Berita Utama

Surat Cinta dari PLN itu Datang Lebih Awal, Tidak Perlu Menunggu

Mungkin ini berita terbaru, tetapi kita sudah tahu yang beredar di media sosial yang ramai sekali tentang kapan batas bayar listrik, ada tanggal 5, ada yang tanggal 15.

Yang penting bayar lebih awal saja sesuai dengan petunjuk PLN agar tidak dikenakan biaya tambahan denda keterlambatan Rp 3000 untuk voltase 450 dan 900 atau Rp 5000 untuk voltase 1300 atau lebih. Adakah denda lebih dari itu, belum tahu karena pelanggan dengan voltase tinggi bayar tepat sekitar tanggal 15.

Tiang Listrik orang Jawa bilang pal listrik

Sekarang bukan biaya denda tetapi pemutusan, kata surat tersebut. Untuk itu ayo coba kita lihat suratnya seperti apa, yang bikin heboh dibanyak tempat terkait pembayaran listrik itu.

Surat Cinta dari PLN

Tetangga saya pada tanggal 15 Februari lalu dapat surat cinta dari kantor PLN (pemberitahuan tagihan), dan tetangga saya kagetnya bukan main, ya.. baru tanggal 15 kok dapat surat yang isinya harap membayar listrik sebelum tanggal 20, kalau tidak diputus, listrikku, katanya.

Hal itu diberitahukan dan sampai kepada saya, maklumlah tempat saya khan PPOB (payment point online bank), jadi kalau memberitahu itu pertanda baik, maksudnya berita baik untuk disebarkan kepada yang lainnya. Agar bayar listriknya tidak terlambat.

Bahkan hari ini sudah ada yang mengirim pesan lewat WhatsApp (WA), menanyakan pembayaran sekarang terakhir tanggal 5 ya….., saya jawab saja lebih awal lebih baik, kalau pastinya tetap tanggal 20 tetapi lepas dari itu mungkin ada petugas PLN yang datang.

Inilah surat cinta dari PLN yang boleh Anda baca.

Surat Cinta dari PLN tentang Pemberitahuan Tagihan Listrik (Nomor 8 – ULP Semarang Tengah)

Ayo kita pahami bersama isi surat ini.

  • yang dapat surat ini, mungkin sering bayar listrik terlambat (hanya mungkin lho… ya…), atau lebih dari tanggal 20 tiap bulannya.
  • disini tertera tagihan listrik bulan sampai bulan, ini berarti dibuat sudah secara online melalui sistem
  • surat dicetak tanggal 11 dengan tanda tangan stempel basah dan cap basah, serta tambahan keterangan [BERALIH KE TOKEN atau Ganti PRABAYAR], ini artinya pemantauan dilakukan terus menerus.
  • bunyi keterangan nomor 2 (dua), Agar terhindar dari pemutusan aliran listrik, kami berharap agar tagihan di atas segera dilunasi. Batas akhir pembayaran listrik adalah tanggal 20 setiap bulannya & hari libur transaksi masih bisa dilakukan pada Loket-loket PPOB Online. Memang benar sekarang tidak ada alasan lagi loket bayar listrik tutup, berbeda dengan zaman dahulu untuk antri bayar bisa seharian.
  • yang paling menakutkan pada point 3 (tiga), apabila tidak dibayar sampai tanggal 20 aliran listrik akan diputus.
  • Pengamanan surat, Mohon abaikan pemberitahuan ini jika Saudara telah melunasi pembayaran sampai bulan ini. Dan inilah yang seringkali bacanya tidak seksama. Mengapa ini ditulis, karena surat dibikin tanggal 11 yang lalu. Tapi petugas tagih PLN itu pakai ilmunya orang Jawa yaitu ilmu titen, sehingga boleh jadi surat disebar acak atau sudah disortir berdasar ilmu titen tadi.
  • Pemberitahuan tanggal bayar tidak kena denda masih bias, apakah selepas tanggal 15 dikenai denda….. ya… kita tunggu saja nanti…. berita dari PPOB Wea Prima.

Saran Bayar, Tanggal 1 – 15 tiap Bulan

Inilah saran yang disampaikan oleh kantor PLN terdekat, jadi bukan tanggal 5 setiap bulan atau tanggal 15 setiap bulannya, hal ini dikarenakan masyarakat pelanggan PLN itu kadang tidak memerhatikan tanggal, kadang ya sudahlah didenda sedikit tidak apa-apa. Akhirnya, berdasarkan surat diatas PLN membuat kebijakan tidak denda tetapi diputus.

BAYARLAH LISTRIK TANGGAL 1-15 SETIAP BULANNYA
PASTI NYAMAN SEMUA SENANG

PLN Memberi Pilihan Lain

Apabila tidak mau membayar lebih awal, pilihan lain adalah memakai token prabayar. Akhirnya kita sendiri yang disuruh memilih, akan tetap menggunakan paska bayar (memakai dulu terangnya listrik, baru bayar kemudian) atau pra bayar (membayar dahulu baru bisa menyalakan listrik).

Jika disuruh memilih,
Jangan Menunggu Surat Cinta dari PLN

Berita yang terbaru bagi pelanggan PLN 900 VA ada penurunan tarif menjadi Rp 1.300,- /kWh dari semula Rp 1.352,- /kWh…

by Iin Weanind
Editor Kissparry

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.