Hiburan dan Wisata

Blue Fire Kawah Ijen Sebelum Diterjang Badai Oktober 2019

Perjalanan wisata Kissparry ini (15/10) tiga hari sebelum Kawah Ijen dan sekitarnya dikabarkan diterjang badai pada 19 Oktober.

Perjalanan menuju Kawah Ijen ke lokasi yang dikenal dengan Blue Fire sekitar 5,5 km, untuk menuju kawasan Kawah Ijen bisa dengan jalan kaki jaraknya 4,4 dari base camp, kemudian turun ke kawah Blue Fire sekitar 1 km. Mulai jalan menuju kawah dari base camp (biasanya) disarankan dini hari sekitar pukul 01.00, sekaligus dapat menikmati indahnya matahari terbit.

Petang menjelang malam kita sebaiknya sudah berada ditempat pemberangkatan kecuali ada perjanjian dengan agensi sebelumnya.
Pertama untuk memahami lokasi dan rute, kedua penyesuaian kondisi, ketiga mungkin perlu berbaur dengan para pelancong / pendaki yang lain, keempat ada transaksi yang diselesaikan didepan seperti sewa troli.

“Untuk menghemat tenaga, sama bagi-bagi rezeki, saya naik troli didorong tenaga manusia dengan jarak tempuh 4,4 km PP, ongkos yang dikeluarkan sebesar Rp 800.000,-” kata Yayuk.

Olahraganya nanti yang naik turun 1 km ke kawasan Blue Fire, mungkin kaki sudah terasa puegel (pegel).

Turun dari Kawah Ijen naik Troli dengan menempuh jarak 4,4 km

Memang ada yang menawarkan jasa angkut, biasanya barang-barang bawaan, tetapi saya mencoba menyampaikan apakah orang juga bisa, ternyata boleh dan bisa, tarifnya sepakat Rp 800.000,- pergi pulang.

Saya juga membawa sedikit barang bawaan, bekal makanan ketika di puncak nanti, karena disini saya tidak menginap dan tidak mendirikan tenda.

Tujuan utama adalah untuk menikmati indahnya Blue Fire Kawah Ijen, disamping keindahan alami lainya di Kawasan Wisata Ijen.

Inilah video Blue Fire Kawah Ijen, silakan disimak baik-baik, seperti menakutkan ya.

Dilokasi kawah Ijen sampai pagi untuk menikmati matahari terbit, disini kita bisa mendirikan tenda bila menginginkannya.

Itulah sekilas Blue Fire di Kawah Ijen sebelum kawasan Kawah Ijen dilanda badai 19/10, yang ternyata merupakan salah satu dari dua keunikan fenomena alam yang luar biasa dapat ditemukan di Indonesia ya… di Gunung Ijen Kawah Ijen, sedang blue fire atau si api biru alami yang satunya berada di Irlandia, jadi sobat tidak perlu ke Irlandia, cukup ke Jawa Timur Indonesia.

Oleh sebab itu, ketika kita di Kawasan Ijen ini akan mudah bertemu turis-turis asing yang berseliweran meskipun tidak sebanyak seperti di Kuta Denpasar dan disekitarnya Bali.

Adanya informasi kebakaran membuat saya ikut sedih, dan ternyata tak hanya kebakaran yang menimpa Gunung Ranti, TWA Kawah Ijen porakporanda lantaran adanya badai. Badai ini menerjang sejak Sabtu (19/10) siang, seperti dikutip dari detik news.

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4753045/tak-hanya-kebakaran-kawasan-kawah-ijen-juga-diterjang-badai

Alhamdulillah, saya beruntung saat kunjungan ke kawasan Ijen terhindar dari kejadian dimaksud, dan semoga situasi cepat pulih untuk dapat melayani para pengunjungnya yang merindukan Ijen Blue Fire.

Salam

Kontributor “Yayuk” Puji Rahayu
Diunggah oleh Indarsih Weanind
Editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.