Mencicipi Aneka Kuliner di Ngrembel Asri One Stop Recreations Gunungpati Kota Semarang

Ngrembel Asri mungkin sudah tidak asing bagi warga Gunungpati termasuk masyarakat Kota Semarang, pemancingan, kuliner, dan rekreasi ada pada satu tempat disini.

Mencicipi aneka masakah di Ngrembel Asri untuk judul ini sekilas pas, namun sebenarnya kurang tepat karena sudah beberapa kali kami ke Ngrembel, baik untuk kuliner, untuk memancing, ataupun untuk rekreasi.

Sekilas Ngrembel Asri

Dahulu tempat ini terkenal dengan rekreasi kolam pancingnya, jadi tujuan disini ya untuk memancing tapi bisa kuliner, hasil tangkapan dinikmati sendiri.

Suatu waktu kami datang untuk kuliner, tetapi karena menunggu cukup waktu sehingga sambil memancing, dengan menyewa alat pancing dan membeli umpan yang sudah tersedia.

Kami dahulu pernah berkunjung bersama keluarga hanya untuk rekreasi saja di Ngrembel Asri ini, disini terdapat kolam renang dan kolam bermain.

Ngrembel Asri, datang disambut hujan, foto diambil dari dalam mobil

Ngrembel Asri memang asri, kunjungan kali ini (13/2) disambut oleh rintik-rintik hujan khas daerah Gunungpati di alam pedesaan, udara sejuk tidak terlalu dingin.

Namanya memang ada gunungnya menandakan jika tempat ini berada di dataran tinggi, meskipun tidak setinggi dataran Dieng.

Baca juga: Wisata Dieng Cukup Dingin Saat Kabut Menyelimuti Kawasan

Suatu waktu cuaca di seputar Gunungpati meskipun tidak menyentuh angka 10 derajat tetapi pernah rata-rata sekitar 20 derajat celcius.

Ngrembel adalah suatu desa di kecamatan Gunungpati. Untuk kita bisa sampai di tempat ini cukup arahkan perjalanan ke Gunungpati.

Jika dari Ungaran ambil arah ke terminal Sisemut atau ke arah UNNES (Universitas Negeri Semarang), dari Sisemut ke arah barat atau ke arah Jakarta, jalan ini cukup padat jika musim liburan hari Raya Idul Fitri, karena menjadi jalur alternatif ke/dari Jakarta.

Setelah adanya jalan tol, jalanan disini termasuk agak sepi saat liburan karena semua beralih ke jalur jalan tol.

Pertigaan sebelum pasar Gunungpati silakan ambil kanan ke arah Semarang atau ke arah Wisata Gua Kreo, kira-kira dari pertigaan ini 2 km.

Jika dari Semarang arahkan ke Guo Kreo dan terus ke Gunungpati, setelah SMP 22 Semarang yang disebelah kiri jalan itu (atau perempatan tersebut), silahkan jalan pelan karena lokasinya tinggal 300 meter lagi, kiri jalan.

Sejarah Ngrembel Asri

Ngrembel Asri mulai dibangun pada tahun 1998 untuk kolam budidaya ikan, kemudian pada tahun 2001 dibuka untuk umum sebagai tempat wisata kolam pemancingan sekaligus untuk kuliner.

Hasil tangkapan ikan dari memancing pengunjung dapat diserahkan kepada pengelola untuk dimasak atau boleh dibawa pulang.

Akhirnya konsep Ngrembel Asri bergeser dan mengusung tema One Stop Recreations, menjadi tempat rekreasi yang lengkap bisa dikunjungi oleh rombongan kecil ataupun besar.

Waktu Kunjungan

Pengunjung tidak dibatasi waktu kunjungan, tetapi tempat ini akan tutup pada pukul 17.00, dan mulai buka pukul 08.30 waktu setempat.

Jika kedatangan kita ke tempat ini rombongan untuk kuliner, misalnya, sambil menunggu waktu datangnya makanan yang kita pesan, kita bisa keliling lokasi mengunjungi area lainnya.

Mencicipi Aneka Sajian Kuliner

Kunjungan kali ini, karena rombongan, maka sudah ada yang berangkat terlebih dahulu untuk memesan makanan dan minuman, tentunya sambil rekreasi di tempat ini.

Hujan, membuat mereka enggan kemana-mana, dan hanya duduk-duduk di selasar yang tersedia.

Masakan termasuk lengkap, mengingat jumlah peserta rombongan lebih dari 15 orang, jadi biar bisa memilih sendiri-sendiri, bisa untuk bareng-bareng.

Semua jenis ikan dipesan dengan berbagai macam model masakan, mulai dari original, pedas dan klasik. Ditambah ayam goreng/bakar, lalap sambal beberapa porsi, sayur sup jagung beberapa porsi.

Pete goreng tidak ketinggalan, ca kangkung, terancam, tahu goreng, dan tempe goreng juga dipesan.

Untuk minuman hanya dipesan teh panas dan jeruk panas dalam teko, masing-masing 4 teko.

Lele bakar pedas

Ca Kangkung – Ngrembel Asri – 20200213

pete – petai – goreng di Ngrembel Asri

Daftar Menu dan Harga

daftar menu dan harga (per 13/2/2020)

Sekian wisata kuliner kali ini.

Eswedewea
editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.