Gambaran detil tentang lokasi Tes UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) SBMPTN tahun 2020 di UNNES, sangat mudah ditemukan, awal pelaksanaan akan serentak dilaksanakan mulai 5 Juli 2020 (Ahad/Minggu) besok.

Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan pusat penyelenggara UTBK 2020 dengan kode wilayah 356, jika mencermati kode tersebut terdapat dalam nomor tes peserta.

Nomor peserta seleksi tertera di Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN, sebagai contoh 120-356-03-0060, angka 356 itu pusat UTBK UNNES kemudian setelah itu ada 03 berarti SESI-03 baru emapt angka belakang adalah nomor urut peserta.

Jadi kalau Anda tidak memiliki angka 356 diantara nomor peserta tersebut berarti bukan peserta yang melaksanakan tes di Kampus UNNES yang beralamat di Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang.

Semua peserta UTBK SBMPTN 2020 wajib mencetak Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN Tahun 2020, hal ini adalah terkait relokasi ruang dari sehari dilaksanakan empat sesi menjadi sehari dilaksanakan dua sesi.

Ingat, WAJIB, jika tidak mencetak kemungkinan waktu dan lokasi tes sudah tidak sesuai antara yang lama dan yang baru.

Mudah Menemukan Lokasi

Perjalanan Anda ke UNNES akan melewati Jembatan Besi, jembatan ini adalah perjalanan yang berasal dari (bawah) antara lain Jatingaleh, Kaligarang, Sampangan, Kariadi, Simpang Lima, Tugu Muda, dan Kalibanteng.

Titik terpenting adalah pertigaan pertemuan Jln Taman Siswa dan Jl Raya Banaran. Lihat peta.

Atau Anda akan menemukan penunjuk arah semacam ini.

Petunjuk Arah di pesimpangan jalan Titik terpenting (Peremuan Jl Sekaran Raya dengan Jl Taman Siswa)

Sedangkan perjalanan Anda dari Ungaran terusan jalan dari arah Solo, Yogya adalah perempatan Sumur Rejo (Sumur Jurang) ke arah utara atau ke Sekaran. Jika dari Gunung pati menyesuaikan, ikuti rute Feeder Trans Semarang (Gunung pati – UNNES Sekaran).

Titik terpenting adalah pertigaan pertemuan Jln Taman Siswa dan Jl Sekaran Raya. Lihat peta.

Indomaret Sekaran atau Alfamart Sekaran 2 sebagai pengingat jalan untuk belok.

Dipertigaan Taman Siswa – Sekaran Raya juga akan menjumpai penunjuk arah jalan seperti foto diatas.

Mengapa perlu Titik terpenting di Dua Lokasi?

Dalam masa Pandemi Covid-19 untuk yang di Tes UTBK di UNNES hanya mengenal satu pintu, sehingga harus mengetahui agar tidak terlalu banyak putar balik, mungkin ini nanti bikin macet.

Kampus UNNES Sekaran itu terbagi atau dilalui jalan raya yang ramai Jl Taman Siswa, jalan ini ketika melalui kampus UNNES dibuat jalan lingkar oleh pihak kampus namanya Simpang Tujuh UNNES.

Dari jalan simpang tujuh ini kemudian dikenal kampus belahan timur dan kampus belahan barat, sedangkan jalan utamanya sendiri adalah Jl Sekaran Raya dan pintu gerbang utama ada di Jl Sekaran Raya atau yang dikenal dengan Jl HR Hardiyanto.

Dengan belahan barat dan belahan timur, berarti ada dua jalan masuk. Untuk area barat melalui pintu gerbang utama dan area timur melalui Simpang Tujuh Jl Taman Siswa.

Sementara jalan yang di Simpang Tujuh menuju kampus barat, saat ini di Tutup.

Pintu Masuk Gerbang Utama (Barat) untuk Lokasi Tes di LP2M, LP3, dan Gedung G

Kampus Barat

Untuk ke arah ini perhatikan Titik terpenting, jika Anda dari arah Kota Semarang yang ditandai melewati jembatan besi maka di Pertigaan awal Jl Taman Siswa di Banaran silakan mengambil jalan yang lurus atau terus menuju pintu gerbang utama. Belok ke kiri berarti ke Jl Taman Siswa, Anda yang tes di lokasi Gedung L (Fakultas Ekonomi) dan Gedung K. (Fakultas Hukum).

Namun jika Anda dari arah Ungaran (Solo, Yogya, Magelang) setelah sampai di pertigaan Taman Siswa di Sekaran (Indomaret), Anda terus lurus jika Anda tes di LP3, LP2M, dan Gedung G. Belok ke kanan berarti ke Jl Taman Siswa, Anda yang tes di lokasi Gedung L (Fakultas Ekonomi) dan Gedung K.

Ingat jalan ke kampus barat di Simpang Tujuh UNNES, kemungkinan akan ditutup, sehingga Anda perlu memerhatikan ini dan langsung mengambil jalan ke gerbang utama atau ke Gedung Serba Guna (GSG)/BNI/Simpang Tujuh.

Gerbang masuk lokasi UTBK Lab LP2M, Lab. LPTK (LP2), dan Gedung G (Perpustakaan Lama)

Pintu Masuk Simpang Tujuh Depan GSG/Fakultas Ekonomi untuk Lokasi Tes di Gedung L (FE) dan Gedung K (FH)

Kampus Timur

Setelah membaca yang melalui gerbang utama (pintu barat), maka untuk pintu masuknya ke Gedung L dan Gedung K kami harapkan sudah jelas.

Depan Fakultas Ekonomi ini adalah gerbang masuk kampus timur, ke Gedung L (Fakultas Ekonomi) dan Gedung K (Fakultas Hukum)

Ada kekeliruan pengambilan arah jalan, risikonya hanya muter atau balik arah.

Baca juga: Peserta UTBK UNNES 10.632, Saat Tes Didampingi Tim Kesehatan

Inilah Lokasi Tes Anda

Unnes Kampus Barat melalui pintu gerbang utama

Unnes Kampus Timur melalui pintu gerbang Simpang Tujuh (depan FE/GSG/BNI)

Menghindari Kerumunan

Pelaksaan tes sesi pagi boleh masuk area sejak pagi, tetapi yang sesi siang boleh masuk area kampus UNNES sejak pukul 12.30 waktu setempat, hal tersebut untuk menghindari kerumunan masa. Seperti tertulis pada POS pintu masuk.

Hal tersebut yang agak sulit adalah peserta dari luar kota, sedangkan mereka menggunakan angkutan umum atau kendaraan umum, yang mungkin tiba di lokasi jauh-jauh waktu.

Area kampus UNNES Sekaran cukup luas dan rindang, dalam kondisi tertentu, peserta tes sesi siang bisa mencari tempat berlindung (ngeyup).

Untuk peserta setiap sesi disediakan tempat duduk transit diluar gedung, dan sebagian yang terbuka telah diberi tenda.

Semoga bermanfaat, dan selamat mengikuti UTBK-SBMPTN 2020 semoga sukses.
Jangan lupa mengklik peringkat jika bermanfaat.

Salam sehat dan sukses.

oleh Eswedwea
editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.