Pagi ini sekira pukul 05.05 WIB Kissparry Semarang (Indarsih Weanind) dapat telepon dari Kissparry Papua, eyang Parno, isinya pesan pertama merebus telur setengah matang.

Pesan dari Papua ini sangat ringkas dan tidak bercerita seperti halnya hari-hari biasa jika menelpon.

Pukul 05.05 WIB pagi ini, di Semarang masih gelap, bahkan shalat Subuh baru usai dilaksanakan. Saya membaca Alquran baru dapat beberapa ayat, terdengar dering telepon dari smartphone diatas menja.

Saya lihat telepon datang dari Mbah Parno Papua. Langsung saya akan, sebagai yang mudah menyapa lebih dahulu. Jika nggak penting eyang ini pasti nggak telepon.

Ia nampaknya ingat anak ‘wedok’ yang di Jawa. Eyang Parno ini sebenarnya Pakdhe saya, tetapi saya manggil mbah itu cara Jawa membahasakan anaknya pada yang lebih sepuh.

“Assalamu’alaikum mbah”, saya membalas HP yang berdesir.

“Wa’alaikum salam ndhuk“, jawab mbah Parno di Papua

Pagi-pagi telepon, berarti ini penting, sebab ia tahu kalau di Semarang masih gelap, meskipun di Papua mungkin matahari sudah bersinar terang, maklum saya belum pernah kesini.

Kalau mbah Parno malah sudah pernah ke Semarang, sebanyak dua kali, perjalanan naik pesawat lama katanya, naik yang kelas menengah/ekonomi .

“Enten nopo mbah (ada apa eyang)“, tanyaku.

Agar merebus telur hingga setengah matang saja, kemudian telur tersebut dimakan atau dihidangkan.

Telur setangah matang (dok SehatQ)

“Ndok… nggodoko endog setengah mateng… terus dipangan… ben ora gampang kena penyakit”, kata eyang Parno dengan logat Jawa.

(Nak, rebuslah telur setengah matang saja, lalu dimakan, biar tidak mudah terkena (tertular) penyakit).

Tanpa panjang lebar langsung berbicara dengan suatu pesanan seperti itu.

Meskipun eyang Parno berada di Papua tetapi asalnya dari Sragen Jawa Tengah, sama seperti saya, ia merantau ke Papua pada tahun sekitar 1970-an, jadi pesannya menggunakan bahasa Jawa dan tidak menggunakan bahasa adat Papua di area mereka.

Jika menggunakan bahasa Papua sana, malah aku tidak mengerti, karena bahasa (suku) daerah Papua itu termasuk bahasa yang paling banyak di Indonesia.

Manfaat telur setengah matang katanya agar tidak mudah terserang penyakit, terlebih saat pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) saat ini.

“Lha… napa tha mbah”, tanyaku
(lha apa eyang sebabnya)

“Ben ora gampang ketularan penyakit, iki mau sing ngomong jare cak cilik neng kampung kene”, jelasnya

(Agar tidak mudah tertular penyakit, ini pesan datang yang menyampaikan seorang anak kecil di kampung sekitar sini).

Karena pesan datang dari pakdhe saya ‘eyang Parno’, oleh sebab itu tidak saya minta lebih detil menjelaskan.

“Nggih… mbah….”, jawabku (ya eyang).

Percakapanpun langsung ditutup, “wis ya nduk, assalamu’alaikum”.

“wa’alaikum salam warohmatullah mbak matur nuwun”, mengakhirinya.

Baca Juga : Mengenal Buah Woromo dari Papua yang Berkhasiat untuk Kesehatan

Lama Merebus Telur

Berapa lama yang dibutuhkan merebus telur hingga masak (matang), lihatlah gambar dibawah ini.

Lama memasak telur hingga masak (dok manfaat.co.id)

Patokan penghitungan waktu, adalah saat air yang direbus sudah ‘umob‘.

Silakan, bukan Rekomendasi

Inilah pesan pagi ini, mungkin juga (akan) mencobanya, silakan. Meskipun kami sendiri juga tanda tanya? Bukankan telor setengah matang itu biasa dikonsumsi orang Indonesia, apakah manfaatnya, coba nanti saya cari ya.

Ada teknik tertentu untuk memasak telur setengah matang. Jika tidak tahu tekniknya sebaiknya tidak menanaknya.

Penjelasan tentang Telor

Berikut ini berkenaan dengan telur dan telur setengah matang.

Kandungan nutrisi pada telur segar

Telur, tidak diragukan lagi merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Bahkan, sumber protein yang murah meriah ini diklaim sebagai salah satu makanan paling bergizi di dunia karena mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, kecuali vitamin C. seperti dikutip dari SehatQ.com.

Dalam satu butir telur utuh, Anda dapat memperoleh nutrisi seperti vitamin A, folat, vitamin B5, B12, B2, fosfor, dan selenium.

Dalam jumlah yang lebih sedikit, Anda juga dapat menemukan vitamin D, E, K, B6, kalsium, dan zinc di dalam sebutir telur.

Sebagai sumber protein, telur juga mengandung kalori dan lemak baik yang berguna bagi kesehatan. Anda juga bisa mengonsumsi telur yang sudah diperkaya dengan omega-3 untuk merasakan manfaatnya bagi kesehatan.

Adakah manfaat telur setengah matang untuk kesehatan?

Tidak dapat dipungkiri bahwa pemasakan telur, terutama dengan suhu tinggi, dapat mengurangi kandungan nutrisi dalam telur itu sendiri.

Beberapa nutrisi yang berkurang adalah vitamin A, vitamin B5, fosfor, dan potasium.

Telur setengah matang mengandung kolin yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak.

Tidak hanya itu, kolin juga berperan dalam menyehatkan fungsi jantung.

Telur setengah matang juga mengandung lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis antioksidan ini dapat melawan radikal bebas yang mengakibatkan berbagai penyakit mata yang berhubungan dengan degenerasi sel akibat penuaan.

Semua zat tersebut biasanya terkonsentrasi pada kuning telur. Inilah sebabnya telur setengah matang, terutama pada bagian kuning telurnya, dianggap lebih bernutrisi ketimbang telur yang direbus hingga benar-benar matang.  

Meskipun demikian, manfaat telur setengah matang mungkin tidak akan terlalu superior jika dilihat dari penyerapan protein yang ada pada putih telur ke dalam tubuh Anda.

Melalui sebuah studi menemukan bahwa semakin matang telur yang Anda konsumsi, semakin baik pula penyerapan protein pada tubuh.

Dari total protein yang terdapat pada telur, sebanyak 90 persen di antaranya dapat diserap oleh tubuh. Namun, hanya 50 persen protein yang mampu diambil oleh tubuh manusia jika Anda mengonsumsi putih telur dalam kondisi mentah.

Cara mengolah telur setengah matang yang aman

Untuk menghindari bakteri Salmonella, sebetulnya Anda cukup memastikan telur direbus hingga bagian putih dan kuning telurnya kenyal atau keras sempurna.

Namun, Anda tetap bisa mengonsumsi telur setengah matang yang aman asalkan telur tersebut telah dipasteurisasi sebelumnya.

Untuk menghasilkan telur setengah matang, Anda cukup menyiapkan panci berisi air dingin dengan permukaan air 2,5 cm lebih tinggi dari puncak telur.

Rebus telur selama 3 menit (dihitung sejak air mendidih), kemudian angkat dan celupkan telur ke air berisi es batu.

Setelah cangkang telur tidak panas lagi (kira-kira setelah 1 menit direndam), kupas telur secara perlahan.

Anda pun akan menemukan bagian kuning telur yang masih encer dan putih telur yang tidak telalu keras.

Telur merupakan makanan yang sangat bernutrisi dan berprotein tinggi yang dapat dimasak dengan beragam variasi resep. Beberapa resep mungkin lebih lezat dan menganjurkan penyajian telur setengah matang.

Meski kandungan gizi telur matang dan setengah matang sama saja, namun kemungkinan sebagian bakteri masih hidup di dalam telur yang belum terlalu matang bisa saja mengintai.

Jadi, jika Anda senang mengonsumsi telur yang belum terlalu matang, pertimbangkan juga kemungkinan kontaminasi Salmonella yang mungkin saja mengintai.

Apa lagi jika Anda menyajikan makanan tersebut pada orang-orang yang lebih berisiko seperti lansia, ibu hamil, atau bayi.

Semoga bermanfaat.

Sebuah pesan ditambah kajian dari berbagai sumber.

oleh Indarsih Weanind
editor Eswedewea

Ciplukan Blungsu, untuk obat penenang dan obat tekanan darah tinggi

Baca Juga : Abon Ikan Gabus, Kaya Manfaat bagi Kesehatan

Keterangan bahasa:

matur nuwun = terima kasih
nggih = ya
mbah = eyang
wis = sudah

Ulasan Sekilas:

Informasi ini bukan rekomendasi, karena (mungkin) diantara kita sudah sering minum jamu tradisional dicampur dengan telur setengah matang.

Tidak dijelaskan teknik yang digunakan saat menanak telur oleh eyang tersebut, apakah dengan ritual doa atau tidak, mengingat eyang ini suka pengobatan nabawi / tradisional.

Salam.

Buah Wonoromo Papu, bermanfaat untuk kesehatan.

Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.