Jalan (Kaki) Pagi Menikmati Udara Segar Sejuk Sekitar Ponpes Tauhid Al Mahdiy Kel Kemambang Banyubiru

Masyarakat sekitar ponpes tauhid Al Mahdiy Desa Kemambang Kec Banyubiru Kab Semarang mungkin sudah biasa di tempat yang memiliki ketinggian 725 mdpl tersebut.

Udara dingin sejuk tidak membuat masyarakat untuk setiap pagi jalan-jalan, toh mereka yang bertani akan pergi ke sawah atau ke kebun dengan berjalan kaki.

Kecuali orang yang karena rekomendasi dari ahli kesehatan, harus melakukan aktivitas jalan pagi atau sejenis lainnya.

Saat melakukan aktivitas jalan, bertemu dengan bapak sepuh yang membawa derigen kosong kearah kebun, namun juga ketemu bapak sepuh yang lain yang membawa derigen 10 liter dan 5 liter, berisi benda cair yang katanya air aren.

Air aren tersebut hasil nderes yang katanya akan digunakan untuk membuat minuman ataupun gula aren.

Jalan pagi kali ini ke arah desa sebelah kiri pondok, atau ke arah kantor Desa Kemambang, jarak yang paling dekat dengan perkampungan ya yang ke arah kiri sedang kalau yang ke arah kanan lebih jauh lagi.

Jika ke arah kanan akan melewati kebun kopi dan cengkeh, kemudian persawahan, dan kearah kiri hampir sama, tanaman kopi banyak dijumpai disini.

Meskipun berada di pegunungan tetapi sumber airnya sangat melimpah, sehingga masyarakat juga ada yang menanam padi.

Kantor – Balai Desa Kemambang Kecamatan Banyubiru

Dari kejauhan tampak dibelakang rumah warga terdapat pohon aren yang menghasilkan buah kolang-kaling yang biasanya dipakai untuk es campur.

Pohon inilah yang menjadi salah satu sumber penghasilan warga setempat.

Disamping kiri atau depan kantor Desa Kemambang merupakan alur sungai yang dalam, yang mana disamping kanan kiri sungai ditanami berbagai macam tanaman sebagai penyangga terhadap air hujan.

Yang paling banyak dijumpai yaitu lompong, kemudian ada pepaya, kelapa, dan pohon lain yang dapat dimanfaatkan hasilnya seperti alpukat.

Daun lompong (talas) disamping sangat dikenal dimasyarakat sebagai bahan pembuat atau pembungkus untuk sayuran bernama buntil, juga ternyata dapat digunakan untuk makanan ikan.

Baca juga : Tekanan Darah Tinggi Menjadi Normal Kembali, Manfaat Pepaya yang Ajaib Berdasar Pengalaman

Berbicara tentang lompong atau talas, tumbuhan ini mudah ditanam, terutama didaerah yang cukup air, semua dari tanaman ini dapat dimanfaatkan, mulai dari daun, batang, hingga akar atau umbinya.

Disini juga menemukan tumbuhan alpokat yang subur, banyak buahnya. Terlebih yang letaknya dibawah, sehingga buahnya yang terletak diatas dapat diraih dari jalan kebetulan tempatnya sejajar.

Sekian jalan-jalan di sekitar ponpes Tauhid Al-Mahdiy Kemambang Banyubiru, nanti kalau berkunjung ke sini lagi, jalan-jalan kearah yang lain, bila perlu membawa kendaraan.

Salam

oleh Eswede Weanind

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.