang di Hotel Holiday Inn Express, 6 Januari 2019, Ketua Badko mengantarkan dan membuka acara

Ayo ber-Badko diniatkan untuk ibadah agar kita lebih semangat melaksanakannya, mengingat potensi pengurus yang dimilikinya sehingga bisa ditularkan untuk anggota lainnya, misalnya ada yang spesial qiroah maksimalkan, dan yang lainnya, ungkapnya lagi, kemudian membuka Raker Badko TPQ Candisari tahun 2019 yang berlangsung baru pertama kali di hotel tersebut.

Evaluasi Kinerja Keuangan

Kinerja keuangan 2018 sudah baik namun perlu diadakan perbaikan-perbaikan di tahun 2019 diantaranya pelaporan keuangan diharapkan dilakukan setiap bulan agar partisipasi anggota (TPQ) tampak, dikarenakan penggalian dana ada yang dari iuran anggota.

Ketua Badko TPQ Kec Candisari menananggapi usulan peserta

Untuk kegiatan sosial di tahun 2018 sudah baik namun kurang maksimal terutama dalam penggalian dana, oleh sebab itu perlu diadakan perbaikan termasuk penyaluran dana sosial, sisa dana sosial diharapkan minimal, dengan dana sisa minimal tampak kegiatan sosialnya.

Evaluasi Program Kegiatan

Kegiatan pertemuan rutin bulanan dapat berlangsung sesuai dengan rencana, berlangsung setiap bulan di TPQ yang telah ditentukan, kegiatan ini penting untuk ajang silaturahmi asatidz.

Workshop asatidz berlangsung sesuai dengan program kerja yang dilaksanakan di Wisma PGRI dengan nara sumber dari pengurus Badko TPQ Jawa Tengah sekaligus penulis buku ajar TPQ.

Untuk meningkatkan kemampuan asatidz kegiatan workshop asatidz diganti dengan LP3Q, mengikuti program kerja Badko Kota Semarang.

Pembuatan kalender melebihi yang direncanakan, namun untuk tahun 2019 harus di cetak lebih banyak lagi, minimal 1000 eksemplar, sehingga bila didistribusikan estimasi masing-masing TPQ minimal 20 eksemplar.

Rihlah asatidz terlaksana di Ponpes Balai Kambang dan program kerja ini tetap dilanjutkan, sedangkan pembuatan seragam terlaksana namun karena ada dua seragam sehingga program kedepan yaitu pembuatan kaos.

Program peningkatan administrasi TPQ untuk membantu TPQ memeroleh izin operasional, saat ini semua TPQ aktif sudah berizin operasional atau 100% TPQ Kecamatan Candisari yang terdaftar di Badko TPQ Kecamatan Candisari telah memiliki izin operasional.

Salah satu peserta memberi tanggapan dan mengajukan usulan pada Raker Badko TPQ Kecamatan Candisari 2019, Ahad 6 Januari 2019 di Hotel Holiday Inn Express Semarang

PHBI tetap dilaksanakan tetapi disesuaikan dengan kebutuhan, apabila tahun lalu dilaksanakan Persami di lapangan asrama TNI AD Mrican untuk tahun ini kegiatannya menyesuaikan dengan kebutuhan.

Try out Ujian Bersama Badko Kota yang dilaksanakan oleh Badko TPQ Kecamatan Candisari tetap dilaksanakan namun dengan perbaikan materi yang disesuaikan dengan kegiatan ujian yang dilaksanakan Badko Kota.

Pembahasan kurikulum TPQ dilaksanakan sesuai kebutuhan dan tuntutan dengan memasukkan materi tentang kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Cofee Break dan Makan Siang

Sebelum pembahasan evaluasi dan rencana program kerja, peserta diberi kesempatan untuk melakukan cofee break atau rehat, pada kesempatan rehat peserta sambil berdiskusi.

Cofee break atau rehat pada Raker Badko TPQ Kecamatan Candisari Kota Semarang Ahad 6 Januari 2019 di Hotel Holiday Inn Express Semarang Ahmad Yani.

Kegiatan Raker 2019 di Hotel Holiday Inn Express Semarang Ahmad Yani ditutup dengan makan siang dan ramah tamah.

Raker 2019 Sukses

Penyelenggaraan Raker Badko TPQ Candisari berlangsung sukses, meskipun banyak evaluasi juga masukan terhadap program-program kerja yang telah dilaksanakan oleh pengurus di tahun 2019 juga rancangannya, namun penyelenggaraannya berlangsung sukses, tidak ada program dan kegiatan yang tidak ada kata sepakat, semua peserta sepakat dengan aklamasi.

Raker sukses diharapkan program kerja 2019 yang akan dilaksanakan Badko TPQ Kecamatan Candisari Kota Semarang juga terlaksana dengan lancar dan sukses, kemudian untuk masing-masing program kegiatan dibentuk pula penanggung jawab kegiatan.

Untuk program-program strategis jangka panjang akan dibentuk pengurus atau badan otonom khusus yang menangani kegiatan tersebut.

Rapat Kerja Badko juga menyepakati jadwal dan tempat pertemuan rutin bulanan juga penanggung jawab kegiatan, untuk mengetahui jadwal pertemuan dan penanggung jawab kegiatan silakan klik disini (atau tersedia dibawah)

Kenakan Seragam Baru Badko TPQ Kota Semarang

Peserta raker kali ini sedikit berbeda terhadap seragam yang dikenakannya, bukan mengenakan seragam Badko TPQ Kecamatan tetapi mengenakan seragam batik dari Badko TPQ Kota Semarang.

Foto bareng kelompok ustadzah selepas Raker 2019 Badko TPQ Candisari di Hotel Holiday Inn Express Semarang dengan mengenakan seragam baru Badko TPQ Kota Semarang
Foto bersama kelompok ustadz selepas Raker 2019 Badko TPQ Candisari
di Hotel Holiday Inn Express Semarang dengan mengenakan seragam baru Badko TPQ Kota Semarang

Meskipun seragam ini tidak gratis tetapi semua asatidz TPQ di Badko TPQ Candisari wajib memiliki, hal itu disampaikan di acara lain-lain selepas acara inti Raker, dengan cara mendaftarkan pada gelombang kedua melalui Korlap atau petugas yang ditunjuk.

Silakan di link berikut ini untuk mengetahui Jadwal Pertemuan Badko bulanan dan Penanggung jawab kegiatan beserta estimasi waktu Badko TPQ Candisari 2019

EsewedeWea
Editor Kissparry

Baca Juga : 59 TPQ terdaftar di Badko TPQ Kecamatan Candisari

Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.