Rekreasi ke Grojogan Kapuhan Sawangan Kabupaten Magelang, Keceh ning Kali Gede

Wisata kali ini masih wisata air kali pegunungan yaitu ke Grojogan Kapuhan, Desa Kapuhan Kec. Sawangan Kab. Magelang, masih dekat dengan Air Terjun Kedung Kayang yang sama-sama di Sawangan.

Wisata di sungai bebas seperti ini memang harus hati-hati, terlebih ada kabar ditempat lain sedang turun hujan, utamanya di hulu sungai.

Grojogan Kapuhan yang terletak di Desa Kapuhan ini, seperti tampak sebagai pengendali air atau boleh disebut sebagai bendungan sungai, kemudian membentuk grojogan.

Meskipun begitu, dengan dukungan debit air gunung jernih yang melimpah, menjadikan tempat tersebut bisa sebagai alternatif wisata keluarga yang murah meriah.

Menuju ke Grojogan Kapuhan juga cukup mudah terjangkau, arahkan perjalan ke Ketep Pass, tapi ketika sampai di Sawangan kita cukup memerhatikan Desa Kapuhan.

Lokasinya memang bukan disiapkan untuk pengunjung dengan armada bus besar, meskipun begitu, boleh juga rombongan berwisata disini.

Ditempat ini kita bisa keceh, hanya saja, kejernihan air juga tergantung dengan kondisi sedang hujan atau tidak, bahkan kalau di hulu sungai sedang turun hujan maka pengunjung harus lebih waspada.

Berkunjung kesini, apabila pas musim liburan mungkin ada penjagaan dengan tarif kunjungan, namun apabila hari-hari biasa mungkin tidak ada yang menjaga atau bebas gratis.

Kita bisa keceh (main air) di kali gede (sungai besar) ini yang dibendung, airnya cukup jernih, dan yang pasti juga cukup dingin.

Air yang dingin segar dikarenakan bersumber atau hulu sungai dari gunung atau kaki gunung Merapi.

Penting..

Hati-hati saat hulu sungai sedang turun hujan.

Selamat menikmati liburan lebaran.
Salam

oleh Alifiansyah
editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca