Pendidikan

Inilah Alur Registrasi Mahasiswa Baru SBMPTN UNNES 2021, dan Persiapannya

Alur atau langkah-langkah untuk melaksanakan kegiatan registrasi atau pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru UNNES jalur SBMPTN tahun 2021, hampir sama dengan alur tahun 2020, Anda yang punya pengalaman bisa berbagi, atau silakan simak penjelasan disini selengkapnya.

Alur registrasi mahasiswa baru jalur SBMPTN 2021 bagi yang diterima di Universitas Negeri Semarang, silakan menyimak dalam Pengumuman Rektor UNNES Nomor B/3746/UN37/PD/2021 tanggal 14 Juni 2021 yaitu tentang Registrasi Calon Mahasiswa Baru Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2021.

Ringkas Alur Registrasi Calon Mahasiswa Baru UNNES Jalur SBMPTN 2021

Kami akan mengutip dan mencoba memahami apa yang ada pada pengumuman tersebut, bagi calon mahasiswa baru UNNES dari jalur SBMPTN 2021, apa itu?

  • pastikan Anda tidak salah membaca pengumuman hasil SBMPTN, dan inilah linknya : Inilah Link Pengumuman Hasil SBMPTN 2021
  • dalam registrasi mahasiswa baru UNNES menggunakan laman bernama https://datapokok.unnes.ac.id, Anda bisa klik tautan ini, tapi baca dulu informasi selanjutnya.
  • pada Data Pokok I, anda diminta mengisi borang yang ada secara lengkap, borang tersebut akan digunakan untuk menentukan besaran Uang Kuliah Tunggal atau lolos tidaknya bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah, kalau KIP Kuliah tidak lolos berarti ada akan dikenai UKT. Batas akhir, 23 Juni 2021
    • dari Data Pokok isian pertama ini akan menghasilkan borang A1 yang harus Anda kirim ke UNNES sesuai alamat yang ada pada borang tersebut melalui pos atau jasa pengiriman.
      Setelah mengirim borang A1, tunggu…. hingga pengumuman UKT/KIP Kuliah.
  • pada Data Pokok II, Anda melihat pengumuman lolos KIP Kuliah atau biaya kuliah UKT melalui laman ini pula. Lihat pengumuman 30 Juni 2021.
    • setelah Anda dinyatakan LUNAS pembayaran, baru calon mahasiswa melanjutkan registrasi selanjutnya.
  • pada Data Pokok III, Anda melaksanakan registrasi lanjutan setelah lunas pembayaran UKT atau lolos KIP-Kuliah. Pembayaran UKT, batas akhir 8 Juli 2021.
    • pada tahap ini Anda melakukan registrasi dan verifikasi registrasi, Jika data registrasi ditolak karena foto kurang sesuai, ijazah tidak terbaca, borang R1 dst tidak terbaca, Anda akan menerima notifikasi melalui Telegram.
    • pada tahap ini anda akan mencetak spesimen Kartu Tanda Mahasiswa (biasa disingkat KTM) yang didalamnya terdapat Nomor Induk Mahasiswa yang biasa disingkat NIM, dan dengan terbitnya NIM maka Anda sudah mahasiswa UNNES (bukan calon mahasiswa lagi).
      Registrasi ini paling lambat 10 Juli 2021.

Tanggal mungkin berbeda atau berubah, maka yang betul tanggal yang tertera di laman Unnes.

Apa yang Disiapkan pada Saat Membuka Data Pokok I, II, III, dan IV

Data Pokok ke-1 untuk Penentuan UKT/KIP Kuliah | Maks 23 Juni 2021

Pada pengisian data pokok ke-1, yang dibutuhkan sangat lengkap karena data awal mula dari sini, siapkan scan/foto/file gambar.

  • Foto keadaan rumah yang di tempati; depan, samping, dapur, kamar mandi, kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan
  • rekening pembayaran PBB, listrik, air, telepon, sesuai yang diminta 2 bulan atau tiga bulan terakhir. di PBB ada NJOP, hati-hati saat mengisinya.
    Jika diantara itu ada yang tidak punya buat saja surat keterangan tidak punya setidaknya diketahui Ketua RT
  • slip gaji atau data penghasilan orang tua (keduanya), jadi Anda harus mengisikan penghasilan orang tua
  • surat-surat kendaraan STNK (motor, mobil)
  • tidak diminta buktinya, tetapi Anda harus mengisi data keuangan seperti pengeluaran pokok bulanan, pinjaman, dan lainnya.
  • siapkan kartu KK (kepala keluarga), karena Anda diminta mengisi jumlah tanggungan orang tua.
  • file foto digital.

Baca juga | Manfaat ATM Setor Tunai atau Setor Tarik Tunai, Layanan Perbankan 24 Jam

Data Pokok ke-2 Pengumuman UKT/KIP Kuliah | 30 Juni 2021

Membuka Data Pokok untuk melihat pengumuman KIP-Kuliah atau UKT, dan bagi yang tidak KIP Kuliah berarti menyiapkan sejumlah uang untuk membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang besarnya sama setiap semester hingga lulus.

Data Pokok ke-3 Registrasi | Maks bayar 8 Juli 2021

Untuk registrasi, silakan mempersiapkan untuk scan/foto/file, seperti:

  • ijazah atau bukti lulus
  • bukti lunas pembayaran selain KIP Kuliah
  • membeli meterai Rp 10.000,- sesuai yang diminta, lihat R1 sd R…

Jika Anda sukses registrasi maka akan berhasil mencetak borang registrasi yang diberi nama R1, R2, dst yang harus di scan setelah di tandatangani dan diantara formulir itu ada yang harus dibubuhi meterai Rp 10.000,-

Formulir Registrasi (R1) dst tersebut di scan dan di unggah melalui laman Data Pokok, oleh sebab itu jika Anda tidak siap semuanya, maka membuka Data Pokok akan lebih dari 4 kali.

Namun setidaknya empat langkah membuka data pokok, yang terakhir adalah

Data Pokok ke-4 Verifikasi Registrasi | Maks 10 Juli 2021

Data registrasi terverifikasi dan Anda disni mencetak Bukti Registrasi yang didalamnya ada contoh Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang didalamnya ada Nomor Induk Mahasiswa (NIM).

Setelah ini maka Anda sudah resmi menjadi mahasiswa UNNES.

Hasil Validasi Dinyatakan Tidak Valid

Apabila Anda menerima pemberitahuan bahwa data registrasi Tidak Valid, maka silakan dibetulkan sesuai dengan catatan validator.

Sehingga, apabila Anda belum berhasil mencetak Bukti Registrasi, mungkin data memang tidak valid dan perlu dibetulkan, pemberitahuan melalui Telegram.

Simpan seluruh formulir, yang nantinya harus diserahkan ke kampus UNNES.

Semoga bermanfaat

oleh Eswedewea
editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.