Pendaftaran Wisuda Online UNNES Ke-101 Tahun 2020 Telah Dibuka dengan Wajah Baru

Pendaftaran wisuda ke-101 Universitas Negeri Semarang (UNNES) secara online, kemarin (30/12) telah dibuka dengan menampakkan wajah baru, upacara wisuda diselenggarakan Maret 2020.

Wisuda merupakan pintu gerbang keluarnya ijazah dan transkrip, serta SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah), sehingga melalui pendaftaran wisuda tersebutlah Ijazah, Transkrip, dan SKPI mahasiswa UNNES dapat tercetak. Sedangkan, upacara wisuda merupakan upacara akademik untuk menyerahkan ijazah, transkrip, dan SKPI.

Laman depan pedaftaran wisuda Universitas Negeri Semarang untuk wisuda ke 101

Surat Keterangan Pendamping Ijazah atau lazim disebut SKPI hanya diberikan kepada lulusan Program Sarjana dan Diploma.

Deddy Rustiono, M.Si. Kepala BAKK Universitas Negeri Semarang (UNNES), menyampaikan bahwa pada prinsipnya seluruh lulusan UNNES itu berhak memeroleh ijazah dan transkrip, serta SKPI bagi lulusan S1 dan D3, namun ada mekanisme pendaftaran wisuda, karena mekanisme tersebut disini terdapat validasi nilai transkrip, termasuk nama matakuliah dalam bahasa Inggris, juga ada sebelumnya melalui validasi profil data mahasiswa termasuk foto dan NIK mahasiswa.

Jadi, lulusan UNNES harus sudah mengunggah foto diri, ijazah terakhir, dan KTP atau Paspor, dan telah lolos verifikasi berkas secara online, disamping lolos verifikasi nilai transkrip dan dinyatakan lulus oleh Ketua Jurusan/Fakultas/Prodi mereka.

Dengan terverifikasinya data-data tersebut diatas, maka sudah dipastikan seluruh lulusan UNNES dapat diterbitkan ijazah dan transkripnya, termasuk SKPI.

Saya menghimbau kepada seluruh lulusan UNNES yang belum menyelesaikan proses administrasi kelulusan secara online segera menyelesaikannya, terutama yang lulus dengan model Sikadu 1 harus segera menyelesaikan verifikasi di Sikadu 2.0, paparnya.

Pendaftaran wisuda kali ini merupakan Wisuda UNNES yang ke 101 atau wisuda periode 1 tahun 2020.

Dari pantauan online melalui laman http://wisuda.unnes.ac.id baru dibuka sehari yang mendaftar sudah lebih dari 100 orang.

Untuk mendaftar wisuda bagaimana caranya, yaitu dengan klik Daftar Wisuda. Sedangkan tatacara atau alur yang tidak berbeda dengan periode sebelumnya.

Baca juga : Inilah Pendaftaran Wisuda UNNES Versi Baru, Sejak September 2019

Pelaksanaan upacara wisuda ke 101 tahun 2020 akan dilaksanakan pada minggu ke-3 bulan Maret, atau silakan mengikuti informasi di laman wisuda UNNES jika ada perubahan, mengingat kuota pendaftar wisuda maksimal 1500 orang.

Salam.

oleh Eswedewea
editor LikKasjo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.