Gaya Hidup Keterampilan Kisah Petualang Ragam Wisata Alam

Cara Mengatasi Tertusuk Bulu Babi di Pantai

Bulu babi di pantai mungkin Anda akan menjumpai, tetapi baru tahu jika hal tersebut orang menyebutkan namanya dengan bulu babi, hati-hati bisa tertusuk.

Banyak kegembiraan disaat wisata di pantai, seperti bermain pasir, berenang, snorkling, memancing serta mencoba permainan yang disediakan oleh pengelola pantai.

Kegembiraan berenang sirna seketika jika salah satu anggota badanmu tersengat bulu babi, heem…. rasanya hampir sama dengan sengatan ulat matahari (uler sengenge). Panas dan perih, bahkan bisa mengakibatkan demam jika terkena bulu babi tersebut.

Bulu babi ini ada yang menyebutnya Landak Laut, karena bentuknya menyerupai hewan Landak tetapi hidupnya di laut.

Bulu babi (dok. JelajahPapua.Wordpress.com)

Landak laut atau kerap dikenal sebagai bulu babi adalah jenis hewan laut berbentuk bulat yang seluruh tubuhnya ditutupi oleh duri tajam.

Orang-orang mungkin saja bisa tertusuk bulu babi saat tidak sengaja menginjak atau menyentuhnya. Pasalnya, landak laut mudah ditemukan di perairan laut yang dangkal, di sela-sela karang terjal, bebatuan, dan terumbu karang, atau di dalam gundukan pasir pantai.

Memiliki bentuk yang unik, beberapa orang (terutama anak-anak) mungkin tertarik untuk mengambil atau menyentuh bulu babi tanpa sengaja sehingga menyebabkan terjadinya sengatan.

Jika kejadian ini menimpa anda, janganlah panik, segera ke darat dan melapor ke petugas pantai atau diatasi sendiri dengan mencari alat yang dapat digunakan untuk memukul disekitar yang terkena, dan jika ada alkohol atau minyak kayu putih bisa untuk mengatasi.

Caranya, pukul-pukul tempat yang tersebar atau terkena bulu babi, secara perlahan-lahan jangan terlalu kuat (akan kesakitan jika terlalu keras pukulannya he he he) hingga bulu yang menancap di tubuh kita hancur sambil diolesi alkohol/minyak kayu putih/amoniak.

Bulu babi (dok Phinemo)

Pengalaman ini Kissparry alami pada saat mengunjungi wisata pantai di pulau Sepa, Kepulauan Seribu beberapa tahun yang lalu. Pada saat turun dari jetfoil pemandu wisata kami memberi arahan jika kita bermain harus hati-hati.

Oleh sebab itu perhatian aba-aba dari pemandu wisata Anda, karena tidak semua pantai akan dijumpai bulu babi atau landak laut tersebut.

Biasanya untuk pantai-pantai yang sudah terbiasa digunakan untuk kegiatan wisata dengan pengunjung yang ramai, seperti Pantai Nusa Dua Bali, Pantai Kuta Bali, Pantai Indrayanti dan sebagainya sudah diamankan dari bulu babi tersebut.

Namun, ada pantai-pantai yang memang dijumpai banyak sekali dan digunakan untuk wisata bulu babi, misalnya.

Semoga bermanfaat.

oleh LikKasjo
editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: