Tips Public Speaking, Cara Berbicara Didepan Umum Mulai dari yang Sederhana

Sahabat Kissparry, kali ini kami akan membagikan tips mengenai public speaking atau cara berbicara di depan umum, kuasai diri sendiri, pahami materi, dan percaya diri.

Public speaking merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek. Dengan kemampuan tersebut, kita akan mudah menyampaikan ide serta gagasan yang kita miliki.

Namun sayangnya, tidak semua orang dapat tampil dengan baik di depan umum, terutama orang-orang yang berkepribadian pemalu dan introvert. Karena mayoritas sikap para introvert cenderung pendiam dan menarik diri. Dikutip dari Hipwee dan Nadiafadhilah.

Taukah kamu? Keterampilan public speaking bisa dilatih lho! Karena kemampuan berbicara di depan umum merupakan suatu skill yang bisa dipelajari. Berikut adalah beberapa tips belajar public speaking bagi kamu.

Juara Lomba Pidato Bahasa Inggris pada Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) tingkat Kecamatan Candisari Kota Semarang, tahun 2019, 1/5

1. Mulailah memperhatikan cara orang berbicara di depan umum

Jika kamu sering datang ke acara seperti workshop atau seminar, atau suka menonton TV, coba deh perhatikan bagaimana cara para pembicara membawa diri di depan umum.

Mulai dari cara mereka menyapa, memberi salam, membawa diri sampai terlihat rileks, hingga intonasi berbicara. Mereka bisa jadi role model kamu dalam mempraktikan Public Speaking.

Tapi hal yang perlu diingat, jangan menjiplak seratus persen gaya mereka ya! Ciptakan ciri khas dan gaya yang kamu miliki. Karena setiap orang memiliki keistimewaan yang berbeda.

hipwee-apple-beautiful-blond-hair-1326947-640x426
Photo by Giftpundits.com from Pexels via https://www.pexels.com

2. Persiapkan Teks yang Akan Disampaikan

Teks akan membantu untuk melancarkan penyampaian Anda, teks bisa dibuat ringkas kemudian dikembangkan, atau dibuat utuh.

Tetapi saat berbicara jangan melulu terfokus pada teks, dan Anda perlu menguasai materi yang akan disampaikan, bila perlu membacanya berulang-ulang sebelum menyampaikan didepan umum.

Tetapi, dengan kebiasaan yang bisa dilakukan dengan latihan, konten pembicaraan yang dibuat ringkas sudah akan membantu kelancaran Anda berbicara.

Welcome to San Fransisco 2019

3. Cara selanjutnya adalah latihan!

Kunci untuk bisa berbicara di depan umum adalah latihan. Taukah kamu? Seseorang yang ekstrovert juga bisa gelagapan berbicara di depan umum jika tidak melakukan latihan.

Cara mudah untuk memulai latihanmu adalah membaca teks apapun dengan bersuara disertai intonasi. Latihan ini akan memperlancar pelafalan kamu dalam berbicara.

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah latihan berbicara. Jika kamu diharuskan presentasi misalnya, berlatihlah untuk berbicara tanpa terfokus dengan teks.

Kamu bisa melakukan latihan ini di tempat yang sepi, seperti kamar, toilet, dan tempat-tempat lainnya yang menurutmu kondusif.

hipwee-adult-casual-chairs-935949-640x426.jpg
Photo by nappy from Pexels via https://www.pexels.com

4. Jangan lupa minta orang terdekat untuk mengoreksi

Setelah belajar dan latihan, jangan lupa untuk minta orang terdekatmu untuk mengoreksi penampilanmu. Kamu bisa meminta tolong kepada orang tua, saudara, maupun sahabatmu.

Hal ini diperlukan supaya ada orang lain yang dapat memberikanmu kritik maupun saran. Jadikan masukan meeka sebagai acuan untuk menjadi lebih baik ya!

hipwee-cellphone-coffee-colleagues-1391371-640x364
Photo by rawpixel.com from Pexels via https://www.pexels.com SHARETWEETPIN

5. Perbanyak jam terbangmu!

Setelah melakukan banyak latihan, jangan lupa beranikan diri untuk praktik public speaking yang sesungguhnya. Hal ini bisa kamu lakukan mulai dari hal kecil, seperti presentasi di kelas, menjadi MC saat acara reuni dan lain sebagainya.

Ingat, jangan pernah takut mencoba. Karena semakin sering kamu berbicara di depan umum, kamu akan terlatih.

hipwee-liam-martens-qtD-vLcIbQ4-unsplash1
Photo by Liam Martens on Unsplash via https://unsplash.com

6. Tanamkan dalam diri bahwa kemampuan public speaking bisa dilatih

Hal yang harus selalu kamu ingat, kemampuan public speaking berasal dari latihan, bukan bakat. Banyak orang yang menjadi pembicara profesional karena latihan dan jam terbang, bukan kemampuan dari lahir.

Maka dari itu, selalu percaya pada dirimu kalau kamu pasti bisa untuk berbicara di depan umum dengan baik

Berbagai sumber, artikel ini sudah dimuat di Hipwee dengan judul 5 Tips PD Bicara di Depan Umum untuk Orang Pemalu. Ucapkan Selamat Tinggal pada Grogi dan Takut

Salam

oleh Eswede Weanind
editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.