Koleksi 15 Macam Keladi (Caladium) Membuat Asri Rumah Banyak Manfaat

Halo sahabat Kissparry terutama di Muara Bungo, Tebo, Jambi saya telah mengkoleksi setidaknya 15 macam jenis keladi Caladium yang mungil dan tentu saja cantik-cantik nan asri.

Keladi merupakan sekelompok tumbuhan dari genus Caladium. Dalam bahasa sehari-hari keladi kerap juga dipakai untuk menyebut beberapa tumbuhan lain yang masih sekerabat namun tidak termasuk Caladium, seperti talas. Keladi sejati jarang membentuk umbi yang membesar. Dikutip dari Wikipedia.

Keladi memiliki nama ilmiah Caladium, famili: Araceae, kerajaan: Plantae, dan ordo: Alismatales, banyak diminati para pecinta bunga, bentuknya mungil dan beraneka ragam jenisnya.

Saya menanam setidaknya ada 15 (lima belas) macam keladi, meskipun dengan media seadanya seperti teko, dan kaleng bekas roti, bekas cat, dsb. Mungkin kalau ditempatkan di pot yang cantik akan lebih menarik.

Semula sengaja menangkarkan bunga-bunga keladi tersebut, terlebih harga keladi bisa mencapai jutaan rupiah. Keladi Hibrida merupakan jenis bunga keladi mahal dengan harga sekitar Rp 4,3 juta. Harga tinggi tersebut karena keladi ini termasuk tanaman langka. Tanaman ini memiliki bentuk daun memanjang dengan warna hijau muda. Dikutip dari liputan6.

Apakah saya memiliki jenis ini? belum punya jenis ini.

Manfaat Tanaman Keladi Hias

Mengutip dari Cermati.com, selain menjadi tanaman hias yang mampu menjadi dekorasi di ruangan atau halaman rumah, keladi juga memiliki sejumlah manfaat yang tentunya menarik untuk diketahui. Berikut adalah sederet manfaat tanaman keladi hias.

1. Memiliki Kandungan Pencegah Kanker

Manfaat ini dapat kamu temui pada tanaman keladi tikus. Hal ini dikarenakan tanaman keladi tikus mempunyai kandungan Ribosome Inactivating Protein atau RIP yang dipercaya mampu melawan tumor atau sel kanker.

Selain itu, keladi tikus kaya akan kandungan antioksidan dan juga zat kurkumin. Bagi kamu yang belum tahu, kedua kandungan tersebut krusial pada terapi kanker dan juga untuk mencegah risiko terjadinya penyakit mematikan tersebut.

2. Ampuh Atasi Stres

Tidak hanya penyakit secara fisik, tanaman keladi juga bermanfaat untuk mengatasi masalah stres. Penyebabnya karena beberapa jenis tanaman keladi mampu bertindak selayaknya obat penenang. Sangat mudah, kamu bisa mendapatkan manfaat tanaman keladi ini dengan cara menempatkannya di sudut ruang maupun di dekat tempat kerjamu.

3. Mampu Menyembuhkan Bisul hingga Gejala Batuk

Tidak kalah menariknya, tanaman hias keladi juga diketahui mampu menyembuhkan berbagai penyakit lainnya, seperti, bisul, nyeri, peradangan, hingga gejala batuk.

4. Menjadi Dekorasi Menarik dan Indah

Manfaat yang satu ini tentu sudah banyak orang yang tahu. Dengan warnanya yang ciamik dan menawan, keladi tentu tidak akan pernah gagal menjadi dekorasi dan penghias ruangan yang menarik dan indah. Tidak harus yang besar, keladi dengan ukuran yang kecil sudah mampu menambah keindahan suatu ruangan dan jauh lebih mudah ditempatkan di sudut ruang mana pun, termasuk dipasang menggantung.

Jenis Bunga Keladi yang Mahal

Selain keladi Hibrida yang harganya mencapai Rp 4.300.000, berikut ini harga Keladi yang tergolong cukup tinggi.

  1. Bunga Keladi White Queen

Jenis bunga keladi mahal yang pertama adalah White Queen yang memiliki ciri khas daun yang berwarna putih dan tepi daun yang berwarna hijau. Dipadukan dengan urat-urat halus berwarna hijau dengan tulang daun yang berwarna merah pekat membuat kontras dengan daunnya. White Queen dijual mulai dari harga Rp 150.000 – Rp 500.000.

  1. Bunga Keladi Freckles

Jenis bunga keladi mahal yang berikutnya adalah Caladium Freckles yang memiliki daun seperti bentuk hati. Warna daunnya yang didominasi warna hijau dengan batang daun yang memiliki corak berwarna merah jambu serta corak berwarna putih yang membuatnya makin eksotik dan indah. Untuk bisa memiliki Freckles Anda perlu mengeluarkan budget sekitar Rp 250.000.

  1. Bunga Keladi Spring Fling

Jenis bunga keladi mahal yang berikutnya adalah Spring Fling. Spring Fling memiliki daun yang didominasi warna merah muda dengan tulang dan pinggiran daun bercorak hijau, membuat Spring Fling sangat indah dan menawan. Tak hanya itu, Spring Fling menjadi salah satu jenis bunga keladi mahal di Indonesia. Meski begitu, tanaman ini tetap diminati banyak orang sebagai dekorasi interior. Untuk bisa memiliki Spring Fling perlu mengeluarkan budget lebih besar sekitar Rp 1.200.000.

  1. Bunga Keladi Carolyn Whorton

Jenis bunga keladi mahal berikutnya ada Carolyn Whorton, daun tanaman ini menyerupai hati dengan warna pink yang dipadukan dengan tulang daun yang berwarna merah cerah dan tepi daun yang berwarna hijau. Membuat Carolyn Whorton digandrungi karena warnanya yang indah dan mempesona. Carolyn Whorton dijual dengan harga sekitar Rp 100.000.

Keladi yang kami koleksi, belum dijual untuk umum, masih sebatas koleksi saja, dan apenempatannya masih menggunakan kayu-kayu bekas yang saya rangkai.

Namun, kayu-kayu tersebut dalam 2 (dua) tahun sudah lapuk dan dimakan rayap, sehingga pot-pot hanya saya letakkan di lantai. Saya sedang merancang menggunakan baja ringan, mungkin lebih awet.

Berikut ini contoh kiriman dari Kissparry Sekayu Palembang, bagaimana menggunakan baja ringan untuk meletakkan pot-pot bunga keladi yang mungil dan cantik.

Semoga bermanfaat

oleh : Suwarno Wardana
editor : Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.