Gaya Hidup

Akan Menjajal Berinternet dengan Jaringan First Media

Baru-baru ini disekitar tempat tinggal Kissparry Semarang ada pekerjaan pemasangan jaringan kabel baru dari First Media, dan bahkan masih berlangsung pemasangan tersebut, dan perlukan menjajal jaringan baru tersebut.

Semula dari pengurus wilayah (RT) mengabarkan akan ada jaringan internet baru, dan bagi warga yang menghendaki bisa berlangganan untuk mendukung pembelajaran daring, syaratnya KTP, KK, dan Kartu Pelajar.

Saya tidak tertarik karena syarat Kartu Pelajar sudah tidak tersedia, dan masih menunggu dapat Kartu Mahasiswa yang sedang proses registrasi, namun jaringan sudah terpasang dari perusahaan plat merah BUMN tersebut, IndiHome.

Akses internet (saat ini) dengan jaringan mobile kami perhitungan sudah mendukung dan nyaman digunakan, yaitu dengan Andromax Smartfren dan Flash Telkomsel, artinya kebutuhan kuota internet menyesuaikan dan sangat fleksibel.

Mifi Andromax

Televisi sebagai hiburan juga sudah lama menggunakan antena parabola, karena kalau tidak menggunakan parabola kami tidak memeroleh gambar TV yang jernih, mengingat didaerah perbukitan dan posisi rumah di lembah.

Semula parabola dan reseiver untuk saluran gratis tapi lama-lama harus beralih ke reseiver yang dikeluarkan oleh penyedia jasa layanan televisi berbayar, dan bagaimana pun tetap mengikuti perubahan dan perkembangan zaman. Saya menggunakan reseiver Nex Parabola (Nex Media).

Router wifi ZTE saluran IndiHome

Kalau menggunakan internet dengan jaringan IndiHome bagaimana? Tinggal mencolokkan kabel ke alat dengan laptop maka sambungan internet sudah tersambung, dengan biaya sesuai dengan yang digunakan.

Kehadiran Fisrt Media di wilayah Kissparry Semarang, semula tidak membayangkan akan menggunakan sambungan jaringan ini, karena menawarkan internet dan tv, sementara dalam kalkulasi penggunaan internet sudah terpenuhi dengan model yang telah ada.

Beberapa perwakilan perusahaan First Media datang silih berganti menawarkan, saya pun mengutarakan masih dalam pertimbangan dan masih dikalkulasi, karena sudah nyaman dengan kondisi saat ini dan sudah terpenuhi, Andromax Smartfren, Flash Telkomsel, saluran IndiHome Telkom, dan Nex Media untuk TV.

Jika akan menggunakan jaringan Fisrt Media, tentunya harus bisa menggantikan atau mengurangi biaya pengeluaran internet yang lain sebelumnya.

Dengan beberapa pertimbangan lain, termasuk penyediaan layanan untuk tamu, akhirnya kami sepakat menyetujui pemasangan jaringan First Media, dan kemarin sudah dipasang tetapi belum ada sinyalnya.

Saat petugas yang mamasang peralatan dan saluran masih berada di tempat, siaran TV dan jaringan internet tersambung, tetapi beberapa saat kemudian, sekitar 60 menit kemudian saluran terputus.

Modem router ZTE Fisrt Media

Siaran TV terputus dan jaringan internet juga terputus, saya mendapatkan kabar dari rumah, kemudian saya ingat saat staf First Media minta alamat email untuk aktivasi.

“o… iya… sepertinya ada aktivasi, yang informasinya akan dikirim melalui email”, saya balas pesan yang datang.

“Iya… tadi sih sudah bisa, TV bisa dan internet sempat dipakai untuk kuliah daring”, katanya.

Oke, silakan TV dipindah ke AV1 ganti ke Nex parabola, untuk internet langsung klik saja Kissparry.com Max1, saya memberi penjelasan.

Untuk internet tidak ada masalah, langsung kuliah daring pindah saluran, tetapi TV tetap tidak bisa menyala.

Saya sempat ikut mencoba menyaksikan TV dari First Media dan saluran internetnya, kemudian ada aktivitas lain di luar rumah.

Sesampainya di rumah kemudian saya cek saluran TV-nya, dan ternyata semua terhubung ke reseiver Fisrt Media, segera saya pindah saluran kabelnya, dan sekarang sudah bisa menikmati lagi saluran TV dari Nex parabola.

Siaran TV dari Nex parabola

Kapan bisa menggunakan saluran Fisrt Media, tentunya nanti setelah melakukan aktivasi.

Jadi kami baru akan menjajal koneksi internet dengan First Media, dengan mengambil paket termurah lantaran sudah ada saluran lainnya, sehingga hanya saling melengkapi saja sesuai dengan kebutuhan.

Sesuai penawaran dan paket yang dipilih, kecepatan jelajah 15 Mbps up to 20 Mbps dan ini semoga sudah cukup.

Saya belum sempat memotret tayangan TV dari saluran First Media.

Salam

oleh Ewede Weanind
editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.