HUT Ke-15 Kabupaten Konawe Utara, Sultra | Catatan Perjalanan Lurah PATRI

Kendari (04/01/22). Mengawali tahun baru 2022, Lurah dan Carik PATRI (Hasprabu dan Sutrisno Singotirto) mengunjungi Konawe Utara (Konut), Sulawnaesi Tenggara (Sultra).

Kunjungan ini memenuhi undangan acara HUT Kabupaten Konawe Utara (Konut) ke 15 (2 Januari 2007-2022) dan Temu Koordinasi bersama DPD PATRI SULTRA.

Tak lupa silaturahim dengan Kepala Kantor Perwakilan Ombudsman SULTRA, Mastri Susilo. Lurah dan Carik menyampaikan hal penting dan menarik selama kunjungan dari Konut Sultra.

✅Luas wilayah Konut sekitar 5 kali dari luas wilayah Kota Depok, Jawa Barat. Yaitu sekitar 5.000 km2. Jumlah penduduknya sekitar 66.000 jiwa. Rerata kepadatan 14 jiwa/km2. Sedangkan Kota Depok, penduduknya sekitar 2 juta jiwa.

✅ Potensi wilayahnya, sebagai kawasan pertambangan (terutama nikel), wisata nuansa pegunungan, pantai yang indah, dan perkebunan.

✅Permukiman Transmigrasi masih sangat terbatas. Ada satu KTM/KPB, tetapi belum optimal dikembangkan. Dengan luas wilayah dan potensi yang ada, sangat penting kita bersinergi mengakselerasi pembangunan di daerah ini bersama transmigrasi. Tentunya Transmigrasi pola baru.

✅Catatan menarik lainnya. Bupati Konut (Dr.Ir.Ruksamin) adalah menantu Transmigran. Karena isterinya (Hj.Nurponirah binti Darwis) adalah anak Transmigran dari Konawe. Sehingga dalam jajaran pengurus DPD PATRI SULTRA, Dr. Ruksamin diberi amanah sebagai Ketua Dewan Pengawas (Dewas) PATRI SULTRA.

✅Acara pengukuhan Dr.Ruksamin sebagai Ketua Dewas PATRI SULTRA dilakukan oleh Ketum DPP PATRI. Disaksikan Wagub SULTRA, mantan Menteri Pertanian Dr.Amran Sulaiman, para pejabat dan masyarakat yang menyaksikan acara defile HUT KONUT, di lapangan upacara Wanggudu.

✅Gebyar pawai budaya mengawali upacara HUT KONUT, menampilkan sebanyak 48 Paguyuban adat dan seni budaya se SULTRA. Baik budaya setempat, maupun budaya lintas budaya. Tidak ketinggalan tampilan Sisingaan Jawa Barat, Kuda lumping, tari Bali, dan reog Ponorogo dari warga transmigran.

✅Ketua DPC PATRI Konut saat ini (2019-2024) Sdr. H.M.Ali. Yang bersangkutan saat ini sebagai Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Konut. Warga trans setempat. Sebelumnya sebagai guru di permukiman transmigrasi.

✅Ketum DPD PATRI SULTRA, H.Suhardiman adalah anak Transmigran dari kimtrans Sindangkasih, Konawe Selatan. Yang bersangkutan Anak Transmigran dari Garut Jawa Barat, penempatan tahun 1968.

Dengan potensi ini, insya Allah Konut kedepan makin maju. Semoga hal ini juga akan mendorong SULTRA yang kian berjaya.🙏

Salam KONASARA.💪

Kendari, 04/01/2022
Lurah DPP PATRI🇮🇩

dikutip oleh Kissparry
editor Lik Kasjo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.