Hiburan dan Wisata

Embung Kledung Temanggung Latar Gunung Sindoro – Gn. Sumbing Menawan dalam Kesejukan

Hari ini (31/7) saya ada kegiatan di Temanggung, nih sekalian menengok indahnya Embung Kledung dengan latar belakang Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing sudah sangat terkenal dikalangan pecinta alam, terutama para pendaki gunung. Gunung Sindoro dengan ketinggian 3150 mdpl terletak di dua wilayah yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung, sedangkan Gunung Sumbing dengan ketinggian 3336 mdpl terletak di tiga wilayah yaitu Kab Wonosobo, Kab Temanggung, dan Kabupaten Magelang.

Gunung Sumbing merupakan gunung tinggi di Indonesia urutan ke-16 sedangkan Gunung Sindoro juga merupakan gunung tinggi di Indonesia urutan ke-21. Bila kita akan mendaki Gunung Sindoro dari Kledung ada jalurnya.

Alif di area Embung Kledung Temanggung latar belakang Gunung Sumbing

Embung atau cekungan adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air yang terkait. Embung digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, estetika, hingga pengairan, seperti dikutip dari wikipedia.

Embung bisa dibuat oleh manusia dengan alat teknologi terkini, hampir seperti bendungan atau waduk, hanya saja embung ini bentuk fisiknya lebih kecil. Mirip lagi seperti halnya dengan istilah Polder.

Embung Kledung latar belakang Gunung Sindoro

Di kawasan kampus UNNES Semarang juga ada embung buatan yang bentuk ukuran fisiknya kecil, sedangkan embung yang luas seperti halnya Embung Kledung bisa menjadi obyek wisata yang menarik.

Untuk menuju Embung Kledung cukup mudah, lokasi ini berada di Jl Raya Parakan – Wonosobo KM.12 Kledung, jika anda melakukan perjalanan disini juga ada Rest Area Kledung.

Embung Kledung latar belakang Gunung Sumbing (doc Alif Kissparry)

Saat kita melakukan perjalanan dan melewati area ini, tidak ada salahnya kita beristirahat sejenak di Rest Area Kledung kemudian menyambangi Embung Kledung, yang kebetula kita bisa mengabadikan dengan latar belakang dua gunung yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang orang sering menyebutnya Gunung Sindoro – Sumbing.

Kledung Rest Area

Gambar di Kledung Rest Area kebetulan bukan satu paket perjalanan kali ini, tetapi ini merupakan perjalanan yang lain bersama ibunda (umiku Indarsih Weanind – ia kadang juga nulis disini loh!), dan saya ingin mengatakan jika ke Embung Kledung sangatlah mudah.


Baca Juga :


Kebetulan siang hari ini (11.30) untuk penampilan Gunung Sindoro ataupun Gunung Sumbing sangat menawan karena cuaca cerah tidak mendung. Ciri khas daerah Temanggung sebagai produsen tembakau jadi tampak, dengan ladang tembakaunya.

Gunung Sindoro Temanggung Jawa Tengah

Benar-benar menawan hati dan menyejukkan pandangan sepanjang mata memandang, alam ini benar-benar luar biasa. Kita bisa menikmatinya dengan sedikit bersantai di area ini, meskipun oleh masyarakat setempat merupakan hal yang sudah biasa.

Baca Juga : Pendakian Gunung Lawu yang Penuh Misteri, Kisah Nyata

Gunung Sumbing

Sekian dahulu tentang Embung Kledung, Kledung Rest Area, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing.

Baca Juga : Telomoyo, Gunung Bisa Didaki Bermotor, Rasakan Sensasinya Petualangan Ini

Salam Kissparry

oleh Alifiansyah
editor Kissparry Wea

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.