Ibukota Nusantara Ternyata Belum Ditemukan di Google Pencarian, Inilah Lokasinya

Pagi ini saya penasaran dengan nama Ibukota Nusantara atau mungkin nanti namanya Daerah Khusus Ibukoka Nusantara, ternyata tag Ibukota Nusantara di Google kalau diklik inilah keluarnya.

Saat saya mengetik di Google Maps ingin tahu tentang wilayah atau daerah Nusantara itu terletak disebelah mana Kabupaten Penajam Paser Utara Kabupaten Kalimantan Timur, didapatkan gambar Google menunjukkan Kota Jakarta (DKI Jakarta)

Mungkin daerah Nusantara belum dibakukan atau bagaimana ya, sehingga IKN Indonesia baru daerah khusus yang bernama Nusantara belum terdeteksi.

Meskipun di Google belum ditemukan, tetapi beberapa dokumen bisa kami dapatkan, yaitu peta maps yang dikeluarkan oleh Kementerian PUPR RI.

Dalam draf UU IKN yang diterima Kompas.com, Selasa (18/1/2022), dijelaskan bahwa IKN Nusantara meliputi wilayah daratan seluas 256.142 hektar dan perairan laut seluas 68.189 hektare. Dikutip dari Kompas.com.

Dengan batas wilayah yaitu sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Penajam di Kabupaten Penajam Paser Utara, Teluk Balikpapan, Kecamatan Balikpapan Barat, Kecamatan Balikpapan Utara, dan Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

Lalu, sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Loa Kulu di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kecamatan Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Loa Kulu, Kecamatan Loa Janan, dan Kecamatan Sanga-Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara, serta sebelah timur berbatasan dengan Selat Makassar.

Adapun luas wilayah darat IKN Nusantara meliputi di dalamnya yaitu kawasan IKN Nusantara seluas 56.180 hektar dan kawasan pengembangan IKN Nusantara seluas 199.962 hektare.

“Kawasan IKN Nusantara sebagaimana dimaksud pada ayat (3) huruf a termasuk kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) dengan luas wilayah yang mengacu pada Rencana Induk IKN Nusantara dan Rencana Tata Ruang KSN IKN Nusantara,” bunyi aturan tersebut.

Selanjutnya, posisi IKN Nusantara secara geografis terletak di:

Bagian Utara pada 117° 0′ 31.292″ Bujur Timur dan 0° 38′ 44.912″ Lintang Selatan

Bagian Selatan pada 117° 11′ 51.903″ Bujur Timur dan 1° 15′ 25.260″ Lintang Selatan

Bagian Barat pada 116° 31′ 37.728″ Bujur Timur dan 0° 59′ 22.510″ Lintang Selatan

Bagian Timur pada 117° 18′ 28.084″ Bujur Timur dan 1° 6′ 42.398″ Lintang Selatan.

Semoga bermanfaat

Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.