Agama

Rangkaian Acara Ramadhan Ceria 2019 Badko Kecamatan Candisari Suskes Digelar

Bertempat di Balai Kecamatan Candisari, Ramadhan Ceria 2019 yang diselenggarakan Badko TPQ Kecamatan Candisari Sabtu (18/5) berlangsung sukses.

Sejumlah 300 santri meramaikan acara Ramadhan Ceria disingkat RC yang diselenggarakan Badko TPQ Kecamatan Candisari, Kota Semarang hari ini (Sabtu 18/5) berlangsung sejak sore 16.00 dan berakhir hingga malam sekitar pukul 21.40, dengan rangkaian acara yang sangat padat, mulai dari pembukaan hingga Ceria Ramadhan sesi ke-2.

Ramadhan Ceria 2019 Badko TPQ Kecamatan Candisari, Sukses digelar Sabtu (18/5) di Balai Kecamatan Candisari Kota Semarang

Pergantian acara dari satu ke acara yang lain jedanya sangat tipis, sehingga acara ini tergolong acara yang sangat padat sekali, benar-benar membuat panitia berolahraga tenaga dan pikiran mereka, namun alhamdulillah acara berlangsung sukses, jelas ketua panitia Ustadz Zamroni, SH.I.

Bahkan pintu gerbang ditutup agar anak-anak yang akan keluar dari komplek kecamatan benar-benar dapat terpantau, terangnya.

Hadir pada Ramadhan Ceria 2019 ini Camat Candisari, Moeljanto, S.E, M.M. yang akan membuka acara Ramadhan Ceria 2019 dan Sekretaris Kecamatan Candisari Drs. H. Yudi Wibowo, S.E. yang memimpin doa pembukaan RC.

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Ayat Alquran

Ramadhan Ceria 2019 diawali dengan pembacaan ayat Suci Alquran dan dilanjutkan menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan penuh semangat.

Hal ini menandakan selain cinta Alquran juga cinta NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), ditanamkan pada generasi milenial dan generasi Z ini.

.Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya pada Ramadhan Ceria 2019 Badko TPQ Kecamatan Candisari di Balai Kecamatan Candisari (18/5)

Saat menyanyikan Lagu Indonesia Raya para hadirin berdiri dengan khidmat mengikuti aba-aba yang dipimpin oleh Ustadzah Sunarti dari TPQ Irmajati.

Pemateri pertama sudah berada ditempat mengikuti seremonial pembukaan acara Ramadhan Ceria 2019 sedari awal ialah Ustadzah Siti Fadilah S.Ag., M.Si., berdiri kedua dari kiri berbaju hijau, sedangkan paling kanan Muh Muchibin yang dalam kepanitiaan ini sebagai sekretaris.

Urutan ketiga dari kiri adalah Ustadz H. Moch Dimyati, S.Ag. Ketua Badko TPQ Kecamatan Candisari, yang bersebelahan dengan Camat Candirsari dengan kemeja koko keki, Moeljanto, S.E., M.M. dan sampinga atau lima dari kiri Ustadz Zamroni, SH.I selaku ketua panitia, sedangkan dua dari kanan berbaju hitam ialah kader YBM BRI Kanwil Semarang.

Laporan, Pembukaan, dan Doa

Ketua panitia penyelenggara kegiatan RC 2019, Ustadz Zamroni, SH.I. menyampaikan terima kasih kepada seluruh pendukung acara, terutama dari Kantor Kecamatan Candisari melalui Bapak Camat Candisari, Moeljanto, S.E., M.M. yang hari ini juga berkenan hadir untuk memberikan semangat dan nanti akan membuka acara ini, tuturnya.

Ustadz Zamroni SH.I Ketua Panitia Ramadhan Ceria 2019 Badko TPQ Kecamatan Candisari Kota Semarang

Ustadz Zam yang sehari-harinya sebagai Wakil Ketua Badko TPQ Kecamatan Candisari, didaulat oleh Seksi Acara sekaligus mewakili dari Pengurus Badko Kecamatan Candisari, dan pada kesempatan tersebut mereka juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh TPQ se Kecamatan Candisari dengan para santrinya yang semuanya berjumlah 300 orang ditambah lebih kurang 50 asatidz pendamping.

Ia memaparkan tema RC 2019 yaitu Ramadhan menuju Revolusi Mental menjadi Lebih Baik, dengan tema ini nanti akan terangkai dalam beberapa kegiatan mulai dari pembinaan yang akan disampaikan oleh Ustadzah Siti Fadilah, S.Ag, M.Si. dan Ustardz Aminuddin, SH.I, MH.I. dalam dua sesi utama.

Selain itu ada acara buka puasa bersama, sholah jamaah Maghrib dan Isya plus tarawih, juga akan dilaksanakan tadarus Alquran (Juz Amma).

Rangkaian acara padat ini semoga dapat diikuti oleh anak-anak dengan ceria sesuai judul acaranya, yang akan berakhir sekitar pukul 22.00 malam sejak pukul 16.00 acara pembukaan ini, paparnya.

Selanjutnya Camat Candisari Kota Semarang, Moeljanto, S.E., M.M. yang hadir pada RC 2019 sebelum didaulat membuka acara Ramadhan Ceria terlebih dahulu menyampaikan pesan-pesan penyemangat suasana.

Peserta di bombong dan disemangati untuk tetap berprestasi karena mereka akan menjadi penerus pemimpin dimasa mendatang, oleh karena itu, mengikuti kegiatan semacam pembinaan seperti hari ini, Ia berharap anak-anak mengikutinya dengan sukacita dan penuh perhatian.

Camat Candisari, Moeljanto, SE, MM membuka acara Ramadhan Ceria 2019 Badko TPQ Kecamatan Candisari di Balai Kecamatan Candisari Kota Semarang (18/5)

Camat sangat bersyukur dan mengapresiasi adanya kegiatan pembinaan kepada generasi milenial atau bahkan generasi Z, Ia pun mengajak anak-anak untuk bersyukur karena Badko TPQ Kecamatan Candisari telah mengundang kita semua untuk suatu kegiatan yang positif untuk kemajuan bangsa dan negaranya.

Doa Ramadhan Ceria dipimpin oleh Drs. H. Yudi Wibowo, S.E. Sekretaris Kecamatan Candisari

Acara seremonial Pembukaan Ramadhan Ceria 2019 ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Drs. H. Yudi Wibowo, S.E. Sekretaris Kecamatan Candisari.

Ceria Ramadhan Bagian Ke-1, Mengajak Rajin Shalat dan Rajin Mengaji

Materi ceria Ramadhan sesi pertama disampaikan oleh Ustadzah Siti Fadilah, S.Ag., M.Si. yang sehari-hari sebagai guru TPQ, guru SD dan SMA Al-Azhar BSB.

Buka Bersama, Shalat, dan Tadarus Alquran

Buka bersama dipimpin oleh masing-masing asatidz pendamping, dilanjutkan dengan shalat jamaah Maghrib. Saat jamaah shalat Maghrib terjadi beberapa sesi (kelompok). Bahkan ada yang jamaah shalat Maghrib sendiri-sendiri.

Selepas menyelesaikan jamaah shalat Maghrib, anak-anak langsung diajak membuat barisan shaf untuk jamaah salat Isya dan tarawih, sehingga tidak ada waktu untuk main atau keluar area kantor kecamatan. Pesiapan untuk shalat Isya yang tertib memakan waktu sekitar 20 menit.

Ceria Ramadhan Bagian Ke-2 Mengupas Orang-orang yang Dirindukan oleh Surga

Bersalaman dan Selesai

oleh Eswede Weanind
editor Kissparry

catatan : ada kesalahan teknis sehingga sebagian tulisan hilang (sedang dalam perbaikan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.