Kesehatan

Ternyata Buah-Buahan Ini Turunkan Tensi, Bahkan Menormalkan berdasar Pengalaman

Buah ini akan berbanding terbalik kegunaannya untuk tekanan darah (tensi) rendah dan tekanan darah (tensi) tinggi, ternyata beberapa buah mendorong tensi menjadi drop khususnya untuk tensi normal rendah.

Hal itu saya alami hari ini, siang, saat ketika sedang duduk kemudian berdiri dengan segera tiba-tiba badan agak sempoyongan, dan aktivitas lainnya masih saya lakukan, hingga terasa agak lemas rasa di badan, mungkinkah tekanan darah saya turun atau drop, dan akhirnya saya membuka alat tensi tertulis ‘Automatic Blood Pressure Monitor‘ lawas yang aku punya.

Benar, pada monitor tertera angka 83 (atas) / 43 (bawah), kurang mantap coba lagi 86 / 50 kurang mantap coba lagi dengan menggeser alat bacanya hasilnya 96 / 56, lantas tensi lagi turun lagi 85 / 61, dalam keadaan seperti ini ada agenda acara yang tidak berani yaitu pergi untuk ‘njagong manten’ resepsi pernikahan, di rumah teman yang jaraknya hanya sekitar 4 km, takut ngliyeng dijalan dan jatuh.

Buah Jambu Biji

Badan keringetan yang keluar keringat dingin karena angin sepoi-sepoi siang itu membuat tubuh menjadi terasa lebih dingin. Istri saya mencoba memberi garam untuk di kulum, dan saya minta dibuatkan kopi panas.

Setelah itu badan mulai agak enakan sehingga tidak melakukan tensi lagi, tiba tiba setengah jam kemudian perut sakit keringat dingin keluar lagi dan saya takut untuk berdiri, jadi berjalan dengan ngesot untuk mencari sesuatu, dan saat inilah saya perlu membutuhkan bantuan, karena istri saya sudah pergi dari rumah untuk ‘rewang / gotong royong’.

Sebelum saya menyuruh si bungsu Taufik untuk memanggilkan uminya untuk pulang kerumah, tiba-tiba istri saya sudah ada didepan saya dan saya malah kaget “baru aku akan nyuruh Taufik untuk memangilkan malah sudah didepanku”, dan istri saya segera membantu saya untuk keperluan saya.

Ini badan dingin keringat dingin, langsung saya minta air putih panas dan air teh manis panas, biar keringatnya bertambah.

Karena tadinya akan resepsi jadi saat itu saya belum melakukan makan siang di rumah, namun kondisi seperti ini nggak enak untuk makan besar, jadi saya minum air panas dan air teh panas dengan beberapa potong roti, dan ketika sudah mulai kondisi badan sedikit hangat, baru kemudian makan nasi.

“Bagaimana, apa seya kerokin”, kata istri saya yang didampingi saudara saya yang kebetulan lewat depan rumah kemudian ikut menengok saya. “Ya, di kerokin boleh”, jawab saya. Akhirnya saya di kerokin oleh istri saya, wow mungkin karena habis keringetan jadi badan merah-merah semua.

Setelah itu kemudian saya istirahat, memutuskan untuk tetap tidak berangkat resepsi ke Jatingaleh, dan kirim pesan melalui WA teman saya kalau berangkat aku akan titip amplop.

Usai bangun tidur, saya bertanya-tanya apakah buah anggur dan melon juga jambu berpengaruh turunkan tekanan darah (tensi), saya pun minta istri untuk mengambilkan smartphone dan kacamata untuk mencari tahu tentang itu, melalui Google tentunya, karena kemarin saya minum jus jambu dan anggur, hari ini juga makan anggur dan makan melon, meskipun jumlahnya juga relatif.

Petik pepaya sendiri, Kissparry Jr Alif

Disini saya tidak melakukan penelitian atau mencoba-coba lagi untuk ukuran makan yang berbeda, sehingga sebenarnya tidak dapat dikatakan penyebab paling berpotensi karena kondisi fisik seseorang waktu tertentu juga sangat menentukan, mungkin sedang capai dan sebagainya.

Apa saja buah-buah yang membantu menurunkan tekanan darah atau menurunkan tensi darah, seperti dikutip dari doktersehat.com ada banyak buah yang berpotensi menurunkan tekanan darah.

boleh langsung ke nomor 13

1. Buah Berry

Buah yang berpotensi menurunkan tekanan darah yang pertama adalah buah-buahan berry.

Buah yang termasuk ke dalam jenis buah berry adalah seperti blueberry, strawberry, blackberry, raspberry, hingga cranberry.

Buah berry mengandung vitamin, mineral, serta antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk memelihara tekanan darah (bagi yang memiliki hipertensi) tetapi kurang baik untuk Anda yang memiliki tensi rendah.

Semua jenis berry tentunya baik, namun jika Anda menginginkan yang memiliki antioksidan dalam bentuk flavonoid yang paling tinggi, maka Anda bisa memilih blueberry.

Buah ini lezat dimakan langsung atau bisa Anda campurkan pada oatmeal untuk sarapan.

2. Buah Bit

Buah bit adalah salah satu buah untuk menurunkan darah tinggi, sehingga Anda yang memiliki tekanan darah rendah perlu membatasi konsumsi buah ini.

Buah yang satu ini pada dasarnya merupakan buah yang baik untuk darah karena dipercaya dapat mencegah kekurangan darah. Buah bit juga dipercaya sebagai buah penurun darah tinggi berkat kandungan senyawa nitrat yang ada di dalamnya.

Buah bit bisa disantap dengan berbagai cara mulai dari dibuat salad hingga dipanggang. Cara paling populer dan baik untuk menjaga kandungan buah bit adalah dengan cara menghancurkan buat bit dengan blender, kemudian meminum air perasan buah bit yang sudah dihancurkan tersebut.

3. Kiwi

Buah penurun darah tinggi selanjutnya adalah kiwi.

Buah kiwi memiliki berbagai kandungan yang mineral yang dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah seperti kalium, kalsium, dan juga magnesium. Selain itu, buah kiwi juga merupakan buah yang kaya vitamin C sehingga sangat baik untuk menjaga ketahanan tubuh.

4. Pisang

Sama seperti kiwi, pisang juga merupakan buah yang memiliki kandungan kalium, magnesium, dan kalsium.

Kandungan kalium atau potassium dalam pisang bahkan lebih tinggi. Berkat kandungan kalium yang cukup tinggi ini lah pisang menjadi buah yang cocok untuk dapat menurunkan kadar tekanan darah.

5. Jeruk

Buah penurun tekanan darah tinggi selanjutnya adalah jeruk.

Jeruk merupakan buah yang akan akan vitatim C dan vitamin A. Buah jeruk juga memiliki kandungan yang cukup tinggi. Selain dapat menurunkan tekanan darah, konsumsi jeruk secara rutin juga dapat memelihara kesehaan Anda secara menyeluruh.

6. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan lemak tinggi.

Meskipun begitu lemak yang ada dalam alpukat merupakan lemak yang baik bagi tubuh. Alpukat juga memiliki kalium yang tinggi sehingga masuk ke dalam daftar buah penurun darah tinggi. Kandungan terbaik buah aplukat terdapat pada bagian buah yang dekat dengan bagian kulitnya

7. Melon

Melon juga termasuk salah satu buah penurun tekanan darah tinggi yang enak dan efektif.

Kandungan melon dikenal tinggi potassium atau kalium. Melon juga mengandung zat lain yang baik bagi tubuh mulai dari vitamin A. vitamin C, zat besi, vitamin B5, magnesium, kalsium, dna juga serat

8. Anggur

Anggur juga dikenal sebagai buah yang baik untuk kesehatan, khususnya sebagai buah untuk darah tinggi.

Selain dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, anggur juga dipercaya sebagai salah satu buah penurun darah tinggi. Kandungan kalium dalam anggur dipercaya dapat menekan kelebihan natrium dalam tubuh yang menjadi penyebab hipertensi.

9. Semangka

Semangka mengandung senyawa L-citrulline yang dipercaya dapat membantu relaksasi pembuluh darah, sehingga baik digunakan sebagai obat penurun darah tinggi. Selain mengatasi hipertensi, semangka juga dipercaya baik untuk penderita anemia.

Bagi Anda yang memiliki darah rendah tentu harus membatasi konsumsi buah semangka tersebut.

10. Nanas

Buah untuk menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah nanas.

Buah nanas memiliki kandungan enzim bernama bromelain. Enzim ini memiliki khasiat untuk menangani peradangan dan sering ditemukan di beberapa jenis obat. Tapi selain mengatasi peradangan, bromelain ternyata juga memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah.

11. Tomat

Tomat juga masuk ke dalam daftar buah untuk darah tinggi karena memiliki kandungan kalium yang tinggi.

Tomat juga memilki kandungan likopen yang banyak manfaatnya bagi tubuh yaitu untuk menurunkan kolesterol, mencegah penyakit kanker, dan memelihara kesehatan jantung.

12. Delima

Delima adalah salah satu buah yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Delima ternyata juga merupakan buah penurun darah tinggi. Kandungan kalium dan juga polifenol dalam delima membuatnya mampu menurunkan tekanan darah sekaligus menjadi antioksidan bagi tubuh.

13. Pepaya (pengalaman khusus)

Buah pepaya merupakan buah yang baik dikonsumsi setiap hari karena baik untuk saluran pencernaan.

Tujuan makan buah pepaya saban hari adalah untuk urusan pencernaan yang sejak mula ada gangguan, atau setidaknya urusan ke belakang lancar setiap harinya.

Konsumsi pepaya secara teratur ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah (bahkan bisa menjadi normal kembali). Kandungan potassium atau kalium dalam buah pepaya sangat tinggi bahkan bisa dikatakan lebih tinggi dari melon dan tomat.

Buah Pepaya

Dahulu tekanan darah saya cenderung tinggi, bahkan sempat opname di rumah sakit (Desember 2018) karena tensi yang tinggi (180/90) disertai pusing keliling, pernah tensinya 180/100, namun setelah 9 bulan konsumsi pepaya rutin, tanpa saya sadari, sekarang (5/10) tensi normal dan cenderung rendah, bahkan obat tensi yang diberikan dokter tidak saya minum sudah sebulan ini.

Bagaimana sampai bisa tensi saya drop, itu dia sudah saya ceritakan diatas, habis minum jus jambu + makan anggur, makan anggur lagi, makan melon, dan pepaya tidak ketinggalan tentunya.

Bahkan setelah membaca dan sekaligus menulis tulisan ini, saya baru sadar akan manfaat pepaya, dan mulai sekarang harus membatasi juga pepaya, karena tensi cenderung rendah, yang biasanya sehari bisa 4 potong besar sekarang harus dikurangi.

Saya hanya menggunakan resep teman saya yang tensinya cenderung normal, sedang ia juga diberi obat tensi oleh dokter sampai sekarang, tetapi katanya kalau sudah banyak dibakar itu obatnya. “Wah… eman-eman tho pak.. khan bisa diberikan teman yang membutuhkan obat tersebut”.

Tekniknya bagaimana, sederhana, kata teman saya, saat haus minumnya buah pepaya atau jus pepaya, ambil sepotong, haus ambil lagi sepotong dari kulkas lagi, kok bisa ya…., apa tidak bosan, buah pepaya tidak membosankan, haus minum air pepaya…. manis alami.

Teman saya, dia bercerita makan pepaya yang seharga Rp 8.000,- an bisa habis sehari, kalau besar bisa beberapa hari, pepaya disimpan di kulkas. Kalau saya tidak tahu seharga berapa, karena tidak menanyakan harganya pepaya berapa.

Pepaya yang ingin super manis beli saja pepaya California sekarang tanaman pepaya California lokal sudah banyak dengan harga yang lebih murah.

14. Mengkudu

Buah mengkudu memang memiliki aroma yang sedikit menyengat, tetapi buah yang satu ini juga sudah terkenal sebagai salah satu buah penurun darah tinggi.

Mengkudu banyak mengandung vitamin, mineral, dan beberapa senyawa lain yang mampu menjadi antioksidan bagi tubuh. Sebuah penelitian juga sudah menunjukkan manfaat buah mengkudu untuk menurunkan tekanan darah.

15. Aprikot

Buah untuk menurunkan tekenanan darah tinggi yang terakhir adalah aprikot.

Anda bisa menikmati aprikot dalam bentuk buah kering. Kandungan potassium atau kalium dalam aprikot jumlahnya tiga kali lipat dari buah pisang, lho!

Itu dia buah yang bisa membuat tekanan darah turun dan artinya berbanding terbalik untuk anda yang memiliki hipertensi. Namun tentunya tidak semua tekanan darah tinggi dapat diatasi hanya dengan buah-buahan saja. Jika Anda mengalami gejala tekanan darah seperti sakit kepala, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan terapi obat juga.

Catatan Akhir

Apakah makan rutin buah pepaya bisa menormalkan tensi, wah…. saya tidak melakukan penelitian, yang jelas sekarang tensi saya normal, alhamdulillah, bahkan HB terakhir saya juga 13,4 alias normal.

Kondisi orang akan berbeda antara satu dengan yang lain, silakan konsultasi ke ahli gizi Anda.

Semoga bermanfaat

Dari berbagai sumber
oleh Eswede Weanind
Editor Lik Kasjo

1 reply »

  1. Pengalaman:
    Setiap hari makan pepaya, sebelum sarapan pagi 2 potong, sebelum makan malam 2 potong, malam makan lagi, kalau siang tidak makan karena di kantor tidak membawa buah.
    Berlangsung lebih kurang 9 bulan (Desember 2018 akhir sd Agustus 2019), Desember saya opname di rumah sakit karena tensi tinggi, dan saya hanya menggunakan resep teman yang tensinya stabil minumnya diganti dengan pepaya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.