4G Telkomsel Menjangkau di Daerah Terpencil, Tenggulang Baru

Tenggulang Baru, sebagai pusat dari kegiatan Fortuga Kissparry (kissparry.com) mengabarkan berita baik. Informasi itu, bahwa Tenggulang Baru saat ini untuk jaringan Telkomsel sudah 4G.

Sinyal itu saya tangkap ketika saya bertandang ke sekretariat utama Kissparry, tidak lain tempat tinggal saya sendiri di Tenggulang Baru, sementara saya sehari-hari berada di Sekayu karena terkait tugas pekerjaan sehari-hari.

Sudah sepantasnya kami warga Tenggulang Baru dan sekitarnya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah melalui Telkomsel yang telah meningkatkan sarana komunikasi di daerah kami, Tenggulang Baru.

Kehadiran jaringan komunikasi 4G membuat kegairahan baru dalam berkomunikasi di wilayah ini, dan tentu komunikasi semakin lancar, yang biasanya terkadang sinyal tidak muncul, sampai-sampai saya diguyoni “kalau beli HP sama sinyalnya“.

Dengan kehadiran jaringan 4G Telkomsel di daerah ini sudah terjawab guyonan tersebut.

Baca Juga : Aliran Listrik PLN Membuat Tenggulang Baru Lebih Bersinar

Setelah setahun lalu (awal 2018 akhir 2017) jaringan listrik penerangan desa juga masuk ke Tenggulang Baru, sekarang (awal tahun 2019) giliran jaringan telekomunikasi 4G Telkomsel juga masuk.

Jaringan 4G Telkomsel di Tenggulang Baru

Kehadiran 4G Telkomsel pun perlu disyukuri dan beserta itu juga perlu perhatian, mengingat lokasi ini merupakan Trans Pesantren.

Baca Juga : Ayo Kita Dukung Pengerasan Jalan Poros Sumber Jaya Hingga Tenggulang Baru

4G itu Apa sih?

Mungkin ada yang bertanya seperti itu, baik, 4 G itu orang juga bilang Fourth G, sedangkan G sendiri disini merupakan kependekan atau istilah Generation atau Generasi, sehingga lengkapnya Fourth Generation atau Generasi ke-4, sebab angka 4-nya sendiri merupakan tingkatan.

Berarti ada generasi sebelumnya dalam dunia telekomunikasi itu, ya…, mungkin juga telah mengenal ini, adanya 1G, 2G (GSM/EDGE), 3G (UMTS/HSPA), dan 4G (LTE).

Dan sekarang ditambah lagi LTE atau Long Term Evolution atau muncul generasi 4G LTE (Fourth Generation Long Term Evolution) sebuah generasi telekomunikasi terbaru.

Dimana 1G merupakan sistem generasi awal yang menggunakan analog yang dapat ditemukan pada perangkat radio, sementara 2G menggunakan sistem digital.

Ya… dulu pasti kita mengenal radio handy talky (sekarang perangkat ini juga masih ada), juga interkom, tapi interkom sudah jarang banget.

Berdasar standar teknologi informasi dan komunikasi. Jaringan 4G, diyakini memberikan banyak fitur dan nilai tambah daripada 3G.

Selain memiliki semua fasilitas 3G, transmisi data 4G diyakini mempunyai standar kecepatan transmisi berkisar antara 100 Mbps–1 Gbps. Percakapan, internet, chatting, jejaring, permainan, video atau apa pun fitur yang ada di dalamnya dapat dinikmati lebih baik dari 3G.

Dalam hal demikian jaringan 4G untuk percakapan disertai video atau yang dikenal video call bakal lebih jelas, karena akses internet lebih cepat banget, termasuk TV streaming, apalagi bermain games (tapi harap menjadi perhatian)

Markas Kissparry (kissparry.com) UPT 5 Air Tenggulang Musi Banyuasin (Muba) Sumsel

Ganti HP Fasilitas 4G

Jaringan 4G LTE harus disertai HP dengan fasilitas yang sama, yakni bisa 4G atau 4G LTE, karena tanpa handphone yang memiliki kapasitas tersebut tentu daya tankapnya sama saja.

Oleh karena itu, apabila sudah tersedia jaringan 4G atau 4G LTE sebaiknya HP juga menyesuaikan, agar bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia.

Bukan cuma itu, untuk kartu yang belum 4G perlu migrasi atau pindah ke 4G dengan cara mendatangi gerai Telkomsel, kalau tidak berangkat sendiri bisa titip saudara, teman, atau tetangga yang pergi ke kota.

Bila Anda titip kartu Telkomsel untuk di migrasi ke 4G jangan lupa bersama KTP, seperti waktu itu Kissparry memindahkan kartunya Weanind, KTP dibawa.

Jalan Masuk ke Desa

Setelah listrik masuk desa, jaringan 4G masuk desa, sekarang akses jalan yang masih memprihatinkan, harus pakai mobil 4×4, mobil biasa saat hujan pasti tidak berani masuk kampung. Kalau tidak pakai jalan darat jalan yang lain lewat sungai pakai kethek atau speedboad, sudah banyak yang meninggalkan harus memakan waktu lama.

Jalan masuk ke kampung Air Tenggulang melalui kabupaten yang berbeda, ini yang perlu ekstra keras kerjasama dengan kabupaten sebelah. Sehingga meskipun jalan kampung tetapi jalan antar kabupaten, atau ditangani oleh Pemprov.

Ayo warga Tenggulang kita dukung pengerasan jalan yang akan dilakukan pemerintah terhadap kampung kita.

Baca: Ayo Kita Dukung Pengerasan Jalan Poros Sumber Jaya Hingga Tenggulang Baru

Wassalam

by LikKasjo, — Air Tenggulang —
Editor EswedeWea

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.