Encok hampir sama dengan rematik, namanya daun encok dan orang sunda menyebutnya Ki Encok, orang Jawa menyebutnya Gogong Encok

Ceylon Leadwort atau White Flowered Leadwort dalam bahasa Inggris, dan orang Jawa menyebutnya Bama, Godong Encok, Poskor merupakan tumbuhan yang tumbuh di ladang, di tepi saluran air. Tumbuhan ini berasal dari Srilanka, Colombo, kemudian menyebar ke seluruh kawasan tropis, termasuk Indonesia dan Kepulauan Pasifik.

Daun Encok (istimewa)

Khasiat atau Manfaat

Bagian yang digunakan yaitu akar dan herba, berkhasiat untuk membantu mengatasi sakit rematik sendi, memar (lebam), keseleo, nyeri lambung, kurap, kanker, dan kanker darah.

Catatan :

  • perempuan hamil dilarang menggunakan
  • daun hanya digunakan dibagian luar, pemakaiannya juga hanya dibatasi selama 1/2 jam (30 menit), terlalu lama penggunaan menyebabkan timbulnya lepuh seperti luka bakar.
  • bila timbul keracunan pada kulit, cuci dengan asam borat (boric acid).

Baca juga: Abon Ikan Gabus, Kaya Manfaat bagi Kesehatan

Cara Pemakaian

Secara umum gambaran cara pemakaian adalah sebagai berikut.

  • Pemakaian luar, daun diremas lalu diletakkan pada bagian tubuh yang memar, kurap, kusta, skabies, sakit kepala atau diletakkan di perut bagian bawah bila kencing kurang lancar. Perhatian! lihat catatan diatas, pemakaian tidak boleh lebih dari 30 menit.
  • Akar sebanyak 10-15 gram, direbus selama lebih dari 4 jam.

Rematik

Siapkan segenggam daun encok segar, dicuci lalu ditumbuk halus. Tambahkan air hangat seperlunya sampai adonan seperti bubur. Gunakan untuk melumas dan menggosok bagian tubuh yang sakit. Lakukan 2 kali sehari. Ingat! daun yang menempel tidak boleh lebih dari 30 menit, segera dibersihkan dengan air hangat.

Cara yang lain yaitu, siapkan sebanyak 15 gram daun segar lalu dicuci bersih. Tambahkan kapur sirih sebanyak 1 sendok makan. Tumbuk sampai lumat, kemudian balurkan ke tempat yang sakit. Ingat! 30 menit.

Sakit Kepala

Siapkan daun encok secukupnya, lalu hancurkan, dan tambahkan sedikit minyak kelapa sampai menjadi adonan. Letakkan di pelipis dan bagian kepala yang sakit sebagai tapal.

Ingat! Jangan lebih dari 30 menit agar tidak lepuh.

Siapkan daun encok yang segar, cuci bersih lalu memarkan. Oleskan minyak kelapa lalu layukan di atas api. Kemudian tempelkan di belakang telinga.

Kencing kurang lancar

Daun encok ditambah dengan adas pulosari ditumbuk sampai halus, kemudian di gosokkan ramuan tersebut di perut bagian bawah, tepat di posisi kandung kencing.

Ingat! Jangan lebih dari 30 menit agar tidak lepuh.

Kanker Darah

Kanker darah atau blood cancer adalah kondisi ketika sel darah yang menjadi abnormal atau ganas. Sebagian besar kanker ini bermula di sumsum tulang tempat sel darah diproduksi. Terdapat tiga jenis kanker darah, yaitu leukemia, limfoma, dan multiple myeloma.

Berbeda dengan kebanyakan kanker, sebagian besar kanker darah tidak membentuk benjolan padat (tumor). Selain tidak muncul benjolan, gejala kanker darah juga tidak spesifik dan menyerupai gejala penyakit lain.

Leukemia adalah kanker jaringan pembentuk darah, termasuk tulang sumsum. Ada banyak jenisnya, seperti leukemia limfoblastik akut, leukemia mieloid akut, dan leukemia limfositik kronis.

Banyak pasien dengan jenis leumikia yang lambat berkembang tidak memiliki gejala. Leukimia yang cepat berkembang dapat menyebabkan gejala yang termasuk kelelahan, penurunan berat badan, sering infeksi, dan mudah berdarah atau memar.

Baca juga: Manfaat Bayam Merah, Sayuran untuk Kesehatan Mata, Ginjal juga Anti Kanker

Bagaimana daun encok dapat membantu mengatasi gangguan kesehatan diatas.

Siapkan akar daun encok, biji Livistona chinensis (pohon palem kipas Tiongkok atau air mancur), Hedyotis diffusa (rumput lidah ular) dan verbena officinalis (verbenae herba) masing-masing 30 gram, dan Spica prunellae (tumbuhan Prunella vulgaris l) 15 gram.

Akar daun encok direbus dengan air bersih terlebih dahulu selama 4 jam dengan air secukupunya, jika airnya habis ditambah lagi. Setelah 4 jam baru bahan lain dimasukkan, dan didihkan kembali selama 1/2 (setengah) jam.

Setelah dingin kemudian disaring untuk diminum 3 (tiga) kali minum, sehari itu bagilah kedalam sepertiga yang sama, pagi, siang, dan malam.

Kusta, Skabies, dan Kelainan Kulit

Ambil akar daun encok, lalu cuci dan tumbuk sampai halus, tambahkan sedikit susu dan air, dan aduk hingga merata seperti adonan.

Oleskan kebagian tubuh yang sakit.


Baca juga: Manfaat Kepiting Yuyu bagi Kesehatan Liver, Mata, dan Mencegah Kanker

Semoga bermanfaat, diolah dari berbagai sumber
oleh Indarsih Weanind

Salam

editor : Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.