Lanjut ke konten

Wisata Tokyo Jepang dan Sekitarnya di Negeri Matahari – Negeri Sakura

Ketika Kissparry Semarang (Weanind) buka blog kissparry.com, tiba-tiba muncul Japan Airlines, iklannya sedikit menggoda hingga harus membuka lebih rinci webnya.

Tadinya buka pakai bahasa Jepang, Kenji hurufnya, yang aku sendiri tidak mudeng, kemudian pindah dengan bahasa Inggris sedikit-sedikit ngerti lah, eh… ternyata ada versi bahasa Indonesia-nya, jadi mudah eksplor-nya.

Terus terang Kissparry lebih banyak mencuplik dengan sedikit mengembangkan informasi dari laman tersebut. Kontributor Kissparry di Australia pernah berkunjung ke Okinawa dan sekitarnya Jepang, semoga bisa menambah warna tulisan ini.

Jepang 2019.03.29

Julukan untuk negara Jepang yaitu Negeri Matahari atau Negeri Sakura. Disebut Negeri Sakura karena di Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki bunga Sakura yang terkenal, sedangkan disebut Negeri Matahari karena mayoritas masyarakat Jepang beragama Shinto dengan menyembah matahari.

Peta Wisata Tokyo Jepang dan sekitarnya (dok. id.JAL)

Di pulau kecil ini banyak sekali obyek wisata yang ditawarkan di Negeri Sakura yang juga dikenal sebagai Negera Matahari Terbit, yaitu Jepang yang beribukota di Tokyo, kebetulan contoh peta yang tampil.


Baca juga :


Sekilas tentang Jepang

Sebagai orang Indonesia, nama Jepang sepertinya sudah tidak begitu asing lagi. Sejak sekolah tingkat dasar di Indonesia sudah mengerti sedikit tentang negara ini.

Jepang, orang tua kita dahulu bilangnya Nippon, merupakan negara yang berada di ujung barat Samudra Pasifik. Jepang masuk kawasan Asia Timur gugusan Benua Asia dengan 6852 pulau (wikipedia), sehingga Jepang merupakan negara kepulauan seperti Indonesia.

Pulau terbesar di Jepang yaitu Honshu (lihat peta), untuk deretan pulau besar dari utara ke selatan Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Bahkan kawasan itu merupakan 97% daratan yang bergunung-gunung, dan mayoritas tempat tinggal penduduk setempat.

Dan menurut metologi tradisional, Jepang telah ada sejak tahun 7 SM (Sebelum Masehi), jadi sudah lama banget, makanya negara Jepang termasuk negara maju, bidang Permesinan, Telekomunikasi, dan Robotika.

Gunung tertinggi di Jepang yaitu Gunung Fujiyama atau dikenal dengan Gunung Fuji, setinggi 3.776 mdpl ini dikelilingi 5 danau, yaitu KawaguchiYamanakaSaiMotosu, dan Shoji, sehingga Gunung Fuji merupakan salah satu tujuan wisata menarik di Tokyo. Letak Fuji berada di perbatasan dengan Tokyo Raya.

Tokyo Raya merupakan sebuah Kota Metropolitan terbesar di dunia, yang menawarkan sensasi tersendiri bila Anda berkunjung kesini.

Kota Tokyo Jepang – Jembatan kota – (istimewa travelf)

4 (Empat) Musim di Jepang

Kita perlu mengenal iklim di Jepang yang komplit, bila di Indonesia iklim tropis dengan dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan ini, bedanya dengan Jepang ada 4 musim, ini gambaran orang Indonesia yang akan ke Jepang. Seperti halnya kontributor Kissparry saat ke Jepang yang dikunjungi adalah Okinawa dibelahan selatan.

Jepang berada di kawasan beriklim sedang dengan pembagian empat musim yang jelas. Walaupun demikian, terdapat perbedaan iklim yang mencolok antara wilayah bagian utara dan wilayah bagian selatan.

Pada musim dingin, Jepang bagian utara seperti Hokkaido mengalami musim salju, namun sebaliknya wilayah Jepang bagian selatan beriklim subtropis. Iklim juga dipengaruhi tiupan angin musim yang bertiup dari benua Asia ke Lautan Pasifik pada musim dingin, dan sebaliknya pada musim panas.

Iklim Jepang terbagi atas enam zona iklim:

  • Hokkaido: Kawasan paling utara beriklim sedang dengan musim dingin yang panjang dan membekukan, serta musim panas yang sejuk. Presipitasi tidak besar, namun salju banyak turun ketika musim dingin.
  • Laut Jepang: Di pantai barat Pulau Honshu, tiupan angin dari barat laut membawa salju yang sangat lebat. Pada musim panas, kawasan ini lebih sejuk dibandingkan kawasan Pasifik. Walaupun demikian, suhu di kawasan ini kadangkala dapat menjadi sangat tinggi akibat fenomena angin fohn.
  • Dataran Tinggi Tengah: Wilayah ini beriklim pedalaman dengan perbedaan suhu rata-rata musim panas-musim dingin yang sangat mencolok. Perbedaan suhu antara malam hari dan siang hari juga sangat mencolok.
  • Laut Pedalaman Seto: Barisan pegunungan di wilayah Chugoku dan Shikoku menghalangi jalur tiupan angin musim, sehingga kawasan ini sepanjang tahun beriklim sedang.
  • Samudra Pasifik: Kawasan pesisir bagian timur Jepang mengalami musim dingin yang sangat dingin, namun tidak banyak turun salju. Sebaliknya, musim panas menjadi begitu lembap akibat tiupan angin musim dari tenggara.
  • Kepulauan Ryukyu: Kepulauan di barat daya Jepang termasuk Kepulauan Ryukyu beriklim subtropis, hangat sewaktu musim dingin dan suhu yang tinggi sepanjang musim panas. Presipitasi sangat tinggi, terutama selama musim hujan. Taifun sangat sering terjadi.

Suhu tertinggi yang pernah tercatat di Jepang adalah 40,9 °C (105,6 °F) pada 16 Agustus 2007, dikutip dari wikipedia.

Musim hujan dimulai lebih awal di Okinawa, yakni sejak awal Mei. Garis depan musim hujan bergerak ke utara, namun berakhir di Jepang utara sebelum mencapai Hokkaido. Di sebagian besar wilayah Honshu, awal musim hujan dimulai pertengahan Juni dan berlangsung selama enam minggu. Taifun sering terjadi sepanjang September dan Oktober.

70% wilayah daratan Jepang merupakan pegunungan, bahkan gunung tertinggi di Jepang gunung Fujiyama atau yang lebih dikenal dengan nama Gunung Fuji merupakan gunung berapi yang masih aktif. Uniknya gunung ini sering diselimuti salju.

Wisatawan yang datang ke Jepang terutama dari wisatawan mancanegara sangat banyak jumlahnya, di tahun 2017 saja berkisar 28,3 juta orang, sementara di Indonesia waktu itu tercatat hanya sekitar 1,52 juta orang. Oleh sebab itulah mulai Januari ini akan dikenakan pajak masuk melalui operator transportasi di Jepang setiap kepulangan keberangkatan dikenai tarif pajak 1000 yen atau sekitar Rp 130.000,-.

Menurut informasi yang Weanind dapatkan, bahwa pendapatan pajak pariwisata itu sepenuhnya untuk meningkatkan kenyamanan di obyek-obyek wisata sehingga saat berkunjung ke Jepang semakin betah, meskipun saat ini di Jepang sudah sangat nyaman sebagai tempat untuk dikunjungi.

Di Jepang untuk menjumpai tempat sampah agak sulit dibandingkan menjumpai toilet, dan ingat masyarakat Jepang tidak dibiasakan membuang sampah sembarangan, terlebih ditempat wisata.


Baca Juga (artikel kiriman kontributor Kissparry di Australia yang pernah mengunjungi Jepang) :
Toilet Di Jepang Diurus Sangat Serius, Persiapan Berlibur ke Jepang

Papua Kawasan Timur Indonesia Terkenal karena Ini

lanjutkan membaca, laman 2, Wisata Tokyo


Eswede Weanind Lihat Semua

Saya bertempat tinggal di Kota Semarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: