Hiburan dan Wisata

Pesona Pulau Kumala Tenggarong Semakin Dikenal

Dengan adanya akses jalan masuk pejalan kaki melalui jembatan Repo-repo membuat Pulau Kumala semakin diminati oleh masyarakat untuk berlibur bersama keluarga.

Pulau Kumala menjadi obyek wisata unggulan Kota Tenggarong setelah akses jalan dan segala fasilitas ditingkatkan, dari pulau ini ada beberapa sudut spot foto yang menarik untuk diabadikan ketika kita mengunjungi pulau ini, apalagi sekarang sudah tidak susah untuk mencapai pulau Kumala dengan dibangunnya jembatan yang diberi nama Repo-repo ini.

Jembatan Repo-repo penghubung daratan dengan Pulau Kumala Tenggarong

Jembatan Repo-repo ini merupakan penghubung antara daratan dan Pulau Kumala, dan hanya dapat dilalui oleh pejalan kaki. Jembatan dibuat tinggi dan dibawahnya dapat digunakan untuk lalu lintas kapal atau perahu, dalam kondisi ini maka jembatan dengan banyak anak tangga sehingga tidak dapat dilalui kendaraan.

Untuk membawa masuk kendaraan ke pulau Kumala harus memalui kapal penyeberangan.

Pulau Kumala Tenggarong

Luas Pulau Kumala hanya sekitar 80 hektar, berjarak dari Kota Samarinda sekitar 27 km dengan waktu tempuh sekitar 35 menit melalui jembatan Kutai Kertanegara yang seperti tampak dalam gambar.

Saat ini sudah dilengkapi dengan Sky Tower setinggi 100 meter yang dapat digunakan untuk melihat dari ketinggian area seputar Tenggarong dan Sungai Mahakam, ya… pulau ini terletak ditengah sungai Mahakam.

Di pulau ini pengunjung juga disuguhi DSJ Resort lengkap dengan kolam renang dan sarana bagi mereka yang ingin istirahat, yaitu satu-satunya cottage di tengah Sungai Mahakam di lokasi Pulau ini dipersiapkan Aquarium Raksasa bagi ikan pesut, lumba-lumba air tawar yang menurut kabarnya hanya ada di Republik Rakyat Tiongkok dan Brasil.

Salah satu yang khas disini yaitu dengan adanya patung Lembuswana (Lembu Suana) yang menjadi ikon dari Pulau Kumala.

Anak-anak dengan latar belakang patung Lembuswana (Lembu Suana) Pulau Kumala Tenggarong Kab. Kutai Kertanegara Kalimantan Timur

Kissparry Tenggarong
diunggah oleh Eswede Weanind
editor Eswedewea

Iklan

2 replies »

    • Monggo silakan, dengan senang hati diperbolehkan, saya sendiri ke Samarinda atau Tenggarong juga belum, itu saudara sepupu yang ada disana, tetapi saya pernah ke Pontianak dua kali dan ke Banjarmasin sekali

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.