Manfaat Tomat yang Biasa untuk Bumbu Sayur Mayur atau Sambal

Tomat sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia, biasanya buah ini digunakan untuk buah, sayur, bumbu, termasuk untuk sambal.

Tomat atau Gycopersicum esculentum Mill. merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk tanaman yang tidak tahan air hujan, tidak tahan matahari terik, serta menghendaki tanah yang gembur dan subur.

Tomat ditanam sebagai tanaman buah di ladang, pekarangan, atau dapat ditemukan di tempat yang liar pada ketinggian 1 – 1.600 meter dari permukaan laut.

Manfaatnya Tomat Untuk Kesehatan

  1. Kulit terbakar sinar matahari
  2. wasir
  3. tekanan darah tinggi, mata merah
  4. memar akibat terbentur
  5. radang usus buntu, sakit kuning
  6. jerawat
  7. deman
  8. radang gusi, gusi berdarah
  9. sariawan, ulkus di rongga mulut
  10. ulkus lambung
  11. meningkatkan nafsu makan
  12. lemas karena kadar glukosa rendah
tanaman tomat, diambil di salah satu lahan petani Desa Kemambang Kec. Banyubiru.

Secara garis besar manfaat tersebut dapat disampaikan berikut ini: gangguan pencernaan seperti perut kembung, tidak nafsu makan, susah buang air besar (sembelit), sakit kuning, radang hati, radang saluran nafas (bronkitis), sesak nafas (asma bronkhial), radang usus buntu, radang gusi.

Kemudian, gusi berdarah, sariawan, ulkus lambung, wasir, tekanan darah tinggi (hipertensi), kadar kolesterol darah tinggi (hiperkolesterolemia), lemas akibat kadar glukosa darah rendah, demam, rasa haus, rematik, gout, dan memar akibat terbentur.

Banyak banget manfaatnya, namun, sudah barang tentu karena ini makanan/buah alamiah maka tentu pemakaian secara kontinue, sementara dalam jumlah besar kandungan zat tertentu, sehingga pemakaian harus dalam kondisi wajar (tidak berlebih).

Bagian yang digunakan, yaitu sebagai obat adalah buahnya, digunakan sebagai olahan, buah segar atau direbus sebagai masakan. Daun digunakan untuk obat luar.

Cara Pemakaian

  • Buah masak dimakan segar, selain itu, bisa direbus dengan air secukupnya. Lumatkan sampai halus atau di jus, lalu disaring. Jika tidak menderita kencing manis (diabetes melitus), boleh ditambahkan gula secukupnya.
  • Untuk pemakaian luar, giling buah masak atau daun segar sampai halus. Bubuhkan ke tempat yang sakit, seperti kulit terbakar sinar matahari, jerawat, radang kulit, kurap, luka, borok kronis.
  • Jus tomat bisa untuk masker untuk mengencangkan dan melembutkan kulit wajah.

Komposisi

Penjelasan selengkapnya

Perhatian

Komposisi pada tomat, mungkin tidak cocok pada sebagian orang yang menderita gangguan kesehatan tertentu.

Salam

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca