Hiburan dan Wisata

Wisata Tokyo Jepang dan Sekitarnya 2019 di Negeri Matahari – Negeri Sakura

Ketika Kissparry Semarang (Weanind) buka blog kissparry.com, tiba-tiba muncul Japan Airlines, iklannya sedikit menggoda hingga harus membuka lebih rinci webnya, ternyata tempat wisatanya bagus.

Tadinya buka pakai bahasa Jepang, Kenji hurufnya, yang aku sendiri tidak mudeng, kemudian pindah dengan bahasa Inggris sedikit-sedikit ngerti lah, eh… ternyata ada versi bahasa Indonesia-nya, jadi mudah eksplor-nya.

Terus terang Kissparry lebih banyak mencuplik dengan sedikit mengembangkan informasi dari laman tersebut. Kontributor Kissparry di Australia pernah berkunjung ke Okinawa dan sekitarnya Jepang, semoga bisa menambah warna tulisan ini.

Jepang 2019.03.29

Julukan untuk negara Jepang yaitu Negeri Matahari atau Negeri Sakura. Disebut Negeri Sakura karena di Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki bunga Sakura yang terkenal, sedangkan disebut Negeri Matahari karena mayoritas masyarakat Jepang beragama Shinto dengan menyembah matahari.

Peta Wisata Tokyo Jepang dan sekitarnya (dok. id.JAL)

Di pulau kecil ini banyak sekali obyek wisata yang ditawarkan di Negeri Sakura yang juga dikenal sebagai Negera Matahari Terbit, yaitu Jepang yang beribukota di Tokyo, kebetulan contoh peta yang tampil.


Baca juga :


Sekilas tentang Jepang

Sebagai orang Indonesia, nama Jepang sepertinya sudah tidak begitu asing lagi. Sejak sekolah tingkat dasar di Indonesia sudah mengerti sedikit tentang negara ini.

Jepang, orang tua kita dahulu bilangnya Nippon, merupakan negara yang berada di ujung barat Samudra Pasifik. Jepang masuk kawasan Asia Timur gugusan Benua Asia dengan 6852 pulau (wikipedia), sehingga Jepang merupakan negara kepulauan seperti Indonesia.

Pulau terbesar di Jepang yaitu Honshu (lihat peta), untuk deretan pulau besar dari utara ke selatan Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Bahkan kawasan itu merupakan 97% daratan yang bergunung-gunung, dan mayoritas tempat tinggal penduduk setempat.

Dan menurut metologi tradisional, Jepang telah ada sejak tahun 7 SM (Sebelum Masehi), jadi sudah lama banget, makanya negara Jepang termasuk negara maju, bidang Permesinan, Telekomunikasi, dan Robotika.

Gunung tertinggi di Jepang yaitu Gunung Fujiyama atau dikenal dengan Gunung Fuji, setinggi 3.776 mdpl ini dikelilingi 5 danau, yaitu KawaguchiYamanakaSaiMotosu, dan Shoji, sehingga Gunung Fuji merupakan salah satu tujuan wisata menarik di Tokyo. Letak Fuji berada di perbatasan dengan Tokyo Raya.

Tokyo Raya merupakan sebuah Kota Metropolitan terbesar di dunia, yang menawarkan sensasi tersendiri bila Anda berkunjung kesini.

Kota Tokyo Jepang – Jembatan kota – (istimewa travelf)

4 (Empat) Musim di Jepang

Kita perlu mengenal iklim di Jepang yang komplit, bila di Indonesia iklim tropis dengan dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan ini, bedanya dengan Jepang ada 4 musim, ini gambaran orang Indonesia yang akan ke Jepang. Seperti halnya kontributor Kissparry saat ke Jepang yang dikunjungi adalah Okinawa dibelahan selatan.

Jepang berada di kawasan beriklim sedang dengan pembagian empat musim yang jelas. Walaupun demikian, terdapat perbedaan iklim yang mencolok antara wilayah bagian utara dan wilayah bagian selatan.

Pada musim dingin, Jepang bagian utara seperti Hokkaido mengalami musim salju, namun sebaliknya wilayah Jepang bagian selatan beriklim subtropis. Iklim juga dipengaruhi tiupan angin musim yang bertiup dari benua Asia ke Lautan Pasifik pada musim dingin, dan sebaliknya pada musim panas.

Iklim Jepang terbagi atas enam zona iklim:

  • Hokkaido: Kawasan paling utara beriklim sedang dengan musim dingin yang panjang dan membekukan, serta musim panas yang sejuk. Presipitasi tidak besar, namun salju banyak turun ketika musim dingin.
  • Laut Jepang: Di pantai barat Pulau Honshu, tiupan angin dari barat laut membawa salju yang sangat lebat. Pada musim panas, kawasan ini lebih sejuk dibandingkan kawasan Pasifik. Walaupun demikian, suhu di kawasan ini kadangkala dapat menjadi sangat tinggi akibat fenomena angin fohn.
  • Dataran Tinggi Tengah: Wilayah ini beriklim pedalaman dengan perbedaan suhu rata-rata musim panas-musim dingin yang sangat mencolok. Perbedaan suhu antara malam hari dan siang hari juga sangat mencolok.
  • Laut Pedalaman Seto: Barisan pegunungan di wilayah Chugoku dan Shikoku menghalangi jalur tiupan angin musim, sehingga kawasan ini sepanjang tahun beriklim sedang.
  • Samudra Pasifik: Kawasan pesisir bagian timur Jepang mengalami musim dingin yang sangat dingin, namun tidak banyak turun salju. Sebaliknya, musim panas menjadi begitu lembap akibat tiupan angin musim dari tenggara.
  • Kepulauan Ryukyu: Kepulauan di barat daya Jepang termasuk Kepulauan Ryukyu beriklim subtropis, hangat sewaktu musim dingin dan suhu yang tinggi sepanjang musim panas. Presipitasi sangat tinggi, terutama selama musim hujan. Taifun sangat sering terjadi.

Suhu tertinggi yang pernah tercatat di Jepang adalah 40,9 °C (105,6 °F) pada 16 Agustus 2007, dikutip dari wikipedia.

Musim hujan dimulai lebih awal di Okinawa, yakni sejak awal Mei. Garis depan musim hujan bergerak ke utara, namun berakhir di Jepang utara sebelum mencapai Hokkaido. Di sebagian besar wilayah Honshu, awal musim hujan dimulai pertengahan Juni dan berlangsung selama enam minggu. Taifun sering terjadi sepanjang September dan Oktober.

70% wilayah daratan Jepang merupakan pegunungan, bahkan gunung tertinggi di Jepang gunung Fujiyama atau yang lebih dikenal dengan nama Gunung Fuji merupakan gunung berapi yang masih aktif. Uniknya gunung ini sering diselimuti salju.

Wisatawan yang datang ke Jepang terutama dari wisatawan mancanegara sangat banyak jumlahnya, di tahun 2017 saja berkisar 28,3 juta orang, sementara di Indonesia waktu itu tercatat hanya sekitar 1,52 juta orang. Oleh sebab itulah mulai Januari ini akan dikenakan pajak masuk melalui operator transportasi di Jepang setiap kepulangan keberangkatan dikenai tarif pajak 1000 yen atau sekitar Rp 130.000,-.

Menurut informasi yang Weanind dapatkan, bahwa pendapatan pajak pariwisata itu sepenuhnya untuk meningkatkan kenyamanan di obyek-obyek wisata sehingga saat berkunjung ke Jepang semakin betah, meskipun saat ini di Jepang sudah sangat nyaman sebagai tempat untuk dikunjungi.

Di Jepang untuk menjumpai tempat sampah agak sulit dibandingkan menjumpai toilet, dan ingat masyarakat Jepang tidak dibiasakan membuang sampah sembarangan, terlebih ditempat wisata.


Baca Juga (artikel kiriman kontributor Kissparry di Australia yang pernah mengunjungi Jepang) :
Toilet Di Jepang Diurus Sangat Serius, Persiapan Berlibur ke Jepang

Papua Kawasan Timur Indonesia Terkenal karena Ini


Wisata di Tokyo Jepang

Kota Raya Tokyo merupakan kota metropolitan terbesar di dunia, di Kota Tokyo banyak sekali obyek wisata yang menarik, diantaranya adalah 1) Tokyo Tower, 2) Tokyo Skytree, 3) Ghibli Museum, 4) Ogasawara Islands, 5)
Akihabara Electric Town, 6) Roppongi Hills, 7) Sumida River Fireworks Festival, 8) Roppongi Hills Keyakizaka Galaxy Illumination, 9) Ueno Onshi Park, 10) Chidorigafuchi Walkway.

Kissparry hanya akan membahas satu atau dua obyek wisata yang berada di Tokyo Raya yaitu Tokyo Skytree yang merupakan salah satu landmark dari Tokyo kemudian Ueno Onshi Park, atau tambah satu lagi Ogaswara Islands. Hal ini mengingat kalau kita melihat peta di pulau terbesar ini berderet obyek wisata.

Tokyo Skytree Landmark Tokyo

Salah satu landmark Tokyo yaitu Tokyo Skytree, menara ini merupakan menara yang menjulang tinggi di Tokyo dengan ketinggian 632 m berarti tingginya diatas Menara Tokyo.

Sebelum Skytree menara ini dinamakan New Tokyo Tower, tujuan pembangunannya merupakan menara telekomunikasi untuk siaran pengganti dari Tokyo Tower, Tokyo Skytree terletak di 1 Chome-1-2 Oshiage, Sumida, Tokyo 131-0045, Jepang.

Menjadi catatan untuk pembaca yang merencanakan hendak pergi ke Jepang, bahwa kebanyakan paket tour ke Tokyo tidak menyertakan kunjungan ke Tokyo Skytree dan harus biaya sendiri.

Tokyo Skytree Tower (pic.kkday) latar belakang Gunung Fuji, Tokyo Jepang

Menara dengan tinggi 632 meter yang mulai dibuka/digunakan 2012 ini merupakan menara tertinggi di Jepang, sekaligus menjadi menara tertinggi di dunia sejak 2011, melampaui Menara Canton di Guangzhou, dan merupakan struktur tertinggi nomor dua di dunia setelah Burj Khalifa (829,84 m) di Dubai Uni Emirat Arab.

Tokyo Skyetree Tower (live Japan)

Salah satu dari fungsi utama menara ini untuk merelai sinyal siaran radio dan televisi. Fasilitas yang ada di Menara Tokyo (tinggi 333 m) tidak cukup tinggi untuk menyiarkan televisi terestrial digital karena dikelilingi oleh banyak bangunan-bangunan tinggi di Tokyo dan sekitarnya.

Proyek pembangunan menara ini selesai pada 29 Februari 2012, dan dibuka untuk umum pada 22 Mei 2012. Pembangunannya sendiri diawali sekitar 6 Oktober 2007.

Di dalam menara, terdapat ruang observatorium tempat Anda dapat memandangi seluruh penjuru Tokyo dan dilengkapi pula dengan restoran serta toko-toko yang menawarkan aneka oleh-oleh, seperti dikutip dari livejapan.

Bila dibandingkan dengan Tokyo Tower dengan tinggi 150 m, yang fungsinya hampir sama dengan New Tokyo Tower (Tokyo Skyetree), maka keberadaan tower pemancar baru ini untuk menggantikan fungsi Tokyo Tower, sehingga dibangun dengan ketinggian diatas 600 m atau 4 kali lipat tingginya dari Tokyo Tower.

Ketinggian observatorium Tembo Deck adalah 350 meter, sementara Tembo Galleria adalah 450 meter. Jauhnya pemandangan yang dapat dilihat berbeda tergantung cuaca dan kondisi. Namun saat hari cerah, Anda dapat melihat sejauh sekitar 75 kilometer dari Tembo Galleria dan memandang kebesaran Gunung Fuji.

Selain itu, kami juga merekomendasikan Anda untuk melihat lanskap kota Tokyo yang berbalut warna merah jingga di waktu senja dan pemandangan di malam hari.

Tembo Galleria at Tokyo Skytree – Tokyo Japan

Bila bisa berjalan-jalan di Tembo Galleria yang merupakan koridor spiral berlapis kaca, mungkin nikmat sekali rasanya berjalan diketinggian 450 m di udara.

Sementara dulu waktu Kissparry Weanind ke Kuala Lumpur juga menaiki Menara Kuala Lumpur (KL Tower) 420 m, menara telekomunikasi yang ada di kota tersebut merupakan menara tertinggi di dunia nomor 6, dan yang menarik karena waktu itu digunakan untuk terjun bebas (berparasut tentunya).

Sorakara Point di Titik Tertinggi

Sorakara Point yang berada di ketinggian 452,1 meter adalah titik tertinggi yang dapat dicapai. Di tempat tersebut, Anda dapat merasakan trik efek ruangan yang telah disiapkan.

Efek oleh cahaya dan kaca membuat Anda merasa seolah berada di ruang yang meluas dengan ajaib, seperti sedang mengambang di udara, dan dapat merasakan bulatnya bumi.

Sorakara Point di Tokyo Skytree Tower – Tokyo Jepang

Apabila Anda pergi ke Tokyo jangan lupa berkunjung ke Tokyo Skytree. Ditempat ini juga ada resto, tetapi harga makan di Jepang dibanding dengan Indonesia, harganya lebih mahal di Jepang, anggaran makan buat di Jepang antara Rp 100.000,- sampai Rp 150.000,- setiap sekali makan, dan mungkin lebih mahal lagi ketika ditempat yang khusus (Seperti di Tokyo Skytree). Kissparry katakan mahal bila dibanding di Indonesia, berarti anggaran makan di Jepang cukup tinggi, ya… makan dan transportasi.

Ueno Onshi Park

Taman ini dipenuhi pohon bunga Sakura yang sangat terkenal di Jepang dan menjadi tujuan wisata utama di Jepang, terlebih saat berbunga di bulan April – Mei, taman Ueno Onshi sibuk sekali hilir mudik para pelancong, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing berkunjung ke tempat ini.

Taman Ueno Onshi di Jepang (doc. goodlucktripjapan)

Taman Ueno adalah taman umum yang berada di kawasan Ueno, distrik Taito-ku, Tokyo, Jepang, tepatnya 5-20 Uenokoen, Taitō, Tokyo 110-0007, Jepang. Nama resminya adalah Taman Ueno Pemberian Kaisar. Taman seluas sekitar 530 ribu meter persegi ini (sekitar 54 ha) dikelola Dinas Pekerjaan Umum Tokyo. Di sebelah selatan taman terdapat kolam luas bernama Kolam Shinobazu, seperti dikutip dari wikipedia.

Ueno Cherry Blossom Festival

Paling menarik diantara jadwal kunjungan di Ueno Park yaitu Ueno Cherry Blossom Festival yang diselenggarakan tiap tahun. Waktu yang digunakan yaitu sewaktu mekarnya bunga Sakura di komplek obyek ini.

Fertival ini biasanya diselenggarakan antara bulan Maret hingga bulan April, karena bulan-bulan inilah tanaman bunga Sakura berbunga lebat dan tentu sangat menarik untuk dinikmati.

Bahkan tradisi masyarakat Jepang, mereka berkelompok menikmati indahnya bunga Sakura. Tradisi menikmati mekarnya bunga Sakura ini namanya Hamani.

Tradisi Hanami – Menikmati mekarnya bunga Sakura – Jepang – Taman Ueno (dok. maniswedding)

Bunga Sakura merupakan bunga khas Jepang, sehingga setiap perjalanan wisata ke Negeri Matahari tersebut, biasanya tempat ini tidak ketinggalan sebagai wahana rekreasi untuk para pendatang.

Akses Transportasi Umum

Untuk sampai ke Ueno Onshi Park, akses transportasi umum yang digunakan adalah stasiun Ueno, dengan naik kereta api.

Sudah saya tulis diatas bahwa transportasi dan makan di Jepang diperlukan dana ekstra karena tergolong mahal, maka salah satu transportasi yang murah adalah transportasi massal, kereta api.

Gunung Fuji

Rencana Kissparry tidak akan menampilkan obyek wisata Gunung Fuji, namun karena membaca banyak artikel tentang Jepang, terutama paket wisata ke Tokyo yang sering menyertakan wisata alam dan bermain salju di Fuji, akhirnya Fuji bakal kita eksplor juga.

Mengapa? Gunung Fujiyama atau Puncak Fuji yang tingginya hanya 3.376 mdpl (meter dari permukaan laut) ini salah satu gunung yang diselimuti salju, dan juga gunung ini termasuk gunung api yang masih aktif. Letusan terakhir gunung Fuji tercatat pada tahun 1707 (16 Desember 1707).

Pemandangan Alam Gunung Fuji Jepang (doc. japan-diary)
Gunung Fujiyama Jepang (kiriman kontributor Kissparry Australia yang sedang berlibur di Jepang 2019-04-11 144206 – Kissparry)

Baca Juga :
Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia, Lokasi, dan Rute Pendakian


Puncak Fuji dengan tinggi 3.776 m ketinggian gunung ini hampir sama dengan gunung Rinjani di Lombok (3726 mdpl) dan dibawah gunung Kerinci (puncak Indrapura – 3.805 mdpl) di kawasan pegunungan Kerinci Jambi, Sumatera Barat. Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia.

Disekitar Fuji inilah kita dapat bermain salju, yang merupakan tantangan tersendiri buat pecinta alam. Oleh sebab itu paket wisata ke Tokyo tidak melupakan obyek wisata ini.

Gunung tertinggi di Jepang, Gunung Fujiyama atau dikenal dengan Gunung Fuji, dikelilingi 5 danau, yaitu Danau Kawaguchi, Danau Yamanaka, Danau Sai, Danau Motosu, dan Danau Shoji.

Danau di sekitar Gunung Fuji (doc. tour-japan)

Gunung ini sering digunakan untuk pendakian oleh para pecinta olahraga yang satu ini, dan sesuai catatan pertama kali didaki pada tahun 663 M. Meskipun tinggi gunung hanya 3776 mdpl sedikit lebih tinggi dari gunung Rinjani di Lombok, karena gunung Fuji bersalju, maka peralatan mendaki juga disesuaikan dengan kondisi tersebut.

Banyak sekali obyek wisata di sekitar Gunung Fuji, yang unik ini, dengan kunikan itu Gunung Fuji tercatat sebagai situs peninggalan dunia yang dilindungi.

Akses Menuju Gunung Fuji

Kereta shinkansen adalah pilihan transportasi paling praktis untuk menuju Gunung Fuji dari Tokyo dan Osaka. Anda dapat pergi ke Gunung Fuji tanpa perlu transit atau ganti kereta jika naik salah satu dari kereta shinkansen Tokaido Line.

Namun, di antaranya hanya kereta shinkansen Kodama saja yang berhenti di stasiun terdekat dari Gunung Fuji, yaitu Stasiun Shin-Fuji. Anda perlu naik bus dari Stasiun Shin-Fuji menuju ke titik awal rute pendakian, bila ingin mendaki.

Biaya naik kereta shinkansen Kodama dari Stasiun Tokyo ke Stasiun Shin-Fuji adalah 5.070 yen (waktu perjalanan 1 jam 10 menit). Jika naik dari Stasiun Shin-Osaka ke Stasiun Shin-Fuji, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar 11.340 yen (waktu perjalanan 2 jam 50 menit). Harga ini tentu dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi terkini.

Apabila Anda ikut rombongan perjalanan wisata, tentang transportasi tidak perlu dirisaukan lagi semua menjadi tanggung jawab penyelenggara perjalanan wisata Anda.

Kami segera kembali

Diolah dari berbagai sumber by WeanindNews
Editor Kissparry — segera kembali

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.