Pendidikan

Dokumen ini Disiapkan Saat Mendaftar SM UNNES 2021, Ini Link Pendaftaran yang Tepat

Bagi anda yang akan mendaftar Seleksi Mandiri (SM) Universitas Negeri Semarang (UNNES), yang pendaftaran berakhir 9 Juli 2021, perlu menyiapkan berkas file/dokumen dan meterai satu lembar.

Seleksi Mandiri UNNES (SM-UNNES) 2021, masih menggunakan portofolio, disamping tes secara online, lalu anda perlu menyiapkan, selain sarana pendaftaran seperti laptop atau smartphone yang terhubung dengan internet, mungkin sobat sudah menebak, ya… dokumen/file/scan, dan masih ada lagi yang lain.

Apabila membaca pengumuman pada laman penerimaan Unnes, tapi belum mendaftar maka disini kami akan membeberkan pada anda.

Scan atau Foto KTP/KK

KTP juga harus di scan, jenis file bebas, ukuran maksimal 600 KB, kalau belum punya KTP berarti lembar KK disiapkan saja.

Jika membutuhkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), selain tertera di KTP, di KK juga ada.

Selain KTP, siapkan Kartu Siswa atau Kartu Osis, karena akan diminta NISN, dan yang penting, tanyakan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional).

Berkaitan NPSN sudah diberi alamat referensinya. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/

NPSN di referensi ada tetapi belum muncul di form-SM, maka ketik saja nomornya dan tulis pula SMA-nya sesuai yang tertera di Referensi.

Kalau sudah menyiapkan ini, yang penting ngisinya juga benar.

Uang Pendaftaran

Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri (SM) Universitas Negeri Semarang (UNNES) tahun 2021, yaitu sebesar Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Namun, uang tersebut tidak dalam bentuk tunai, Anda harus membayar melalui bank BNI di seluruh Indonesia, dengan model pembayaran H2H (host to host). Model ini seperti kita membayar rekening listrik, ngerti ya, kita punya kode bayar tetapi tidak perlu tau nomor rekening tujuan.

Nanti kalau tanya nomor rekening tujuan transfer, dan melakukan transfer, malah bisa jadi uang tidak langsung sampai.

Baca juga | Manfaat ATM Setor Tunai atau Setor Tarik Tunai, Layanan Perbankan 24 Jam

Anak kecil seperi diatas bunga Desember yang sedang mekar

Scan atau Foto Dokumen Ijazah (Surat Keterangan Lulus) dan Rapor

Scan / gambar Ijazah sekolah menengah atau Surat Keterangan Lulus (SKL), ukurannya kurang dari 700 KB dalam format pdf.

Rapor kelas X-1 sampai dengan XII-1 atau sebanyak 5 semester, juga harus di scan / di ambil gambarnya, dalam format pdf kurang dari 700 KB. Disamping nilai nanti diketik satu-satu, file gambar rapor semesternya juga harus diunggah.

Saat anda membuka pendaftaran SM-UNNES 2021, silakan berkas ini disiapkan, terutama rapor, karena nilai rapor harus diisikan, namun tidak semua mata pelajaran dientrikan, hanya beberapa, sekitar 6 mapel inti.

Mapel jurusan IPS yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi, sedang mapel jurusan lain menyesuaikan, maksudnya tidak semuanya mapel.

Jika ada yang salah ketik bagaimana? Cukup pilih mapel yang keliru di semester berapa kemudian simpan lagi, maka yang lama akan tertimpa (replace), inilah cara mengoreksi isian.

Foto Rumah Tampak Depan, Ruang Keluarga, dan Lingkungan

Ada 3 macam foto yang diminta untuk diunggah pada formulir pendaftaran, yaitu foto rumah tampak depan, foto ruang tengah atau ruang keluarga, dan foto lingkungan rumah yang diambil dari teras rumah.

Bagaimana jika foto rumah tampak depan susah ditampilkan, ya… coba cari posisi yang paling sesuai menurut Anda.

Termasuk juga, foto ruang keluarga atau ruang tengah, misalnya tidak punya, silakan foto sebagian dari ruang tamu.

Ternyata foto lingkungan dari teras merupakan tembok rumah tetangga, ya kasih gambar seadanya.

Meterai

Anda perlu menyiapkan meterai Rp 10.000,- (sepuluh ribu) sejumlah 1 lembar saja. Untuk apa meterai ini, yaitu digunakan untuk di tempel pada Surat Pernyataan.

Di akhir pendaftaran, seorang calon peserta SM-UNNES 2021 diwajibkan mencetak Surat Pernyataan yang dicetak dari laman pendaftaran, jadi jangan membuat sendiri.

Pada surat tersebut ditandatangani oleh calon dan orang tua/wali.

Untuk meterai, bisa dikasih 2 x 6.000,- atau 3.000,- dan 6.000,- atau langsung 10.000.,-

Apalagi?

Peserta SM-UNNES 2021 disamping upload dokumen rapor dan ijazah, masih diwajibkan mengikuti tes secara online, pada tanggal yang ditentukan.

Materi tesnya yaitu Bahasa Inggris dan Kemampuan Akademik.

Baca ini penjelasannya SM-UNNES 2021 Tes Online dari Rumah, Inilah Penjelasannya

Pada saat tes online nanti perlu menyiapkan laptop/pc dan smartphone (handphone).

Bobo yang sedang mekar (koleksi Kebun bunga bonsai Marsudi)

Kalau tidak punya laptop, bagaimana ya, silakan pinjam, labtop itu terinstal Chrome terkini, dan HPnya terinstal aplikasi Zoom meeting, disiapkan dari sekarang.

Bagaimana Cara Mendaftarkan Diri

Untuk mendaftar silakan buka laman pendaftaran Seleksi Mandiri UNNES, dengan alamat https://penerimaan.unnes.ac.id, dilaman ini pilih Jalur Seleksi Mandiri – Daftar Sekarang isinya masih berupa informasi jenis pendaftaran SM – dan ada menu lagi pilihan Seleksi Mandiri S1/D3 klik Detil ini masih informasi lagi tentang SM-UNNES.

Tujuannya apa, panitia tidak langsung ke formulir pendaftaran, ya… (mungkin) agar calon peserta SM membaca detil terlebih dahulu.

Berikut ini link langsung ke SM-UNNES S1/D3 Tahun 2021, masih dalam bingkai informasi juga. Lha dibagian paling bawah, ada Daftar Sekarang!

Informasi penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang SM Unnes Tahun 2021 dan link pendaftarannya

Ketika mengklik Daftar Sekarang! (bedanya dengan Daftar sekarang yang didepan, yang ini ada tanda seru), maka akan ke link pendaftaran https://sm.unnes.ac.id/register, lha inilah link sebenarnya pendaftaran SM-UNNES 2021.

Ketika masuk disini pun, tidak langsung mendaftar, tetapi membuat akun dengan mengisi borang yang ada, dan setelah mendapatkan akun, maka baru melakukan pendaftaran.

Pada menu Seleksi Mandiri Reguler ada pilihan Daftar, saat kita telah melakukan pendaftaran dan belum menyelesaikannya, maka tulisan Daftar akan berubah Lanjutkan

Jadi nanti kalau sobat Kissparry mau masuk lagi setelah melakukan pembayaran tidak perlu blusak-blusuk mulai penerimaan tetapi langsung di laman SM-nya.

https://sm.unnes.ac.id/login

Link ini khusus bagi yang akan melanjutkan pendaftaran setelah melewati register akun.

Rampung, Cetak Kartu Tes

Setelah semua langkah dilaksanakan, dan yang terakhir Finalisasi, maka terakhir muncul menu ini, Cetak kartu Tes, Cetak Kartu Pendafataran

Sekian, selamat mengikuti SM-UNNES semoga sukses diterima pada program studi pilihannya, orang biasa menyebutnya jurusan. Jurusan apa? bukan Prodi apa?

Catatan Khusus

Pilihan prodi tidak dapat diubah setelah melakukan pembayaran

Data seluruhnya tidak bisa diubah setelah melakukan finalisasi.


Semoga bermanfaat

Sukses selalu

oleh Taufik
editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.