Agenda Galeri Nusantara PATRI Pendidikan Renungan - Kajian

Gerakan Nasional Transmigrasi Zaman Now, Perekat Bangsa

Renungan Kader PATRI kali ini berkenaan dengan perlunya GERAKAN TRANSMIGRASI di zaman sekarang yang perlu di gelorakan kembali, mengingat ini salah satu media perekat bangsa.

Melalui Munas IV nanti semangat itu perlu ditunjukkan untuk mendukung pemerintah menggerakkan kembali gerakan transmigrasi. Dan berikut ini catatan kecil penyemangat dan bahan renungan menjelang Munas tersebut dari Hasprabu (Sekjen DPP PATRI).


GERAKAN TRANSMIGRASI,
Lantangkan Pekikmu

Alhamdulillah, pada tanggal 16 Februari 2019 ini PATRI kita telah memasuki usia 15 tahun. Walaupun sederhana, Acara HUT 2019 terlaksana potong tumpeng istimewa. Mengapa istimewa? Karena disaksikan oleh para sesepuh kita, PWT (Persatuan Wredatama Transmigrasi) pada saat Rapat Selosonan di Jakarta (19.02.2019). Para pinisepuh PWT adalah orang tua kita juga.

Insya Allah 12-14 Maret 2019 ini kita MUNAS IV. MUNAS menjelang PEMILU (Pilpres dan Pileg) ini juga istimewa. Karena tahun 2019 ini adalah tahun politik. Tahun suksesi nasional. Tentu banyak kepentingan diseputaran peristiwa itu. Semoga teman-teman utusan DPD PATRI seluruh Indonesia dapat mengambil manfaat dari realita ini.

Sebagai tahun puncaknya politik, tahun 2019 saat ini siklus suksesi nasional 5 tahunan menemukan titik didihnya. Mesin-mesin partai politik dan jejaringnya sedang tancap gas melaju kencang, untuk meraih posisi kekuasaan.

PATRI secara kelembagaan adalah komunitas independen. Tetapi insan-insan kader PATRI yang ada di dalamnya mempunyai hak dan kewajiban sebagai insan politik. Hak memilih dan dipilih. Hal ini sangat bisa dimengerti.

Karena secara realitas jumlah warga PATRI dari berbagai unsur dan simpatisan sangat signifikan, yaitu lebih 40 juta jiwa. Sehingga sangat layak jika mereka mempunyai hak, turut menentukan nasib bangsanya. Termasuk nasib masa depan Gerakan Nasional Trasmigrasi.

Untuk dapat menjadi komunitas yang diperhitungkan, maka mau tidak mau anak keturunan transmigran yang tergabung dalam PATRI harus berbenah diri. Berbenah luar dalam. Dari dalam, kader PATRI tidak boleh gamang, salah langkah, mati langkah atau ragu dalam melangkah.

Sejarah telah membuktikan, keberhasilan orang tua kita dulu dicapai dengan jerih payah luar biasa. Selama 15 tahun PATRI sudah cukup belajar, bagaimana mensiasati permasalahan. Dan itu menjadi bekal untuk menapak masa depan, bagai menapak jalan berbukit yang selalu terjal.

Masalah internal kita lainnya, kaderisasi. Kaderisasi adalah nyawa keberlanjutan organisasi. Walaupun tiap tahun dilahirkan intelektual dari kalangan warga transmigran, tapi mereka belum semuanya tahu atau bersinggungan dengan persoalan Transmigrasi.

Termasuk, bagaimana genetis filosofis transmigrasi dan 6 (enam) nilai kepatrian diwariskan. Pentingnya kaderisasi ini harus disadari oleh seluruh komponen pengurus PATRI disemua lini, agar eksistensi organisasi tetap lestari.


Baca juga :


Dari luar, persoalan yang menggelayuti saudara dan orang tua kita warga transmigran tidak kunjung usai. Masalah yang paling krusial adalah status dan kepastian kepemilikan lahan. Demikian pula, dengan adanya konflik yang bersumber kecemburuan sosial, selalu menjadi rongrongan didaerah tujuan transmigrasi. Karena itu, dalam MUNAS IV nanti kita harus bersama-sama memikirkan solusi yang terbaik.

Transmigrasi masa depan bukan lagi sekedar proyek pemindahan, tetapi sebagai gerakan perekat bangsa. Saatnya Transmigrasi bertransformasi secara substansial. Menjadi Gerakan Transmigrasi Zaman NOW.

Ya, NOW. Sekarang.

X.bata, 01/03/2019 @hasprabu


X.bata, 01/03/2019 by @hasprabu

Diunggah: Lik Kasjo (Sekayu Musi Banyuasin)
Editor: Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.