Cara Mengatasi Gambar Hilang pada Siaran TV Digital, Berdasarkan Pengalaman

Gambar TV Digital tiba-tiba hilang itu tidak mungkin bila tanpa sebab, oleh sebab itu hal pertama yang perlu diingat yaitu sebabnya apa gambar TV bisa hilang, kita mengingat kembali apa yang

Siaran TV digital membuat saat menonton TV menjadi lebih betah, sebab mendapatkan gambar yang jernih, tetapi perlu diketahui bahwa sinyal digital itu harus diambil dengan arah antena yang tepat, ibarat memasang antena parabola.

Meskipun tidak serumit seperti memasang antena parabola, sebuah antena digital perlu dipasang sesuai arah yang tepat. Arah ini memang berbeda antara satu antena dengan antena yang lain pada daerah satu dengan daerah yang lain. Dikarenakan antenanya cukup kecil, untuk mengubah arah akan lebih mudah dibandingkan antena parabola, hal ini bisa dilakukan sendiri.

Apakah gambar TV atau saluran TV bisa hilang?

Apabila semula gambar televisi muncul (ada) kemudian tiba-tiba hilang, hal itu sepertinya jarang terjadi kecuali sebagai berikut.

  1. Antena berubah posisi dikarenakan gangguan alam seperti angin kencang, oleh sebab itu pastikan letak antena kokoh.
  2. Kabel antena sudah sangat rapuh dan perlu diganti dengan yang baru.
  3. Sebab-sebab lain seperti.
    • Anda menggeser posisi antena
    • Anda menggeser posisi perkabelan
    • Alatnya rusak tidak berfungsi

Sedangkan pengalaman saya sekarang yaitu sebagai pengguna baru STB, yang semula saat antena saya taruh diluar baru dapat siaran sedikit, kemudian saya pindah disampingnya tambah siaran.

Setelah mantap kemudian saya taruh antena di lantai 3 pojok rumah, tidak diatas genting, hanya disamping rumah depan, sudah mendapatkan sinyal 37 siaran TV (informasi saya tinggal di Kota Semarang)

Setelah dapat 37 siaran TV, sepertinya sih sudah maksimal, karena kebetulan saya membeli STB-nya di Kota Semarang juga.

Ketika saya merapikan kabel, tiba-tiba siaran TV banyak yang Sinyal Ada tetapi tidak muncul gambar dan suara, kemudian apa yang saya lakukan? Sebagai pengguna STB baru.

Apakah langkah yang dilakukan saat gambar siaran TV Hilang?

Ada beberapa langkah atau beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila tiba-tiba siaran televisi tiba-tiba hilang gambarnya, seperti pada penjelasan/perkiraan diatas.

Kita harus mengingat benar posisi antena digital kita yang paling maksimal memeroleh siaran televisi di wilayah kita berada, dan hal ini bisa bertanya tetangga kanan dan kiri.

Tampilan Informasi Siaran STB (contoh STB zyrex)

Inilah langkah-langkahnya yang diambil sesuai kasus masing-masing.

Silakan dicek Info Sinyal dan Kualitas dari STB, biasanya menggunakan tombol Info pada remote STB, tayangan informasi kondisi saluran siaran TV bisa membantu memperkirakan sebab hilangnya gambar.

Apabila posisi antena berubah, maka yang dilakukan adalah mengembalikan kembali kearah yang paling tepat atau seperti pada arah sebelumnya.

Apabila kabel antena sudah sangat rapuh karena dimakan usia, maka gantilah dengan kabel yang baru, keseluruhan, dan bagi profesional mungkin punya alat untuk mendeteksi dimana saluran yang putus atau kurang bagus.

Apabila menggeser posisi antena, maka pastikan kabelnya terpasang dengan sempurna dan kita bisa mengubah posisi yang paling sesuai. Mengubah posisi kabel juga bisa memengaruhi kualitas siaran.

Apabila menemui alat rusak atau tidak berfungsi silakan membeli yang baru atau membawa alat tersebut ke tempat servis elektronik terdekat.


Pengalaman yang saya lakukan yaitu, mencoba scan ulang, ternyata malah hanya dapat 5 saluran. Sehingga tambah kebingungan, kemudian beberapa tempat yang telah rapi disambungan antena ada yang kemudian saya bongkar lagi.

Kemudian klem yang dekat antena di lantai 3 saya lepas, dan kabelnya saya kencangkan, lalu saya turun coba scan ulang, dan muncullah siaran TV yang lain, tapi belum 37 siaran.

Arah antena saya putar sedikit, mengikuti arah antena digital kepunyaan tetangga, dan akhirnya muncullah 37 siaran.

Mana yang paling sering terjadi?

Gangguan gambar yang sering terjadi yaitu berkurangnya kualitas gambar dikarenakan faktor alami, atau faktor lain yang memengaruhi kualitas sinyal.

Faktor alami itu seperti angin ribut atau angin kencang yang menyebabkan posisi antena perubah-ubah karena gerakan.

Sedangkan faktor alami lain seperti berubahnya angin karena ada pesawat yang melintas, dan yang seperti ini biasanya hanya sebentar.

Semoga bermanfaat

oleh Eswede Weanind
editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca