Indahnya Capung Kinjeng Sayap Merah Hinggap di Teratai

Baru kali ini saya menyaksikan capung (kinjeng :Jawa) bersayap merah dan kebetulan hinggap di bunga teratai yang berwarna merah pula.

Capung atau dalam bahasa Jawa disebut kinjeng ternyata ada yang mempunyai sayap berwarna merah, dan kebetulan baru kali ini menjumpai hewan yang seperti ini, saat berada di Pondok pesantren Tauhid Al-Mahdiy Desa Kemambang Kec. Banyubiru Kabupaten Semarang.

Capung ditempat lain juga disebut sibar-sibar, ternyata memang ada beberapa jenis yang menarik untuk kita ketahui, sebab hewan yang satu ini merupakan hewan yang sangat dikenal.

Neurothemis stigmatizans (Painted Grass Hawk)

capung merah hinggap di bunga teratai merah ungu

sumber Cakrawala

Neurothemis adalah marga capung bersayap merah kecoklatan yang menyolok. Capung ini tersebar luas di Asia mulai dari India, Asia timur, Asia tenggara termasuk Indonesia hingga Papua Niugini, Australia dan pulau-pulau kecil di Samudera Pasifik. Dikutip dari Cakrawala.

Beberapa anggota marga Neurothemis yang ditemukan di Indonesia adalah Neurothemis ramburii, N. terminata, N. fluctuans dan N. stigmatizans.

Wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan menyebabkan penyebaran capung Neurothermis menjadi lebih spesifik. N. ramburii dan N. terminata misalnya terkonsentrasi di Indonesia barat seperti Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

Sebaliknya, N. stigmatizans absen dari Indonesia barat dan mulai ditemukan di Sulawesi, Maluku, Papua hingga Australia Utara.

Beberapa jenis capung Neurothermis memiliki pola warna serupa sehingga sulit dibedakan di alam. Untuk membedakan jenisnya, sampel capung harus ditangkap menggunakan sweeping net atau di foto menggunakan kamera.

Neurothermis ramburii merupakan jenis capung yang tersebar paling luas dan mudah ditemukan di Indonesia. Capung ini ditandai dengan pola warna merah coklat di sayap yang ujungnya mencapai setengah dari pterostigma. Pada bagian sayap yang transparan terdapat sedikit semburat warna pink.

Neurothermis stigmatizans memiliki pola warna merah coklat yang mencapai setengah dari pterostigma dengan ujung membulat. Bagian sayap yang transparan lebih bersih tanpa semburat warna pink. Ukuran tubuhnya juga lebih kecil dibanding ramburii.

Neurothermis terminata memiliki pola warna merah coklat yang lebih cerah dan melewati bagian pterostigma sehingga hampir menyelubungi seluruh permukaan sayap dan hanya menyisakan sedikit bagian transparan di ujung sayap.

Neurothermis fluctuans mudah ditandai dari bagian tepi pola warna merah coklat di sayap belakang yang melengkung sehingga banyak menyisakan bagian transparan yang luas di ujung sayap.

Neurothemis terminata memiliki tubuh yang didominasi warna merah gelap. Bagian sayap merah gelap dengan sedikit bagian transparan di ujung sayap. Sedangkan Neurothemis fulvia mudah ditandai dari bagian transparan di ujung sayapnya yang berbentuk bulat seperti koin. Spesies ini tersebar di daratan utama benua Asia dan jarang ditemukan di Indonesia.

Indahnya alam Indonesia

Salam

oleh Eswede Weanind
editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.