Wisata Air Terjun Kedung Kayang Magelang, Wisata Alam Petualang Murah Meriah, Lereng Merapi Merbabu

Sahabat Kissparry, selamat berlebaran dan berliburan, kali ini saya akan berbagi informasi tentang obyek wisata alam, namanya Kedung Kayang yaitu berupa air terjun atau grojogan.

Kedung Kayang ini air terjun yang cukup tinggi juga, dengan ketinggian sekitar 40 m, terletak di kaki gunung diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, terletak di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, tepatnya di Desa Wonolelo.

Perjalanan saya dari Kota Semarang bertiga dengan mengendarai kendaraan roda dua (motoran) masing-masing, sehingga terasa enteng kendaraan saat menanjak.

Air terjun Kedung Kayang Sawangan Kab. Magelang

Daerah Kedung Kayang ini berada di ketinggian sekitar 950 mdpl, jadi dapat dipastikan udaranya sejuk dingin.

Untuk menuju ke Kedung Kayang, kita bisa mengarahkan perjalanan ke Ketep Pass, jika dari Blabak Magelang maka sebelum sampai ke Ketep Pass silakan mengambil arah ke Boyolali atau ke Selo.

Saat sampai di Desa Wonolelo, silakan memperlambat laju kendaraan, karena di salah satu tikungan tajam, Anda harus lurus menuju ke Kedung Kayang (atau tepatnya setelah Hotel Wonolelo).

Untuk memasuki kawasan wisata air terjun Kedung Kayang hanya dikenai tarif masuk (HTM) sebesar Rp 4.000,- ditambah parkir kendaraan motor Rp 2.000,- mobil Rp 5.000,- dan bus Rp 10.000,-.

Disamping itu setiap pengunjung dikenai asuransi wisata sebesar Rp 500,-.

Tarif yang diberikan oleh pengelola tergolong murah, hal ini sejurus dengan wisata alam pada umumnya, jika ada wisata alam bertarif mahal mungkin nggak akan banyak pengunjung.

Namanya saja alam, memang sudah dari sananya seperti itu, merupakan kehendak Sang Pencipta Alam Semesta, atau dapat dikatakan kehendak alam.

Jika tidak akan berlama-lama di Kedung Kayang, biasanya karena tidak ingin bermain air, sebab airnya memang sangat dingin atau sejuk dingin.

Belum lagi saat ini masih ada beberapa wilayah yang musim penghujan, sehingga harus cukup hati-hati, seperti di air terjun Kedung Kayang ini.

Air terjun (grojogan) Kedung Kayang : Sawangan Kab. Magelang

Diperhatikan dari pengunjungnya, rata-rata masih diusia muda, ya hal tersebut maklum, ini bisa dikategorikan wisata petualang. Bisa dimulai dari perjalanan yang harus ditempuh untuk menuju tempat ini.

Perjalanan ke arah Kedung Kayang, jika dari Boyolali harus melewati Selo (Merapi – Merbabu), jika dari Salatiga harus melewati Ketep Pass, atau dari Magelang – Yogyakarta perjalanan hampir sama.

Sehingga ini merupakan wisata alam petualang, kondisi kendaraan harus prima.

Selamat berlibur

Salam

oleh Alifiansyah
editor Kissparry

Satu respons untuk “Wisata Air Terjun Kedung Kayang Magelang, Wisata Alam Petualang Murah Meriah, Lereng Merapi Merbabu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.