Sahabat Kissparry, setelah geliat wisata sempat berhenti karena program dirumahaja, kini sudah mulai dibuka untuk dikunjungi termasuk Kawah Ijen dan beberapa tempat wisata di Banyuwangi

Mengapa Banyuwangi indentik dengan Kawah Ijen yang sangat eksotik dan menarik hati,meskipun diwilayah ini banyak sekali tempat wisata yang menarik pula, sebut saja Bangsring Underwater, wow….

Mengutip dari laman Indonesia.travel berikut ini 10 tempat wisata di Banyuwangi Jawa Timur yang sudah dibuka untuk umum, namun tetap dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kawasan Kawah Ijen Jawa Timur 2019 (Dok K Kissparry)

10 Tempat Wisata Menarik di Banyuwangi

Sepuluh tempat wisata di Banyuwangi Provinsi Jawa Timur yang telah dibuka di era kenormalan baru

  • Kawah Ijen
  • Bangsring Underwater
  • Grand Watu Dodol (GWD)
  • Agrowisata Tamansuruh
  • Taman Gandrung Terakota
  • Pantai Cacalan
  • Pantai Pulau Merah
  • Hutan De Djawatan
  • Pantai Mustika
  • Taman Nasional Alas Purwo

1 | Kawah Ijen

Tak diragukan lagi, Kawah Ijen menjadi salah satu destinasi favorit di Jawa Timur yang banyak dielu-elukan wisatawan.

Area Kawah Ijen, (dok Kissparry)

Pasalnya, destinasi wisata pegunungan satu ini menawarkan pemandangan surgawi yang tak ada tandingannya.

Kawahnya yang berwarna tosca dengan tepi tebing berwarna putih, serta pemandangan blue fire (api biru) yang bisa disaksikan saat gelap, terlebih malam hari, berhasil membuat betah berlama-lama di sana.

Dengan adanya objek wisata ini, tak perlu jauh-jauh pergi ke Islandia untuk menyaksikan keindahan api biru!

Bagi  yang ingin mengunjungi Kawah Ijen,  bisa memesan tiket masuk secara daring menggunakan aplikasi Banyuwangi Tourism agar lebih aman, ya!

2 | Bangsring Underwater

Bagi yang gemar menjajal aktivitas air, tempat wisata ini bisa menjadi opsi yang tepat. Bangsring Underwater merupakan pusat konservasi biota laut berbentuk rumah apung yang juga menjadi salah satu tempat penangkaran hiu.

Selain bisa menikmati wisata edukasi, pun dapat melihat keindahan panorama laut dan menjajal ragam aktivitas olahraga air yang seru, mulai dari berenang dengan ikan hiu, snorkeling, diving, banana boat, bola air, naik perahu kano, atau hanya sekadar menghabiskan waktu dan bercengkrama dengan memberi makan ikan-ikan.

3 | Grand Watu Dodol (GWD)

Pantai yang terletak di Desa Bangsring, Kec. Wongsorejo, Banyuwangi ini didapuk menjadi pantai terbersih se-ASEAN pada tahun 2018 silam, jadi keren ya…

Jika berkunjung ke pantai ini, akan dimanjakan dengan pasir putih yang cantik, rerumputan yang hijau nan menyegarkan, serta deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi.

Belum lagi, ada banyak spot foto kekinian serta aneka aktivitas air yang menyenangkan yang dapat membuat pengalaman berwisata  kian menyenangkan! Ingat ya, jangan buang sampah sembarangan, !

4 | Agrowisata Tamansuruh

Berlokasi di kaki Gunung Ijen, tepatnya di Desa Tamansuruh, Kec. Glagah, Agrowisata Tamansuruh merupakan salah satu destinasi wisata populer yang banyak dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun  mancanegara.

Tempat ini adalah surga agrikultur di Banyuwangi, mulai dari padi, buah, hingga sayur-sayuran organik.

Selain itu, para pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan varietas bunga yang cantik nan berwarna-warni.  pun dapat menikmati secara langsung buah-buahan organik yang petik sendiri, lho!

5 | Taman Gandrung Terakota

Tari Gandrung, atau yang kerap disebut Gandrung Banyuwangi, merupakan salah satu tarian tradisional Indonesia yang menjadi ikon khas kota Banyuwangi.

Jika  datang ke sini, akan disuguhkan dengan pemandangan barisan patung/replika penari gandrung di Taman Gandrung Terakota.

Patung-patung tersebut terbuat dari gerabah dan terletak di Desa Tamansari, Licin, Banyuwangi.

Nah, jika datang ke sini bertepatan pada festival tahunan Gandrung Sewu, bisa melihat pertunjukan tarian ini secara langsung, lho!

6 | Pantai Cacalan

Pantai Cacalan merupakan salah satu destinasi wisata yang tengah naik daun di Banyuwangi.

Pantai ini sangat cocok bagi  yang ingin pergi berwisata bersama keluarga karena ombak pantainya terbilang rendah, sehingga aman untuk mengajak sang buah hati bermain di bibir pantai.  

Dapat berenang, memancing, atau bahkan bagi  yang ingin sekadar bersantai memandangi panorama Selat Bali sambil merasakan hembusan angin sepoi-sepoi tepi pantai, Cacalan adalah tempat yang tepat.

7 | Pantai Pulau Merah

Bagi  yang ingin berselancar di masa adaptasi kebiasaan baru ini, Pantai Pulau Merah adalah pilihan yang tepat.

Pantai yang terletak di Desa Sumber Agung, Kec. Pesanggaran ini memiliki ombak yang tidak terlalu tinggi dan batu karangnya pun tak terlalu banyak, sehingga  dapat berselancar dengan aman dan nyaman di pantai ini. Jika tak ingin berselancar, duduk memandangi lekuk tubuh alamnya yang menawan pun akan tetap menyenangkan.

8 | Hutan De Djawatan

Ingin merasakan sensasi berada di Hutan Fangorn dalam film Lords of the Rings secara nyata?

Datang saja langsung ke Hutan De Djawatan yang berada di Banyuwangi! Hutan ini banyak diburu para wisatawan berkat rimbunnya pepohonan trembesi dan  cahaya matahari yang melalui sela sela daunnya.

Perpaduan tersebut menciptakan sebuah lanskap alam yang sempurna. Tak hanya sampai di sana saja, hutan ini pun sudah dipersolek dengan pernak-pernik unik yang ciamik. Makin seru deh untuk berfoto-foto bersama teman dan orang-orang tersayang!

9 | Pantai Mustika

Jika  berencana mengunjungi Pantai Pulau Merah, jangan lupa singgah ke Pantai Mustika yang letaknya berdekatan dan masih berada dalam satu garis pantai.  

Dapat berjalan santai di bibir pantai yang dekat dengan tempat dimana perahu-perahu nelayan bersandar.

Selain menikmati pemandangan, mendengar deburan ombak, dan merasakan angin yang menyegarkan, pun dapat mencicipi sajian kuliner lobster yang menggoyah lidah.

10 | Taman Nasional Alas Purwo

Ingin menikmati sensasi alam yang tenang sambil mengenal ragam varietas tumbuhan dan hewan?  dapat mengunjungi Taman Nasional Alas Purwo.

Kawasan hutan tertua di Pulau Jawa ini memiliki lebih dari 584 jenis tumbuhan, termasuk beberapa diantaranya adalah tumbuhan khas dan endemik, seperti sawo kecik dan bambu manggong.

Selain itu, taman seluas 44.037 hektar ini pun dihuni oleh ratusan jenis fauna yang bisa amati untuk studi wisata.

Protokol Kesehatan

Nah, itulah sepuluh 10 destinasi wisata di Banyuwangi yang sudah beroperasi kembali. Untuk meminimalisasi risiko penularan Covid-19, pemerintah Banyuwangi telah menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat bagi para wisatawan yang hendak berkunjung, di antaranya:

– Menggunakan masker saat berkunjung

– Mencuci tangan secara berkala

– Memastikan suhu/temperatur tubuh aman

– Melakukan pembatasan fisik/menjaga jarak antar pengunjung

– Mengonsumsi makanan bersih dan sehat

Oleh karena itu, bagi  yang ingin pergi menyambangi destinasi wisata di Banyuwangi, jangan lupa untuk tetap mendisiplinkan diri dengan menerapkan protokol kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan sebagai bentuk kepedulian bersama dalam upaya memerangi virus Covid-19 dan menjaga Indonesia.

Selamat berwisata, ! Indonesia.travel

diunggah oleh Taufik
editor Esewedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.