Beda Antara Universitas Negeri Semarang dan Universitas Semarang, Jawa Tengah

Terkadang masyarakat umum masih ada yang menyamakan antara Universitas Negeri Semarang dengan Universitas Semarang, seperti halnya menyamakan Universitas Diponegoro atau Universitas Negeri Diponegoro.

Sahabat Kissparry, kita harus ketahui bahwa nama itu hampir sama tetapi berbeda, ketika berhadapan dengan Universitas Negeri Semarang dan Universitas Semarang, memang hampir serupa dengan Universitas Diponegoro yang tidak memakai nama Universitas Negeri Diponegoro, inilah sebuah nama. Kata orang tua kuna, nama itu japa, itu kalau nama orang.

Bahkan ada institusi atau lembaga pendidikan yang masih salah menyebutnya Universitas Negeri Semarang disebut Universitas Semarang. Tidak perlu dikatakan kebangeten tetapi itulah fakta dilapangan, yang perlu penyelesaian melalui sosialisasi.

Gerbang utama (barat) UNNES diwaktu malam (dok Eswedewea 20190323)

Oleh sebab itulah maka Kissparry perlu sedikit berbagi mengenai perbedaan ini kepada masyarakat umum tentang Universitas Negeri Semarang dan Universitas Semarang.

Baca Juga : Makna Sabar dalam Falsafah Budaya Jawa (Sabarnya Hati Jawi)

Akronim

Universitas Negeri Semarang dengan akronim yang disematkan adalah UNNES, cara menuliskan huruf besar semua UNNES bukan huruf besar kecil Unnes. Sedangkan Universitas Semarang dengan akronim USM huruf besar semua bukan huruf besar kecil Usm.

Ditilik dari akronim atau kependekan katanya saja sudah berbeda, perbedaan ini memang harus diketahui masyarakat umum, yang acapkali menganggapnya sama padahal beda.

Ya…, ketika menilik singkatan kedua perguruan tinggi ini memang jelas, tetapi saat tidak disingkat yang membuat kadang sedikit terkecoh.

Eks IKIP (LPTK) Berubah Nama Menjadi Universitas Negeri

Perguruan tinggi LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) Eks IKIP semua dinamakan dengan Universitas Negeri, kecuali IKIP Bandung menjadi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Bali.

Daftar LPTK (Eks IKIP) di Indonesia

  1. Universitas Negeri Medan (Unimed) di Medan, Sumatera Utara
  2. Universitas Negeri Padang (UNP) di Padang, Sumatera Barat
  3. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) di Jakarta, DKI Jakarta
  4. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI Bandung di Bandung, Jawa Barat
  5. Universitas Negeri Semarang (UNNES) di Semarang, Jawa Tengah
  6. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di Yogyakarta, di DI Yogyakarta
  7. Universitas Negeri Surabaya (UNESA) di Surabaya, Jawa Timur
  8. Universitas Negeri Malang (UNM) di Malang, Jawa Timur
  9. Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) di Singaraja, Bali
  10. Universitas Negeri Gorontalo (UNG) di Gorontalo, Gorontalo
  11. Universitas Negeri Manado (Unima) di Manado, Sulawesi Utara
  12. Universitas Negeri Makassar (UNM) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Baca Juga : Merenungi Sikap Hati Orang Jawa – BUDI LUHUR

Legalitas Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang disingkat UNNES merupakan perguruan tinggi negeri di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah, dibawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (sekarang). Merupakan perubahan bentuk dari IKIP Semarang.

Kampus UNNES terletak di Banaran, Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, kodepos 50229, dan terkenal dengan Kampus UNNES Sekaran Gunungpati Semarang.

Informasi dibawah ini kissparry sadur dari laman unnes.ac.id, bahwa IKIP Semarang yang kelak menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES) berkedudukan di Kota Semarang.

Periode 1965-1999:
Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang

IKIP Yogyakarta Cabang Semarang berkembang dengan pesat. Agar perkembangannya lebih terarah pada masa mendatang, Menteri PTIP menerbitkan Keputusan Menteri PTIP No. 40 tahun 1965 tanggal 8 Maret 1965, yang menetapkan IKIP Yogyakarta Cabang Semarang menjadi IKIP Semarang. Pada periode  ini IKIP Semarang terdiri dari enam fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Sastra dan Seni, dan Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta, dan Fakultas Keguruan Teknik.

Selanjutnya berdirinya IKIP Semarang itu diperkuat dengan Keputusan Presiden No. 271 tahun 1965 tanggal 14 September 1965.

Melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 042/O/77 tanggal 22 Februari 1977 program pendidikan guru olahraga kembali lagi ke dalam induknya dalam wadah baru yang disebut Fakultas Keguruan Ilmu Keolahragaan (FKIK).

Berdasarkan Keputusan Presiden No. 52/1982, IKIP Semarang memiliki enam fakultas yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, dan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan.

Baca Juga : SNMPTN, UTBK, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri, 3 Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru PTN Indonesia

Periode 1999-sekarang:
Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Dengan terbitnya Keputusan Presiden Nomor 124 tahun 1999 tentang perubahan IKIP Semarang, Bandung dan Medan menjadi universitas, IKIP Semarang berganti nama menjadi Universitas Negeri Semarang yang disingkat UNNES.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 278/O/1999 tentang organisasi dan tata kerja Unnes dan No. 255/O/2000 tengang statuta Unnes, nama-nama fakultas di lingkungan UNNES adalah: Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan Program Pascasarjana.

Berdasarkan surat izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 1850/D/T/2006, tanggal 6 Juni 2006 dan Surat Keputusan Rektor Unnes nomor 59/O/2006 tanggal 8 Juni 2006, berdirilah Fakultas Ekonomi (Swadaya) yang diresmikan pada tanggal 29 Juni 2006 oleh Rektor UNNES.

Berdasarkan surat izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi 3840/D/T/2007, tanggal 10 Oktober 2007 maka dibentuklah Fakultas Hukum Unnes yang diresmikan oleh Rektor UNNES pada tanggal 14 Desember 2007. Dengan berdirinya dua fakultas baru tersebut, maka saat ini UNNES mengelola delapan fakultas dan satu  pascasarjana.

Dies Natalis UNNES pada tanggal 30 Maret, menggunakan tahun berdirinya IKIP Semarang, 30 Maret 1965.

Legalitas Universitas Semarang

Universitas Semarang disingkat USM, merupakan perguruan tinggi swasta di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah yang dikelola oleh Yayasan Alumni Universitas Diponegoro. Beralamat di Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 59160

USM merupakan perubahan bentuk dari Politeknik Semarang, pada tahun 1994, melalui persetujuan dari Mendikbud RI dengan Surat Keputusan No. 160/D/O/1993 tanggal 23 Nopember 1993, yang menyatakan adanya perubahan dari Politeknik Semarang menjadi Universitas Semarang, seperti dikutip dari wikipedia.

Lengkapnya Keputusan Mendikbud tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Mengubah bentuk Politeknik Semarang menjadi Universitas Semarang (USM) yang diselenggarakan oleh Yayasan Alumni UNDIP.
  2. Politeknik Semarang dinyatakan ditutup.
  3. Perubahan nama menyangkut penyempurnaan antara nama : Universitas, Fakultas, Jurusan dan Program Studi Universitas Semarang.

Keputusan Mendikbud tersebut diikuti pula oleh turunnya Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi No. 638/DIKTI/KEP/1993 yang memberikan status Terdaftar pada fakultas dan program studi yang ada di Universitas Semarang (USM).

Universitas Semarang (USM) [foto usm]

Berdasarkan proses berdirinya Universitas Semarang (USM), maka disepakati bahwa Dies Natalis Universitas Semarang menggunakan tanggal lahir Politeknik Semarang, yaitu 23 Juni 1987.

Memang Beda

Sehingga, Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan Universitas Semarang (USM) memang berbeda, dari sisi pengelolaan, status perguruan tinggi.

Berdirinya UNNES pada tanggal 30 Maret 1965, sedangkan berdirinya USM pada tanggal 23 Juni 1987.

Suatu waktu saya ditanya seseorang, “bapak ngasto teng pundi”, saya jawab “wonten Universitas Negeri Semarang, bu. Ibu ini tanya lagi “sakniki Atmodirono sampun pindah sedanten nggih pak”, tanyanya. “Nggih bu, tapi niku Universitas Semarang, USM, kulo engkang UNNES rumiyin IKIP Semarang, sakniki wonten Sekaran Gunungpati”, saya jawab.

“Nggih… nggih… ngapunten pak….., lha sakniki kampus ngandap dados hotel nggih…”, ibu ini menimpali, dan ngobrolnya masih banyak lagi. “Nggih bu…. hotel UTC, kaleh sakmeniko sisih nduwur dipanggeni Pascasarjana sing waune wonten Sampangan, kalih percetakan UNNES”

Inilah sekelumit perbedaan Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan Universitas Semarang (USM), dan semoga bermanfaat.

Fakultas dan Pascasarjana UNNES

Universitas Negeri Semarang (UNNES) memiliki 8 (delapan) fakultas dan 1 (satu) program Pascasarjana. Kampus UNNES ada di 5 tempat yang saling terintegrasi, yaitu 1) kampus UNNES Sekaran Gunungpati Kota Semarang, 2) kampus UNNES PGSD Ngaliyan Kota Semarang, 3) kampus UNNES Kemandungan Kota Tegal, dan 4) kampus UNNES Pascasarjana Kelud Utara Gajahmungkur Kota Semarang, dan 5) kampus UNNES PPG Bendan ngisor Gajahmungkur Kota Semarang.

Kedelapan fakultas di UNNES yiatu

  • Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), komplek Gedung A Sekaran (belahan timur), kampus PGSD Ngaliyan Semarang, dan PGSD Tegal
  • Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), komplek Gedung B Sekaran (belahan barat), kampus Sewakul (teater, sendratasik)
  • Fakultas Ilmu Sosial (FIS), komplek Gedung C Sekaran (belahan timur)
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), komplek Gedung D Sekaran
  • Fakultas Teknik (FT), komplek Gedung E Sekaran (belahan timur)
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), komplek Gedung F Sekaran (belahan timur)
  • Fakultas Ekonomi (FE), komplek Gedung L Sekaran (belahan timur)
  • Fakultas Hukum (FH), komplek Gedung K Sekaran (belahan timur)
  • Sekolah Pascasarjana, komplek Hotel ITC Kelud Raya (Kelud Utara III), Petompon Gajahmungkur Kota Semarang

Gedung I, G dimana? Gedung G merupakan kantor Rektorat juga dikenal gedung Rektorat, sedangkan gedung I merupakan gedung IT masih dalam komplek Rektorat. Di komplek Rektorat disamping gedung Rektorat terdapat Gedung Prof. Wuryanto Auditorium, Gedung IT, dan Gedung Pusat Arsip.

Pintu masuk UNNES terdapat duo bangunan kembar yaitu Gedung Prof. Satmoko, ditempati Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3) dan Gedung Prof. Retno Sriningsih Satmoko ditempati Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

Gedung Rumah Ilmu Universitas Negeri Semarang, dari sisi kanan (dok. library.Unnes.Ac.Id)

UNNES memiliki gedung baru, bernama Gedung Rumah Ilmu, mungkin kalau disingkat menjadi Gedung RI, gedung ini ditempati perpustakaan terpadu. (update).

Update Info

Baru-baru ini (13/9/2019) tamu kunjungan kerja dari Universitas Udayana (Unud) Denpasar Bali, mereka juga salah pesan mobil online ke Universitas Semarang atau USM karena tidak menambahkan Negeri pada nama, sehingga mobil melaju ke USM.

Saat ditanya bagian resepsionis UNNES, kata salah satu perwakilan dari tamu tersebut sudah sampai di lokasi kampus universitas, tetapi setelah dirunut ternyata sampainya di USM bukan di UNNES.

Jadilah ger-geran dan perjumpaan mereka terlambat setengah jam lebih. Ini hampir sama saat hendak ke bandara Ahmad Yani di Semarang, jika tidak menambahkan kata New Bandara Ahmad Yani maka akan dihantar ke terminal lama kalibanteng, tetapi saat ini driver sudah pada paham sehingga jika ketemu penumpang yang seperti ini disuruh memesan kembali, dengan menambahkan New.

Salam.

oleh Eswede Weanind
editor Suwarno Wardana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.